Festival Kuliner Serpong 2014 di Summarecon Mal Serpong: Jangan Terlewatkan!!

Festival Kuliner Serpong 2014 di Summarecon Mal Serpong benar-benar tidak boleh terlewatkan, Kenapa? karena ada banyak aksi disana🙂

Ada banyak aksi seru di Festival Kuliner Serpong 2014 Summarecon Mal Serpong

Ada banyak aksi seru di Festival Kuliner Serpong 2014 Summarecon Mal Serpong

1. Aksi memuaskan hasrat pecinta kuliner nusantara

Karena Festival Kuliner Serpong tahun 2014 ini 100 % beda. Temanya saja “Sulawesi Nyamanna’… Pe Sadap”. Dari temanya sudah tahu kan kira-kira akan ada kuliner apa saja yang disajikan. Ya benar sekali, Summarecon Mal Serpong tahun ini berhasil menghadirkan warisan kuliner nusantara asal kota Makasar, Manada dan Gorontalo. Bahkan beberapa pedagang diboyong langsung dari sana untuk memuaskan lidah pencinta kuliner nusantara dalam perhelatan akbar kuliner “Festival Kuliner Serpong 2014“. Cuma ada di area parkir selatan Summarecon Mal Serpong mulai tanggal 15 Agustus-07 September 2014. Makanya tidak boleh sampai terlewatkan ya…

Belum percaya, yuk coba lihat video berikut ini:

Summarecon Mal Serpong tidak pernah kehilangan ide untuk turut serta dalam melestarikan warisan kuliner nusantara. Setelah tahun 2013 bertema “Jawa Sing Ngangeni“, 2012 “Minang nan Rancak” dan 2011 “Beauty of Bali“. Tahun 2014 Festival Kuliner Serpong memperkenalkan aneka kuliner Pulau Sulawesi dan beragam kuliner khasnya. Ini berarti tahun 2014  adalah Festival Kuliner Serpong yang keempat yang diadakan rutin setiap tahunnya dengan tema yang berbeda-beda. Salah satu mal yang ada di jaman sekarang, yang sangat perduli pada warisan kuliner nusantara “Summarecon Mal Serpong”. Layak dicontoh oleh mal-mal lainnya di Indonesia🙂 Menikmati wisata kuliner bersama keluarga, pasangan, teman dan rekan akan cocok sekali karena tempatnya bersih, nyaman dan area duduk yang disediakan juga cukup memadai.

Wisata Kuliner Nusantara Bersama Keluarga di Festival Kuliner Serpong 2014

Wisata Kuliner Nusantara Bersama Keluarga di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Ini dia penampakan Festival Kuliner Serpong 2014 di Summarecon Mal Serpong, kita akan disambut dengan suasana layaknya berada di Sulawesi. Mulai dari kepala sapi yang menggantung di rumah adat Tongkonan sampai dekorasi wallpaper semuanya mencirikan Sulawesi. Kita dibuat benar-benar seperti sedang berada di Sulawesi.

Welcome to Festival Kuliner Serpong 2014 Summarecon Mal Serpong (Dokumentasi Rodame MN)

Welcome to Festival Kuliner Serpong 2014 Summarecon Mal Serpong (Dokumentasi Rodame MN)

Loket, sebelum mulai icip-icip jangan lupa ke loket dulu untuk bikin kartu yang bisa di top up minimal 50ribu rupiah. Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya. Karena di tahun-tahun sebelumnya biasanya menggunakan uang-uangan unik bermotif dengan ciri bangunan khas dari tiap tema yang diangkat, namun kali ini alat transaksinya berbentuk kartu, mirip dengan kartu ATM, sebagai alat transaksi yang sah ketika kita ingin berbelanja di seluruh tenant area Festival Kuliner Serpong 2014. Jadi lebih baik isi jangan yang batas minimum, karena kalau harus antri buat top up/isi ulang lagi kan sayang waktunya, mendingan untuk menikmati kulinernya aja. Kenapa saya bilang isi yang banyak di kartunya, karena nanti di akhir acara Festival Kuliner Serpong 2014 setiap pengunjung yang menukarkan struk belanjanya senilai minimal 100 ribu rupiah dan sudah mengisi kupon yang diberikan akan berhak mengikuti undian yang hadiahnya adalah 1 buah Vespa Primavera.

