Rahasia Penyemangat Saya

Sakura bermekaran di Jepang (Dok. rodame.com)

Pertama kali lihat taman bunga Sakura berwarna soft pink yang sedang bermekaran di Jepang (Dok. rodame.com)

What makes things memorable is that they are meaningful, significant, colorful.
-Joshua Foer

Saya tak pernah lupa indahnya bunga tulip di koen (taman) 10 tahun yang lalu di Jepang saat saya sedang magang kerja sebagai mahasiswa tingkat akhir disana. Saya terus memotret bunga-bunga tulip yang berwarna-warni, menikmati keindahannya sejauh mata memandang, tanpa merasa bosan. Keragaman warna bunga tulip itu membuat suasana hati saya ikut gembira. Saya seperti tersihir. Saya dan teman-teman saling tersenyum, saling memotret, dan saling tertawa satu sama lain. Rasanya bahagia sekali. Suasana saat itu begitu mengesankan buat saya. So memorable. Sekarang setiap saya melihat taman bunga, saya selalu terbayang taman bunga tulip di Jepang itu. Kapan ya saya bisa lihat taman bunga tulip itu lagi. Hontou ni, kirei datta (beneran, indah). Ureshikatta (senang).

Sayangnya, semua foto bunga tulip yang saya abadikan itu sudah hilang karena laptop saya rusak dan harddisk tempat saya mem-back up semua foto juga rusak. Hiks. Satu-satunya foto yang saya punya hanya yang tersimpan di album akun facebook saya, itu pun sudah di crop jadi ukurannya tidak seperti aslinya. Ya, setidaknya itu bisa mengobati kerinduan dan kenangan indah yang tak terlupakan.

bunga tulip di koen Jepang-rodame.com

Taman Bunga Tulip di Jepang (rodame.com)

Bicara soal warna, sekarang hidup saya juga penuh warna. Menjadi dosen dan bertemu dengan beragam kepribadian mahasiswa, membuat saya banyak belajar dari mereka. Mulai dari didatangi mahasiswa yang protes karena tidak terima nilainya dikasi ‘E’. Ya iyalah ‘E’, ujian tidak ikut, tugas tidak dikumpul, kehadiran kurang dari 75 %, ada dan tiada, gimana mau dapat nilai bagus. Kadang memang harus banyak sabar menghadapi yang seperti itu. Mahasiswa yang selalu ‘kepo’, mahasiswa yang bicaranya banyak, mahasiswa yang bau kaki. Hadeuh pokoknya macem-macem.

kalkulator kebutuhan untuk mehasiswa ujian-rodame.com

Mahasiswa ujian matematika keuangan dengan bantuan kalkulator (Dok. rodame.com)

Saya jadi ingat, beberapa waktu lalu, saya dan dosen lainnya disibukkan dengan tugas mengoreksi dan menilai lembar jawaban mahasiswa. Saya telah mengajar 9 kelas dan setiap kelas terdiri dari kurang lebih 30 orang. Batas pengumpulan nilai ke bagian akademik adalah seminggu setelah seluruh mata kuliah diujiankan. Jreng. Deadline lagi.
Paling ribet kalau harus ngitung-ngitung nilai yang berkoma dan persen-persen, mata bisa sliwer trus jadi kelewat dan salah-salah hitung. Saya nih pernah begini, jadi kurang hati-hati. Dulu-dulu ngitungnya pake handphone, praktis sih tapi banyak yang salah-salah sentuh angkanya jadi akhirnya kurang teliti. Padahal sebagai dosen, memberikan nilai yang tepat dan benar itu kan penting banget. Masa nulisin nilai aja sampai salah, kan malu ya. Dan kasian juga ke mahasiswa kalau sampai salah ngasi nilai karena kurang teliti.

Mengoreksi nilai-my style colorful calculator-rodame.com

Saya sedang mengecek kembali hitungan nilai ujian mahasiswa (Dok. rodame.com)

Sampai akhirnya saya pun merasa bosan, ya mungkin karena seharian mengoreksi dan lihat angka di kertas jadinya gak fokus dan merasa lelah mengerjakannya. Bad mood pun melanda. Fiyuh. Kalau sudah begini, tiba-tiba ada mahasiswa yang konsultasi datang, bisa-bisa saya omelin, nyamuk dan lalat yang terbang di depan wajah aja bisa ikut nambah emosi jiwa. Bawaanya jadi pengen marah-marah. Manalah kerjaan belum selesai, bad mood dan ada pula penganggu lain yang nambah suasana hati rusak. Tapi jangan kuatir, karena saya punya cara jitu untuk benerin bad mood sekarang. Selain dengan melihat wajah Lee Min Ho, Choi Siwon, Kim Hyun Joong, Won Bin, Kim Jaejong, Kim Bum, Song Joong Ki, Lee Donghae, Jung Yong Hwa dan Song Seung Hun, saya punya cara jitu lain yang ril, bener-bener bisa perbaiki mood saya saat kerja. Saya tuh sebenernya mencintai pekerjaan saya, meski begitu bad mood kan bisa datang kapan saja karena berbagai hal (rutinitas, badan pegel, mata lelah, bosan, dll). Nah, untuk bisa menikmati pekerjaan dan bawaan hati jadi happy dan enjoy, saya punya rahasia kecil.

