Langitkan Semangatmu Bersama Langit Musik

“Musiknya hidup kamu apa sih?”, tanya saya pada seorang sahabat.

“Musiknya hidup aku tuh ya Sheila on 7, kayaknya Sheila on 7 itu ngerti banget hidup aku, kemarin aku diputusin pacar karna dia nikah ama sahabatku, terus dengarin lagu Mantan Kekasih dan Berhenti Berharap sampe sekarang masih nyesek diputusin ama dia, tuh kan jadi mewek lagi”, jawabnya dengan nada sedih dan mata yang berkaca-kaca.

“Maaf ya, bikin kamu sedih dan inget ama dia lagi, musik itu memang gak bisa dipisahin dari hidup kita ya Say, aku aja masih suka nangis kalo dengarin musik melow, pas dengerin Keep holding on-nya Avril Lavigne suka ingat perjalanan hidup yang berat gimana dulu aku berjuang di Jepang karena jauh dari keluarga, kangen Indonesia, kangen pacar, eh”, balas saya.

“ah kamu, kan sekarang dia udah jadi suamimu, lah aku ditinggal nikah ama dia, sialan!”, balasnya menimpali (suaranya sedikit kesal dan marah).

“cup cup sayang, udah jangan sedih, biar semangat dengerin musik yang bikin hepi aja yuk, lagu Sheila on 7 Pejantan Tangguh, Dan atau Sahabat Sejati, ya kan? Jeng jeng jeng jeng jeng…..sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu di hari kita saling berbagi dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu, kuperlihatkan semua hartaku”, sambutku dengan nyanyian semangat. (kami akhirnya bernyanyi bersama, ingat waktu kami saling membicarakan impian kami, saling mendukung ketika salah satu di antara kami sedang ada yang sedih, perasaan bahagia di masa muda yang tak terlupakan)

Aku dan sahabatku, rasanya semua orang punya pasti punya cerita dalam hidupnya. Kalau ceritaku dengan sahabatku itu ya gitu, warna-warni, kadang merah seperti api, selalu semangat, kadang hitam seperti malam, penuh kesedihan tapi kadang juga biru seperti langit yang cerah, bikin penuh harapan. Jadi kangen dia. Seperti sekarang ini saya lagi dengerin Sheila on 7, Sahabat Sejati, jadi penuh semangat lagi deh, ingat masa muda yang penuh kesombongan karena sangkin optimisnya. Hahaha.

Biasanya setiap akan beraktivitas, setiap pagi saya selalu membakar semangat dengan mendengarkan musik. Musik bisa jadi senjata paling ampuh buat bikin mood jadi bagus lagi. Seperti hari ini, kegiatan mengajar penuh, mata lelah karena begadang menemani anak-anak, badan lagi drop kena batuk dan masih harus bangun pagi-pagi karena harus mempersiapkan segala sesuatunya. Solusinya ya dengerin musik yang hepi. Melangitkan semangat ternyata bisa kita ciptakan sendiri ya teman. Nah, biar praktis saya sudah memasang aplikasi pemutar musik di smartphone saya. Aplikasi itu bernama Langit Musik, kenapa juga pasang aplikasi itu? karena selain ukuran file-nya yang kecil hanya 9.34 MB, sssttt ramah banget kan sama smartphone dengan memori minim seperti smartphone saya, dan juga ada banyak fitur-fitur lain yang sangat menarik, bikin dengerin musik jadi makin asik.

review aplikasi langit musik-rodame com

Temukan Aplikasi Langit Musik di Google Play Store

Oke, daripada penasaran yuk saya ajak berkenalan dengan aplikasi Langit Musik. Pertama-tama, harus masuk ke Google Play Store dulu ya teman, karena aplikasinya ada disana. Untuk kita kamu perlu paket data internet atau bisa pake fasilitas wifi. Search aja dengan kata kunci “langit musik”. Dan gak pake lama akan langsung tampil di urutan pertama, kalau sudah ketemu langsung klik aja untuk langsung menuju halaman pemasangan aplikasi Langit Musik. Atau kamu bisa klik button di bawah ini (biar cepet).

google-play

 