Loket (kiri), Kartu sebagai alat transaksi (kanan)

Loket (kiri), Kartu sebagai alat transaksi (kanan) -Dokumentasi Rodame MN

Memangnya ada menu apa saja sih di Festival Kuliner Serpong 2014 Summarecon Mal Serpong?

Banyak, banyak sekali, tinggal pilih mau makanan khas dari Sulawesi: Mie Cakalang Rumah Palem, Sop Konro, Coto Makasar Cotota, Lumpia Sulawesi, Baji Pamai Pangsit Mie Ujung Pandang, Ikan Tude Bakar Rica Oma En, Otak-otak Baba ‘The Makasar’, Kambing Guling dan banyak lagi.

Masakan Makasar (atas), Masakan Manado (bawah) Festival Kuliner Serpong 2014

Masakan Makasar (atas), Masakan Manado (bawah) Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Festival Kuliner Serpong 2014 ini, ada 67 stand makanan dan 27 gerobak yang menyajikan makanan khas nusantara termasuk ada makanan khas kampung halaman saya Sumatera Utara, Medan termasuk es campur Medan, rujak Medan dan lain-lain. Semuanya bikin saya betah berlama-lama sambil nostalgia masa-masa sekolah dulu. Kapan lagi bisa menikmati kuliner seperti ini, tidak perlu ke semua tempat di nusantara untuk menikmatinya, cukup dengan datang ke Festival Kuliner Serpong 2014 di Summarecon Mal Serpong saja.

Stand Makanan Khas Daerah Lainnya di Festival Kuliner Serpong 2014

Stand Makanan Khas Daerah Lainnya di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

2. Aksi cinta budaya lokal

Di Festival Kuliner Serpong 2014, setelah disambut dengan rumah adat Tongkonan dari suku Toraja dimana bentuk bangunannya serta dekorasi khas dari Sulawesi lengkap dengan pernik miniatur dari ikon kepala kerbau, kain khas Sulawesi dan corak etnik ukiran khas Sulawesi. Kita juga disambut dengan panggung dalam wujud kapal pinisi lengkap dengan miniatur mercusuarnya. Untuk diketahui bersama, kapal pinisi adalah sebuah miniatur kapal pinisi asli yang merupakan kapal layar tradisional khas yang berasal dari suku Bugis dan suku Makassar di Sulawesi Selatan, Indonesia. Festival Kuliner Serpong 2014 memang sangat unik sehingga memberi kesan mendalam ketika ada di dalamnya.

Mercusuar (kiri), Kapal Pinisi (kanan)

Mercusuar (kiri), Kapal Pinisi (kanan) – Dokumentasi Rodame MN

3. Aksi Go Green

Cuma segitu aja? eitss, tunggu dulu selain bisa wisata kuliner masakan khas dari seluruh nusantara. Di Festival Kuliner Serpong 2014 Summarecon Mal Serpong, pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi dengan menukarkan 5 buah botol bekas minuman “Bring used bottles” dengan sebuah recycle bag dan berhak mendapatkan 1 kupon undian yang berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa Blackberry Z3, voucher belanja di Summarecon Mal Serpong 500ribu rupiah + voucher SDC 250ribu rupiah, oucher belanja di Summarecon Mal Serpong 250ribu rupiah + voucher SDC 250ribu rupiah, yang akan diundi pada tanggal 7 September 2014  pukul 07.00 WIB.

Jangan lupa ikutan aksi “Bring Used Bottle” ke Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong)

Jadi wisata kuliner bisa sambil belajar mencintai lingkungan juga, kan semua harus dimulai dari diri sendiri dulu. Ini namanya edukasi dini, anak-anak juga boleh loh sambil diajarkan untuk menjaga lingkungan. Apalagi berkesempatan dapat hadiah juga, menarik sekali.

4. Aksi Gading Night Carnival 

Hari ketika saya berkunjunga ke Festival Kuliner Serpong jatuh tepat di hari Sabtu tanggal 23 Agustus 2014 dan ternyata malamnya mulai pukul 07.00 WIB ada aksi pertunjukan dari Gading Night Carnival. Malam minggu semakin meriah ditemani dengan aksi gading night carnival.

