Paybill.id : Satu Aplikasi Untuk Pembayaran Berbagai Tagihan

“Dek, udah bayar listrik? Internet?, awas loh jangan sampe telat nanti kena denda kan rugi, uang tagihan listrik dikasiin aja ke bapak biar bapak yang bayar ke loket listrik”, ucap suami saya yang tiap tanggal 10 mengingatkan untuk bayar berbagai tagihan rutin bulanan.

“Iya, iya, gak akan lupa, listrik terakhir tanggal 20, internet terakhir tanggal 15 kan ya, gak akan lupa, tenang aja nanti dikasiin ke bapak”, jawab saya dengan percaya diri sambil sibuk main smartphone.

Penggalan obrolan di atas adalah obrolan yang hampir tiap hari diulang, tiap bulan diingatkan terus, obrolan serius tapi santai antara saya dan suami. Maklum saja, saya adalah ‘manajer keuangan’ di rumah, sudah menjadi tugas saya membayar semua tagihan tepat waktu, tanpa denda sepeserpun. Mana mungkin saya lupa, kan tiap bulan diulangi terus. Karena membayar berbagai tagihan adalah aktifitas yang selalu saya lakukan. Selalu.

Hingga suatu ketika, bapak mertua saya nyeletuk, “sudah bayar listrik kan?”. Dan itu tanggal 22. Hah, saya sontak kaget. Saya merasa tidak pernah lewat bayar listrik, ternyata kepercayaan diri saya tidak menjamin saya bisa selalu ingat bayar semua tagihan. Contoh nyatanya ya bayar tagihan listrik ini. Akhirnya didenda. Ah, saya nyesal bukan main kenapa ketika ditanya suami, uang tagihan listrik tidak saya kasikan saja, malah berdalih tidak akan lupa dengan percaya dirinya.

Saya mungkin bukan satu-satunya ibu rumah tangga yang percaya diri tidak lupa bayar berbagai tagihan. Lupa adalah lumrah tapi kalau sampai telat bayar dan didenda bisa membebani. Agar tidak jadi ‘langganan denda’ saya mesti mencari solusi. Sebab jika tidak, saya bukannya menghemat pengeluaran yang ada malah menambah pengeluaran. Jika hanya mengandalkan ingatan, ya begitu efek sampingnya.
Sampai suatu saat saya ingat bahwa berbagai tagihan bisa dibayar secara online tanpa harus berangkat ke loket pembayaran di dekat rumah. Sebenarnya saya sudah cukup akrab dengan transaksi online. Saya adalah ibu rumah tangga yang memiliki 2 orang balita, jelas sekali saya tidak punya waktu luang kalau harus bepergian hanya untuk membayar berbagai tagihan. Selain itu, saya juga sering belanja online. Jadi transaksi online adalah pekerjaan rutin saya dan saya biasanya memilih toko online yang terpercaya agar aman saat transaksi online.

transaksi-online-mana-yang-aman?

transaksi-online-mana-yang-aman?

Saya sempat kuatir juga bertransaksi online dengan token, karena ternyata ada berita yang menyebutkan bahwa secureID berhasil diretas. Apa yang saya kira aman selama ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Buktinya ada berita seperti itu. Terus bagaimana, agar bertransaksi online aman?

Saya pun iseng mencari aplikasi melalui google playstore untuk mengingatkan saya membayar berbagai tagihan. Dengan kata pencarian ‘paybill’ muncullah beberapa aplikasi untuk membayar tagihan dalam satu aplikasi.

paybill-rodame

Saya membuka satu per satu dan membaca keterangan singkat, review serta melihat penampakan aplikasi-aplikasi tersebut. Saya akhirnya memilih memasang aplikasi ‘Paybill.id’ di smartphone saya. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak makan waktu lama saat dipasang.