Tadaaaa, sudah terpasang di dalam smartphone kan? Yes, sekarang saya akan ajak kalian untuk mengenali lebih dalam tentang fitur-fitur yang ada pada aplikasi Langit Musik. Yuk, cuss.

review aplikasi langit musik-rodame com

Bukti Aplikasi Langit Musik Sudah Terpasang di Smartphone

FITUR 1 : EXPLORE         

Dengan fitur ini kamu bisa benar-benar mengeksplorasi musiknya hidup kamu. Menu utamanya ada dua, For You dan Browse. Kalau di menu For You, kamu akan dilayani dengan spesial karena kamu seperti diberikan berbagai informasi musik yang direkomendasikan Langit Musik untuk kamu. Nah, kalau di menu Browse, kamu bisa lihat musik yang baru dirilis, top hits, trending artist, moods, genres. Ada sekitar 6 juta lagu di dalam aplikasi Langit Musik yang kamu bisa eksplor sepuas-puasnya. Yuk mari!

Apa yang saya suka dari fitur Explore?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang kudet alias kurang up date sama informasi terkini tentang dunia musik lokal atau dunia.

FITUR 2 : TAGSTATION

Dengan fitur ini kamu bisa mencari musiknya hidup kamu berdasarkan tag. Didalamnya ada berbagai tag seperti: #bahagia, #surprise, #sadness, #classics, #cintaindonesia, #peaceandjoy, #hits, #sleep, #oldies, #rock, #localhits, #edm, #semangatpagi, #getenergy, #cool, #love, #hangover, #bestnowhits, #penyejukhati, #peaceandjoy, #halloween, #kasihtuhan, #marryme dan masih banyak lagi. Kamu bisa dengerin musik dengan ngeklik tag yang sesuai dengan perasaanmu atau kesukaanmu.

Fitur Tagstation pada Aplikasi Langit Musik-rodame

Fitur Tagstation pada Aplikasi Langit Musik

Apa yang saya suka dari fitur Tagstation?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang ingin dengerin musik sesuai mood atau perasaan kita tanpa menggunakan bantuan “search”, tanpa ngetik-ngetik judul atau artist, tinggal klik sesuai tag yang sudah tersedia.

FITUR 3 : TRENDING

Kalau kamu penasaran dengan trend musik terkini di seluruh nusantara, kamu bisa pakai fitur Trending ini. Disana ada peta Indonesia lengkap dengan warna-warna button di masing-masing kota besar di Indonesia (kalau mau cek di kabupaten atau desa tertentu ya gak bisa ya, hanya kota besar saja). Caranya gimana? Cukup klik button di kota yang ingin kamu tahu tren musiknya dan nanti akan otomatis nge-zoom sendiri koq, dan akan langsung muncul nama artist, judul lagu yang lagi trend di kota tersebut dan kalau kamu penasaran dengan lagu yang sedang trend itu, kamu bisa langung klik penunjuk panah (play) persis di samping judulnya, langsung aja dengerin musiknya. Saya coba iseng cek tren musik di Sumatera Utara which is  saya tinggal di Sumatera Utara sekarang ini, dan ternyata musik yang sedang trend saat ini adalah Closer dari The Chainsmokers, Halsey. Saya sendiri jadi tahu kalau lagu itu yang sedang trend saat ini di Sumatera Utara dan jadi tahu musiknya seperti apa, ternyata asik juga. Langsung saya “add to playlist”, biar bisa dengerin pas lagi butuh musik penyemangat.

Apa yang saya suka dari fitur Trending?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang ingin ter-up date dengan trend musik di seluruh Indonesia. Fitur ini asik karena kita jadi makin banyak tahu dengan musik yang sedang trend di berbagai wilayah di Indonesia. Say no to kudet!

FITUR 4 : MY MUSIC

Ini fitur spesial, karena dengan fitur ini kamu bisa lihat musik yang udah kamu dengerin, musik yang paling banyak kamu dengerin, jumlah lagu yang kamu dengerin, jumlah album yang kamu dengerin, dan jumlah playlist kamu. Ini semacam histori kamu dengerin musik pake aplikasi Langit Musik ya.

Fitur My Music pada Aplikasi Langit Musik-Rodame

Fitur My Music pada Aplikasi Langit Musik

Apa yang saya suka dari fitur My Music?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang ingin tahu histori lagu yang sudah kita dengerin atau pilih dalam playlist sendiri, dan kalau kangen bisa langsung klik lagunya untuk bisa langung dengerin musiknya.