Penampilan Gading Night Carnival di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Penampilan Gading Night Carnival di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Mereka tampil dengan busana yang unik bahkan saya berhasil merekam arak-arakan mereka menuju panggung di kapal pinisi. Meski hanya beberapa menit, tapi saya sangat puas bisa melihat mereka langsung dengan jarak yang sangat dekat sekali. Di Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini, pertunjukannya memang sudah di-setting di depan kapal pinisi.

5. Aksi Pesta kembang api (Fireworks)

Setelah menyaksikan arak-arakan performer Gading Night Carnival. Mata pengunjung belum juga selesai dipuaskan. Karena tak lama setelah itu kemeriahan malam minggu di Festival Kuliner Serpong, Summarecon Mal Serpong diramaikan dengan fireworks.

Aneka warna dan bentuk kembang api menghiasi langit malam itu. Semua pengunjung riuh sambil mengabadikan momen tersebut. Bahkan tak sedikit yang bertepuk tangan karena ikut merasakan indahnya malam di Festival Kuliner Serpong, Summarecon Mal Serpong saat itu, termasuk saya dan anak saya.

Kemeriahan Pesta Kembang Api Spektakuler di Festival Kuliner Serpong 2014

Kemeriahan Pesta Kembang Api Spektakuler di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

6. Artist Performance

Saya pikir malam ini ditutup dengan aksi kembang api di langit malam Summarecon Mal Serpong sudah sangat istimewa, tapi ternyata pengunjung masih diberikan kenikmatan yang lebih. Tak lama kemudian, artist jebolan sebuah ajang pencarian bakat NEZ Academy melalui sebuah televisi swasta di Indonesia NET TV “Barsena Bestandhi” tampil memukau malam itu. Sangkin ramainya pengunjung yang maju ke depan panggung saya bahkan harus mengalah untuk bisa menyaksikannya dari jarak yang tidak terlalu dekat. Meski begitu lantunan suara dan suasana malam berubah menjadi romantis, semua pengunjung terlihat sangat menikmati suara indah dari Barsena Bestandhi. Saya puas tetap bisa mengabadikan penampilannya di panggung yang apik dalam sebuah kapal pinisi.

Barsena Bestandhi di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Barsena Bestandhi di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Sungguh pengalaman kuliner yang menyenangkan. Pengunjung dibuat sangat puas malam itu. Saya cukup kagum dengan cara Summarecon Mal Serpong memuaskan pengunjung yang datang dari berbagai kota di Jabodetabek ini melalui Festival Kuliner Serpong 2014 yang bukan sekedar acara makan-makan semata. Tidak menyesal jauh-jauh dari Bogor, melalui macetnya kota Jakarta, lelah pun hilang ketika bisa menyaksikan langsung dan menikmati suara indah dari Barsena Bestandhi.

7. Aksi Foto dan Bagi-bagi hadiah

Nah, ini satu lagi yang menarik dari Festival Kuliner Serpong 2014 di Summarecon Mal Serpong, kita dijamu dengan banyaknya tawaran hadiah menarik melalui berbagai event di dalamnya. Seperti yang satu ini, berfoto di booth istagram dan berkesempatan untuk dapat hadiah culinary shopping voucher 2 juta rupiah untuk 10 orang. Saya top up 100 ribu aja bisa makan macam-macam dan bawa oleh-oleh ke rumah apalagi yang dapat hadiah 200 ribu rupiah, bisa dapat banyak makanan disana. Tinggal foto yang kece di booth tersebut terus di-upload sesuai ketentuan, plus banyak baca mantra doa biar kepilih sama juri🙂

Berfoto di Booth Istagram Summarecon Mal Serpong, Jangan kelewatan yah (Dokumentasi Rodame MN)

Berfoto di Booth Istagram Summarecon Mal Serpong, Jangan kelewatan yah (Dokumentasi Rodame MN)

Sebenarnya ada banyak hal istimewa yang bisa dinikmati di Festival Kuliner Serpong 2014, Summarecon Mal Serpong. Selain semua yang sudah saya sebutkan itu, tiap malam pengunjung akan dihibur dengan penampilan musik khas Sulawesi seperti pengamen Sulawesi, kolintang dan instrumen musik Makassar lainnya. Tidak hanya itu, 20 orang pengunjung pertama setiap harinya juga akan mendapatkan recycle bag secara gratis.

