#MemesonaItu Adalah Bermetamorfosis

#MemesonaItu adalah bermetamorfosis. Seperti sebuah metamorfosis kupu-kupu, dimana sebuah kupu-kupu yang cantik itu justru dimulai dari fase telur yang kemudian berkembang menjadi larva (caterpillar) kemudian berubah menjadi kepompong (pupa) hingga berubah menjadi kupu-kupu (imago). Lebih luar biasanya lagi, ketika fase telur, kupu-kupu betina sangat pemilih dalam memilih tanaman untuk dijadikan tempat menaruh telurnya. Tahu kenapa kupu-kupu betina seperti itu? alasannya untuk mencarikan daun kesukaan si calon ulat, karena setiap kupu-kupu akan punya daun favoritnya sendiri. Kupu-kupu betina ‘sang ibu’ ternyata punya ikatan batin dengan ‘sang anak’. Benar-benar ibu yang baik 🙂

sumber : dreamstime.com

Transformasi dari satu bentuk ke bentuk lain seperti metamorfosis kupu-kupu itu adalah sesuatu yang memesona saya. Saya suka kupu-kupu terutama ketika sedang musim bunga yang bermekaran, banyak kupu-kupu beterbangan dan hinggap dari satu bunga ke bunga lainnya. Indah sekali. Rasanya kalau melihat kupu-kupu itu ada perasaan takjub. Apalagi setelah tahu kupu-kupu cantik itu telah melalui proses yang panjang untuk bisa seperti itu. Semakin setuju kalau hasil itu tidak pernah mengingkari, selalu sesuai dengan besarnya perjuangan.

sumber : pageresource.com

Seperti halnya pada kita manusia. Saya selalu merasa perubahan seseorang menjadi lebih baik itu sangat memesona. Kenapa? persis seperti sebuah metamorfosis kupu-kupu, saya selalu yakin manusia juga mengalami hal yang sama dalam hidupnya. Meski melalui banyak masalah dan ujian hidup, dan menjalaninya dengan sabar dan dengan sebaik-baiknya, pada akhirnya akan terlewati juga dan menjadi pribadi yang kuat.

Saya masih ingat ketika SD, SMP dan SMA, saya sampai kenyang dibully. Rasanya, tak habis pikir dengan cara berpikir mereka yang senang membully. Mungkin mereka tak pikir panjang akan dampak bully itu kelak atau mereka memang menikmatinya. I don’t know. Saya sampai sekarang masih sulit melupakannya. Saya merekam kuat di pikiran saya orang-orang yang membully saya dan sulit melupakan semua kejadian itu. Meski tidak menaruh dendam namun kenangan buruk itu ternyata sangat membekas bagi saya. Itulah sebabnya saya cenderung menghindari pertemuan-pertemuan dengan mereka yang membully saya. Maaf, tapi saya sedang berusaha untuk membangun diri saya agar kuat dan melupakan semua itu. Dan yang parahnya lagi, semakin saya ingin melupakannya, saya justru semakin mengingat semua itu 😦

Hingga akhirnya saya perlahan mengobati diri sendiri. Belajar berdamai dengan diri sendiri juga lingkungan saya. Syukurlah semua berbeda setelah saya menikah, rasanya hari-hari saya dipenuhi dengan harapan baru dan itu membahagiakan sekali. Bahkan kini setelah memiliki dua orang anak, hanya dengan melihat tawa mereka saja rasanya sudah sangat menyejukkan hati nyesss lelah itu pun hilang. Kini saya juga berkarir sebagai seorang dosen dan membuat saya banyak berbagi dengan orang lain. Saya pun kembali bermimpi lagi, bertekad mewujudkan daftar panjang impian saya. Ditambah lagi saya banyak menghabiskan waktu ngeblog. Semua itu membuat saya kadang tak sempat untuk memikirkan hal-hal buruk pada masa sekolah dulu. Awalnya tidak tahu dan tidak bisa ngeblog hingga sekarang menjadi hobi yang menyenangkan dan sulit dilepaskan.

Yup, saya merasa perjalanan hidup yang saya lalui ini sedang dalam proses menuju kupu-kupu. Meski kini saya masih harus terus belajar dan belajar dari semua persoalan dalam hidup. Sebuah metamorfosis. Yes, that’s life.

sumber : youwall.com

Yakinlah, bahwa kelak saya dan kita semua akan berubah menjadi kupu-kupu cantik itu, yang beterbangan kesana-kemari untuk menikmati madu bunga. Bahwa kita semua hanya perlu sabar dan berusaha menjalankan peran kita dengan sebaik-baiknya pada setiap fase kehidupan. Bagi saya, #MemesonaItu adalah ketika setiap kita mampu melewati berbagai fase dalam hidup hingga akhirnya bisa merasakan dan menikmati hasil perjuangan kita, yang berbuah manis.

Finally, saya bisa merasakan seperti apa #MemesonaItu. For the first time in my life, adalah ketika saya diwawancarai oleh salah satu stasiun TV swasta populer di Indonesia, karena berhasil menjadi pemenang kategori blog pada sebuah lomba blog yang diadakan Bank Indonesia tahun 2017, beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah

Dok.Desi

 

 

Leave a Reply