Rahasianya apa? Ini dia si orange yang selalu menemani hari-hari saya jadi dosen, CASIO my style.

casio colorful-rodame.com

Kalkulator Andalan Casio ‘si orange’ (Dok. rodame,com)

Kalau ngitung sama si orange ini saya jadi semangat. Kalkulator Casio ini jadi andalan saya di kampus. Kenapa? Karena memang memilih kalkulator itu lebih dari sekedar karena kenyamanan dan fungsi semata saja [1]. Colorful calculator ini saya pilih karena ingin menambah semangat ketika bekerja. Semacam mood booster juga. Dan sekarang, teman-teman sejawat juga suka pakai dan pinjam kalkulator saya, karena bisa dibawa kemana-mana dan nyaman dipakainya. Semoga mereka segera beli dan punya sendiri, soalnya mereka sudah mulai pilih-pilih warna kesukaannya nih. Apalagi pilihan warnanya kan banyak ya diantaranya: blue, white, yellow, purple, pink, red, orange, black, green dan light blue. Oh iya, ada tiga macam colorful calculator Casio yang bisa dipilih, yaitu : Casio Mini Desk 12 Digits, Casio Mini Desk 10 Digits, Casio Portable 10 Digits.

casio mini desk 12 digits-rodame.com

Colorful Calculator Casio Mini Desk 12 Digits (Sumber: casio-intl.com)

Colorful Calculator Casio Mini Desk 10 Digits (Sumber: casio-intl.com)

Colorful Calculator Casio Portable 10 Digits (Sumber: casio-intl.com)

Kenapa pilih orange? karena menurut tes knowyourcolor.id, kepribadian saya ini ternyata cocoknya warna orange. Saya sih suka semua warna tapi gak ada salahnya kan coba kalkulator warna orange sesuai hasil tes itu, dan nyatanya saya suka dan makin semangat dan produktif dengan melihat warna orange di dekat saya saat kerja.
Colorful Calculator pilihan saya adalah Casio Mini Desk 12 Digits MS-20UC, alasannya :

  • Bisa hitung sampai 12 digits (triliunan loh ya)
  • Ukuran angka di layar besar dan jelas (biar makin teliti)
  • Ukurannya lebar dan besar (tapi tetep bisa digenggam, muat dalam tas kerja saya)
  • Cukup praktis (bobot 110 gram kalau ingin yang lebih ringan bisa pilih Casio portable SL-310UC dengan bobot hanya 50 gram)
  • Power bisa pakai baterai atau solar (selama ada matahari, baterai kalkulator gak perlu ganti-ganti, jadi awet dan hemat)

Keuntungan lainnya setelah punya colorful calculator ‘CASIO’ adalah :

  • Saya jadi rajin ngitung, kalau teman tiba-tiba tanya hitungan ini dan itu saya langsung keluarkan kalkulator saya dari dalam tas kerja dan langsung sigap membantu.
  • Sekarang saya jadi bisa tepat waktu mengumpulkan tugas-tugas saya sebagai dosen. Bahkan terkadang belum waktunya deadline, saya sudah menyelesaikan lebih dulu.
  • Biasanya sebelum mengajar saya baca-baca buku lagi, kalau ada hal yang saya merasa masih kurang, saya akan ajak teman saya diskusi. Seperti beberapa waktu yang lalu saya penasaran dengan materi tertentu di mata kuliah yang diampu oleh teman. Diskusinya seru, ingatan saya jadi fresh lagi dan jadi makin semangat untuk meningkatkan kemampuan. Ini penting, karena seorang dosen itu dituntut punya kemampuan intelektual dan akademis yang baik juga kan ya.
colorful casio-rodame.com

Diskusi dengan teman (Dok, rodame.com)

Ternyata dalam bidang psikologi pun, warna dan mood ini sudah banyak dibahas. Menurut psikologi, warna memengaruhi tubuh dan pikiran. Warna dan mood ternyata saling berhubungan [2]. Sebut saja warna orange seperti pada kalkulator Casio saya ini, berdasarkan psikologi warna, orange bermakna [3] :
Energic
– Semangat, antusias, kehangatan
– Keindahan dan kesegaran
Pantesan saja saya bawaannya selalu semangat kalau belajar, berdiskusi dan ngitung nilai dengan kalkulator Casio saya. Menjadi dosen ternyata bisa bad mood ya, tapi saya sudah punya cara untuk kembalikan semangat saya. Ah, senangnya. Semua pekerjaan jadi terasa lebih berarti karena mengerjakannya juga dengan good mood. Saya juga jadi makin produktif dalam berkarya. Kalau suasana hati senang maka pikiran juga ikut tenang, prestasi pun siap diraih.

casio-rodame.com

My mood booster to gain productivity is my style colorful calculator ‘Casio’ (Dok. rodame.com)

Oh iya, saya ada kabar baik nih teman-teman, pengen juga kan punya colorful calculator kayak si orange punya saya? Sssttt, ini saya kasi kode promo untuk dapat potongan harga di mataharimall.com, buruan karena ada batas waktunya loh ya. Lumayan kan bisa lebih hemat jadinya. Terus, biar tambah semangat dan makin produktif dalam berkarya, jangan lupa #CasioMyStyle.

Promo code : CASIOBLOGAF3898
Promo code bisa dipakai melalui link ini ya :
https://www.mataharimall.com/p-9604/colorful-casio-calculator

Sumber Referensi :
[1] http://www.casio-intl.com/asia/en/calc/mystyle/
[2] https://www.huffingtonpost.com/2011/11/27/how-color-affects-our-moo_n_1114790.html
[3] https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-orange-2795818

Advertisements