FITUR 5 : NOTIFICATIONS

Di dalam fitur ini, kamu bisa lihat notifikasi terbaru dari teman-teman yang memasang aplikasi Langit Musik di smartphone-nya juga bisa berbagi tentang artist atau musik yang didengerin teman-temanmu atau juga bisa melihat promo menarik dari Langit Musik (kalau ada). Nah, kalau kamu klik box berwarna pink di tengah “Find New Friends” kamu bisa lihat daftar teman-temanmu (kalau ada), daftar artist (bisa langsung follow dengan klik tanda plus di paling kanan warna pink juga bisa cek siapa aja yang punya kesamaan dengan kamu.

Apa yang saya suka dari fitur Notifications?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang ingin up date dengan musik teman-teman kita, juga bisa follow artist kesukaan kita lebih cepat ketimbang harus nyari-nyari dengan bantuan “search”, tinggal scroll aja terus ke  bawah karena banyak sekali nama artist disana plus fotonya jadi mudah mengenalinya juga.

FITUR 6 : BANTUAN LIRIK LAGU

Nah, kamu kangen dengerin lagu kesukaanmu tapi lupa liriknya, jangan kuatir ya, karena Langit Musik memberikan fitur bantuan berupa lirik lagu di bagian bawah setiap lagu yang kamu dengerin. Bisa sambil nyanyi-nyanyi dan nostagia ya kan.

Apa yang saya suka dari fitur bantuan lirik lagu?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang ingin dengerin lagu sambil menyanyikan liriknya. Nah, daripada bingung melampiaskan emosi mendingan dengerin musik sambil nyanyi, jadi suara kita keluar, emosi berkurang. Mood bagus lagi deh.

FITUR 7 : FOLLOW ARTIST KESUKAAN

Dengan fitur follow artist ini, kamu bisa mengikuti semua perkembangan terbaru tentang album si artist, ya lagu terbaru di album mana, judulnya apa. Kamu jadi lebih up date sama artis kesukaanmu. Dengan adanya fitur ini, kita jadi makin eksis, jadi jangan cuma ngaku-ngaku aja suka ama artisnya, kalau suka langsung klik tanda + (plus) dan follow deh artis kesukaanmu, ini baru beneran suka musik. Mesti all out!

Apa yang saya suka dari fitur Follow Artist?

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita yang ingin terus ter-up date dengan artist kesukaan kita. Ngebantu banget buat yang punya artis idola biar makin eksis sama perkembangan musik artis kesukaannya.

FITUR-FITUR LAINNYA :

Masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang kamu bisa eksplor sendiri dengan aplikasi Langit Musik di smartphone-mu seperti fitur “save the song” untuk langsung menyimpan lagu kesukaan kita sehingga bisa langsung masuk ke album yang ada di My Music.

Kalau kamu ingin dengerin offline, kamu bisa manfaatin fitur “listen offline”, simpan aja lagu-lagu yang kamu mau dengerin offline itu dan bisa dengerin kapan aja kamu mau, tanpa harus online (terkoneksi dengan internet).

Fitur Save The Song pada Aplikasi Langit Musik-rodame

Fitur Save The Song- Listen Offline- Share pada Aplikasi Langit Musik

Tetep eksis di media sosial? bisa banget, bisa share lagu yang kamu dengerin juga loh ke media sosial. Kamu manfaatin aja fitur “share” dan bisa pilih mau di-share ke media sosial mana? Twitter atau Facebook. Caranya gampang banget tinggal klik aja nanti akan muncul halaman Facebook (pastikan kamu sudah terhubung dengan akun Facebook atau akun Twitter-mu ya).