Fasilitas lainnya di Festival Kuliner Serpong 2014 adalah :

1. Charger Zone

Charger Area di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong)

Charger Zone di Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong)

2. Playground untuk Anak-anak

Playground untuk anak-anak yang berdekatan dengan Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Playground untuk anak-anak yang berdekatan dengan Festival Kuliner Serpong 2014 (Dokumentasi Rodame MN)

Jangan kuatir, bagi yang beragama Islam, tersedia Mushola di dalam Summarecon Mal Serpong. Musholanya bersih, tidak pengap dan lengkap dengan perlengkapan ibadah seperti mukenah. Jadi meski seharian menghabiskan waktu di Festival Kuliner Serpong tetap bisa melaksanakan ibadah. Yuk, nikmati hari bersama keluarga tercinta di Festival Kuliner Serpong 2014, masih ada waktu sampai 7 September 2014, pokoknya tidak boleh ketinggalan ya Moms🙂

Suasana Makan Malam bersama Ananda (Atas), Oleh-oleh dari Festival Kuliber Serpong untuk di rumah (bawah) -Dokumentasi Rodame MN

Suasana makan malam bersama ananda (Atas), Oleh-oleh dari Festival Kuliner Serpong untuk di rumah (bawah) -Dokumentasi Rodame MN

*Sumber Video Fireworks adalah Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong
*Sumber Video Gading Night Carnival adalah Dokumentasi Rodame MN

Untuk informasi lebih lanjut tentang Festival Kuliner Serpong 2014, silakan kunjungi dan follow akun di media sosial berikut ini biar lebih update dengan informasi terkini, apalagi yang akun twitter sering ada kuis berhadiah voucher makan-makan di Festival Kuliner Serpong-nya loh🙂

summareconmalserpong2

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Summarecon Mal Serpong Culinary Writing Competition”

FKS-Culinary-Writing-Competition-2014

97 thoughts on “Festival Kuliner Serpong 2014 di Summarecon Mal Serpong: Jangan Terlewatkan!!

  1. Mantao Mak…bisa berkunjung ke sana.. Paket lengkap kayaknya ya..bisa wisata kuliner sekalian ikut kontesnya.. Mudah2an menang ya.. Sayang aku gak bisa ikut dan berkunjung ke sana krn tenoatku jauh bingiits…

    • hehehe, pengennya motret semua standnya tp ga mungkin hahaha…ini mal serpong tangerang Om Rudi salam buat kakak-kakak di rumah katanya Alimikal🙂 aamiin buat doanya, doa yg terbaik juga buat mas dan keluarga, salam buat istri

  2. mantabs kali lengkapnya mengeksplore festival makanannya, asli ngiler, sayang jauhhh, di bogor dong adain hehe, kirain cuma festival kuliner aja, ternyata ada yg lain ya, ada kembang api, ada go green juga fasilitas lain, rame banget

  3. Nggak sempat ke SMS, padahal pengen banget, nasib tinggal jauh😀
    Pernah sih ke SMS tapi sebelum FKS jadinya ya biasa aja. Nikmat banget pastinya mencicipi segala makanan kuliner Sulawesi.
    Semoga berkah lombanya dan dirimu menyabet juara🙂

  4. Wow … komplit sekali Mak …. kayaknya bakal menang🙂

    Foto2nya juga keren2. Kalo pake WordPress bisa sebesar itu ya? Kalo pake Blogspot gak sampe segitu ukurannya.

    Trus, Mak Dame nyobain makanan apa di sana? Eh, atau saya yang kelewat ya?

    Moga menang ya Mak🙂

    • sy mkn nasi lengko, soto, es campur buah, sate gurame, bebek goreng, dll mak hehehe, aamiin antrian di makanan sulawesi poool pnjgnya jd ga kebagian ampe mlm hahaahaha🙂 iya tergantung tema bawaan wordpresnya jg mak, yg ini bisa ngedein sendiri🙂

  5. Rame dan seru banget ya mba klo festival kuliner gini ini. Dulu di Semarang pernah ada festival kuliner yg disponsori kecap ternama. Tapi rasanya kebanyakan just so so aja😦 Klo yg di Serpong ini kayaknya beneran enak deehh… kapan digelar di Semarang ya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s