Saya pun melakukan registrasi dan mencoba-coba berbagai menu dan fitur yang ditawarkan pada aplikasi tersebut. Aplikasinya cukup mudah digunakan bahkan menarik karena cukup lengkap. Paybill adalah aplikasi berbasis android dan aplikasi web yang memiliki fungsi untuk memudah membayar berbagai tagihan kapanpun dan dimanapun, paybill memiliki 6 keunggulan jika dibandingkan dengan layanan aplikasi tagihan lainnya seperti, jenis/produk tagihan yang lengkap, metode pembayaran yang mudah (ATM bersama, kartu kredit, e-money, e-banking), hemat biaya transaksi, hemat waktu yaitu pembayaran banyak tagihan dalam satu kali proses, aplikasi pencatatan, riwayat aktifitas transaksi, dan pembelian pulsa, voucher yang mudah. Dan yang paling menariknya lagi buat yang sering lupa bayar tagihan, aplikasi ini juga dapat berguna sebagai aplikasi pengingat untuk segera membayar tagihan. Saat ini, total produk tagihannya ada 73 Biller, 92 Tagihan, dan 154 Voucher.

Paybill-jenis-tagihan

Paybill-jenis-tagihan

Untuk pembayarannya sendiri, saat ini bisa menggunakan 2 metode yaitu : transfer ATM bersama dan Mandiri Clickpay. Seperti kita tahu, ATM bersama itu hampir di semua ATM bank manapun ada. Artinya, seharusnya tidak masalah dan tidak sulit melakukan pembayaran tagihan tersebut. Sementara itu metode pembayaran dengan Mandiri Click memang baru-baru ini ditambahkan. Ini berita baik juga buat saya, karena gaji bulanan masuknya ke ATM Mandiri maka saya hanya perlu mendaftarkan internet banking ke cabang bank Mandiri terdekat kemudian bisa menggunakan Mandiri Clickpay untuk bisa bertranksaksi online melalui aplikasi Paybill.id.

Keuntungan menggunakan virtual account :

  1. Setiap pelanggan akan memiliki nomor rekening pribadi yang digunakan sebagai rekening tujuan pada saat melakukan pembayaran tagihan.
  2. Adanya kemudahan pengenalan pembayaran pelanggan pada bagian administrasi di Paybill.id.
  3. Adanya kemudahan pembayaran karena selain melalui setor tunai, pembayaran juga bisa dilakukan melalui kanal-kanal lainnya seperti ATM, Mobile/SMS Banking, dan Internet Banking sesuai dengan layanan yang tersedia oleh bank yang bersangkutan.
  4. Pembayaran bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari rekening siapa saja (untuk selain setor tunai), yang penting ditujukan ke nomor VA nasabah yang bersangkutan.
  5. Memberikan kemudahan bagi setiap pelanggan Paybill.id dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan.
  6. Pihak Paybill.id juga akan lebih mudah mengenali pembayaran tagihan setiap pelanggannya

Saya sih tidak ragu lagi bertransaksi online, kenapa? Karena ternyata paybill.id juga menggunakan virtual account demi keamanan bertransaksi online setiap pelanggannya. Sayangnya Paybill.id belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan juga belum bisa membayar tagihan air daerah. Semoga ke depannya nanti ada pengembangan lagi sehingga segala pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan aplikasi Paybill.id. Semoga.
Oke, jadi mulai bulan depan saya siap buktikan kemudahan dan keamanan bertransaksi online melalui aplikasi Paybill.id. Mau mudah dan aman saat bertransaksi online? Paybill.id solusinya. Ibu-ibu ingin yang mudah, cepat dan aman. Buruan pasang aplikasi Paybill.id di smartphone-nya, atau bisa juga lewat website http://www.paybill.id. Biar jangan telat juga bayar semua tagihan kayak saya yang kecolongan dan kepedean.

Ingat bayar tagihan yang mudah dan aman, ingat Paybill.id

Download aplikasi Paybill @playstore   atau lewat aplikasio.com

Paybill.id Blog Competition

Paybill.id Blog Competition

11 thoughts on “Paybill.id : Satu Aplikasi Untuk Pembayaran Berbagai Tagihan

  1. Wah perlu di coba nih, bayar listrik, air, angsuran dll bisa di lakukan dengan mudah lewat paybill. Udah gitu di jamin keamananya pula, kereennn. Btw sujses artikelnya🙂

  2. Wah, sekarang ada cara pembayaran baru dan lebih mudah tanpa harus keluar rumah, keren banget paybill ini. Udah gitu paybill beda sama yang lain, karena terjamin keamanannya, patut di coba nih

Leave a Reply

