Warna-Warni Jepang

Sakura bermekaran di Jepang (Dok. rodame.com)

Pertama kali lihat taman bunga Sakura berwarna soft pink yang sedang bermekaran di Jepang (Dok. rodame.com)

What makes things memorable is that they are meaningful, significant, colorful.
-Joshua Foer

Saya tak pernah lupa indahnya bunga tulip di koen (taman) 10 tahun yang lalu di Jepang saat saya sedang magang kerja sebagai mahasiswa tingkat akhir disana. Saya terus memotret bunga-bunga tulip yang berwarna-warni, menikmati keindahannya sejauh mata memandang, tanpa merasa bosan. Keragaman warna bunga tulip itu membuat suasana hati saya ikut gembira. Saya seperti tersihir. Saya dan teman-teman saling tersenyum, saling memotret, dan saling tertawa satu sama lain. Rasanya bahagia sekali. Suasana saat itu begitu mengesankan buat saya. So memorable. Sekarang setiap saya melihat taman bunga, saya selalu terbayang taman bunga tulip di Jepang itu. Kapan ya saya bisa lihat taman bunga tulip itu lagi. Hontou ni, kirei datta (beneran, indah). Ureshikatta (senang).

Sayangnya, semua foto bunga tulip yang saya abadikan itu sudah hilang karena laptop saya rusak dan harddisk tempat saya mem-back up semua foto juga rusak. Hiks. Satu-satunya foto yang saya punya hanya yang tersimpan di album akun facebook saya, itu pun sudah di crop jadi ukurannya tidak seperti aslinya. Ya, setidaknya itu bisa mengobati kerinduan dan kenangan indah yang tak terlupakan.

bunga tulip di koen Jepang-rodame.com

Taman Bunga Tulip di Jepang (rodame.com)

Sungguh saya kangen dengan keindahan alam di Jepang, rasanya kalau ke Jepang seperti lihat lukisan berjalan. Jepang terlalu teratur, terlalu bersih dan terlalu disiplin. Hahaha. Iya buat saya sih, Jepang itu negara yang memegang teguh kebudayaan tapi juga modern dan terbuka sekali bahkan cenderung bebas. Saya jadi ingat pernah suatu ketika waktu di perjalanan menuju Gunung Fuji, kita istirahat di rest area, itu rest area udah kayak Hotel aja. Parkiran luas, makanan dan oleh-oleh lengkap dan selalu taman tertata dengan indah, semua sisi berasa area berfoto untuk turis. Tau apa yang paling bikin saya takjub? yes, toiletnya, ada toilet khusus onna (perempuan), laki-laki otoko (laki-laki) yang dilambangkan dengan gambar seperti toilet umumnya dan ada toilet khusus ibu yang membawa anak/baby, juga ada toilet khusus waria (perempuan/laki-laki). Asli, saya tercengang. Toiletnya jangan ditanya, bersihnya kayak apa, Bersih banget dan WC duduknya ada fitur buat dengerin musiknya, haha. Jadi betah di toilet.

Pokoknya Jepang itu penuh warna-warni. I wish I could fly to Japan with whole family…..

2 thoughts on “Warna-Warni Jepang

Leave a comment