Tampilan Fitur Share di Facebook Rodame

Tampilan Fitur Share di Facebook Rodame

KESIMPULAN :

Overall, aplikasi Langit Musik ini user-friendly dan easy to use. Font-nya berukuran cukup besar sehingga mudah dibaca. Semua button berada di posisi yang pas sehingga tidak sulit menemukan apa yang ingin kita cari/kerjakan. Warna-warna yang ditampilkan kontras dengan warna bacground sehingga tidak membuat mata lelah meski berlama-lama melakukan eksplorasi dan mendengarkan berbagai jenis musik. Tampilannya juga futuristik, terkesan modern dan up to date. Suara yang dihasilkan jernih, bersih dan nyaman di telinga, baik didengarkan dengan earphone maupun speaker out. Jika ingin bisa mendengarkan musik secara offline, kamu bisa melakukannya cukup dengan mendaftar sebagai premium user, pilihannya ada yang Rp 6.600,- (seminggu) hingga Rp 22.000,- (satu bulan). Cukup Terjangkau, untuk bisa mendengarkan berbagai jenis musik dengan cara halal. Say no to piracy! Cek caranya di bawah ini ya.

SARAN :

Meskipun begitu untuk meningkatkan kualitas aplikasi Langit Musik yang baru ini, saya ingin memberi masukan, diantaranya :

Menambah Koleksi Lagu Daerah

Sebagai pecinta lagu daerah saya berharap bisa memperbanyak koleksi lagu daerah misal lagu-lagu Batak, Jawa, Sunda, Papua dan daerah lainnya di Indonesia. Sekaligus memperkenalkan lagu-lagu daerah ke seluruh masyarakat Indonesia juga kan. Saya coba mencari lagu Batak berjudul “Aut Boi Nian” (lagu yang sedang ngehits karena jadi soundtrack sebuah film nasional), ternyata belum ada. Semoga bisa ditambahkan ya.

Ada Lagu Daerah yang Belum ada di Aplikasi Langit Musik

Ada Lagu Daerah yang Belum ada di Aplikasi Langit Musik

Memasukkan Lirik Lagu

Sebagian lagu masih belum ada liriknya, misalnya saja lagu Victor Hutabarat yang berjudul “Boru Panggoaran” (jadi ingat ibu saya yang nangis waktu di acara nikahan saya, ibu menyanyikan lagu ini untuk saya). Itu, saya ingin nyanyiin eh tapi ternyata gak ada liriknya, karena tidak hafal liriknya jadilah saya mendengarkan saja, meskipun ya saya tetep bisa menikmatinya.

Lirik Lagu Masih Belum Tersedia

Lirik Lagu Masih Belum Tersedia

Memutakhirkan Kolom Pencarian (Search)

Sebenarnya saya sih udah suka dengan kolom pencarian (search) yang ada di aplikasi Langit Musik. Hanya saja, menurut saya masih bisa dimutakhirkan dengan memberikan pilihan pencarian berdasarkan judul lagu, artis atau album. Karena terkadang ketika mencari lagu atau artis yang kita inginkan justru yang muncul macam-macam dan kurang sesuai dengan apa yang kita cari. Dengan kolom pencarian yang lebih spesifik mungkin bisa menghemat waktu pencarian sehingga bisa langsung fokus pada apa yang dicari.

Musiknya Hidup Kamu

Musiknya Hidup Kamu (Dok. Rodame)

Memutakhirkan Aplikasi di iOS

Saya coba pasang aplikasi Langit Musik di smartphone yang OS-nya bukan Android yaitu Iphone. Sayangnya masih belum teroptimalkan dengan baik. Mungkin bisa dimutakhirkan lagi, agar semua pengguna Telkomsel apapun jenis OS pada smartphone-nya tetep bisa menikmati musik melalui aplikasi Langit Musik juga.

Semoga review new apps Langit Musik ini bisa membantu memuaskan rasa penasaran kalian ya teman-teman. Pokoknya apapun musik kesukaanmu, bagaimanapun suasana hatimu, jangan biarkan itu merusak harimu, oke!

Langitkan Semangat bersama Langit Musik (Dok. Rodame)

Langitkan Semangat bersama Langit Musik (Dok. Rodame)

Ajak teman-temanmu pasang aplikasi Langit Musik di smartphone mereka juga ya, makin banyak teman kamu yang pasang, makin kamu bisa terhubung dengan musik kesukaan mereka juga loh. Asik kan ya?

Yuk Langitkan semangatmu bersama Langit Musik, musiknya hidup kamu!

screenshot_5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

10 thoughts on “Langitkan Semangatmu Bersama Langit Musik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s