Teknologi E-Banking Membuat Semua Jadi Mudah

Dulu ya, apa-apa mesti ke bank, ya nabung, ya transfer bahkan kalau cuma mau ngecek saldo pun dilakukan musti lewat bank konvensional. Bank konvensional tau kan? iya bank yang secara fisik adalah gedungnya. Kalau diingat-ingat, dulu pernah nabung Rp5.000,00 tiap bulan, semangat sekali ke bank, rasanya kalau liat buku tabungan yang selembar itu hati berbunga-bunga gak sabar mau dibeliin macem-macem kalau sudah banyak.

Eh, tapi sekarang berbeda jauh dengan yang dulu. Perkembangan teknologi informasi memungkinkan kita melakukan apapun tanpa harus datang ke bank. Ada sih hal-hal tertentu yang mesti datang ke bank langsung tapi untuk hal-hal seperti, transfer uang, cek saldo, bayar belanjaan online semuanya bisa lewat internet saja. Itu yang dikenal orang dengan istilah e-banking.

e banking

sumber : dreamstime.com

Aku sih, jujur saja puas sekali dengan adanya teknologi itu. E-banking (electronic banking) memudahkan semua urusan terutama urusan jual beli, transfer dan bahkan bayar tagihan listrik, telepon, internet, dan masih banyak lagi. Semua bahkan bisa dilakukan hanya dengan memiliki jaringan internet plus media yang memadai seperti smartphone, komputer atau tab untuk online banking dan mobile banking. Intinya adalah berbagai kegiatan atau transaksi melalui bank bisa dilakukan secara elektronik.

Bahkan baru-baru ini sebuah bank membuat terobosan dimana nasabah gak perlu datang ke bank untuk buka tabungan baru, cukup daftar online dan pihak bank akan mengantar langsung kartu ATM milik nasabah. Keren ya?

Sebenarnya e-banking itu kalau di Indonesia sendiri mulai rame tahun beberapa tahun terakhir ini, aku masih ingat pertama kali menggunakan fasilitas e-banking itu tahun 2008, sepulangnya dari Jepang. Aku mencari bank yang cukup banyak cabangnya, mudah mengurus apa-apa dan pelayanan yang memuaskan. Customer service bank itu menawarkan sebuah token yang bisa digunakan bersamaan dengan e-banking yang diakses melalui internet.

Awalnya sedikit bingung, tapi lama-kelamaan terasa sekali kemudahan dan manfaatnya. Seperti kondisiku yang sekarang punya anak, sulit kemana-mana membawa balita ke bank untuk urus macem-macem. Tapi berkat teknologi informasi e-banking ini, semua jadi lebih mudah. Memang teknologi itu kalau dimanfaatkan dengan baik akan sangat membantu aktifitas kita ya, tapi kalau dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik juga tentu hasilnya tidak baik.

Aku sih berharap ke depannya bank-bank di Indonesia gak cuma berhenti sampai menemukan e-banking ini. Diperlukan inovasi dan berbagai fasilitas lainnya di dalamnya agar memungkinkan nasabahnya menjadi berkembang dengan memanfaatkan e-banking tersebut. Sebut saja UMKM yang ada di pelosok, jaringan internet mempersulit mereka dalam hal jual beli. Bayangkan kalau ada pembeli dari luar negeri, atau beda pulau. Jika proses transfer dan pengecekan uang terlambat akan terhambat juga proses distribusi barang. Sepertinya UMKM harus juga bisa merasakan kemudahan e-banking ini. Bagaimanapun bank kan bukan cuma untuk mereka yang berkantong tebal tetapi juga mereka yang membutuhkan berbagai kemudahan dalam transaksi bisnis.

sumber : nwcu.com

sumber : nwcu.com

Bila perlu UMKM di desa-desa juga diajarkan menggunakan e-banking, sekarang kan handphone sejenis smartphone sudah cukup banyak dimiliki para pebisnis termasuk yang UMKM. Memang bank yang harus datang pada mereka, karena mereka mungkin saja ingin tahu dan butuh namun sulit menghubungi pihak bank penyedia fasilitas e-banking. Aku yakin akan saling menguntungkan baik pihak bank maupun pihak UMKM.

10 thoughts on “Teknologi E-Banking Membuat Semua Jadi Mudah

  1. E-Banking memang sangat mempermudah ya mak, terutama buat mereka yang suka belanja online atau yang punya online shop, jadi semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Aku juga pengen daftar e-banking, cuma belum serius pengennya, mungkin nanti-nanti aja kalau udah kerja. Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s