Sudahkah Air Minum Anda Layak Dikonsumsi?

Tidak ada seorang pun di muka bumi ini bahkan mahkuk hidup lainnya mampu bertahan hidup tanpa air. Hal ini sudah jelas sekali membuktikan bahwa keberadaan air di muka bumi ini tidak bisa dianggap remeh. Air dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah yang besar, dimana  air membentuk sekitar 50-80 persen massa tubuh sehingga sangat penting dalam membantu menjaga keseimbangan mineral di dalam tubuh [1].

komposisi air dalam tubuh manusia ilustrasi rodame

Komposisi Air dalam Tubuh Manusia

Bisa dibayangkan jika air yang kita minum jumlahnya tidak memenuhi kebutuhan tubuh kita maka keseimbangan mineral di dalam tubuh menjadi terganggu. Karenanya harus seimbang antara berapa jumlah yang dikeluarkan saat buang air kecil dengan jumlah air minum yang kita konsumsi, jika tubuh kita kekurangan kandungan air sebanyak 4 liter saja dalam satu hari maka akan berbahaya bagi tubuh dan berdampak pada penurunan kapasitas fisik [2]. Kita patut waspada jika kita sudah mulai merasa daya ingat menurun, mudah bingung, mudah cemas, sakit kepala, mudah lelah karena bisa jadi hal tersebut adalah akibat kekurangan konsumsi air minum. Tentu ini sangat tidak nyaman untuk kita, karena semua aktivitas menjadi terganggu dan bukan tidak mungkin kita menjadi tidak produktif akibat konsumsi air minum yang kurang.

Akibat terburuk dari dehidrasi bahkan bisa menyebabkan kematian. Ternyata bukan jumlah air yang diminum saja yang penting, melainkan juga yang terpenting adalah standar kualitas air minumnya yang harus layak dikonsumsi.

3

Informasi tersebut membuat saya benar-benar waswas, karena saya juga punya anak dan keluarga yang wajib saya lindungi dan jaga kesehatannya di rumah.

Akhirnya saya mencari solusi air minum kemasan yang saya anggap lebih layak untuk dikonsumsi. Saat ini memang banyak beredar  air  minum  dalam  kemasaan (AMDK) di masyarakat sehingga menyulitkan pelacakan dan pengawasan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Parahnya ternyata AMDK yang banyak beredar justru jauh dari kata aman dan menyehatkan. Sungguh ironis sekali, di tengah-tengah kepercayaan masyarakat untuk mengkonsumsi air minum aman sebaliknya oknum yang tidak bertanggungjawab justru memanfaatkan momen ini untuk memproduksi AMDK yang tidak memenuhi standar kualitas air minum yang layak dikonsumsi. Sebuah penelitian bahkan mengemukakan bahwa AMDK yang beredar dipasaran kebanyakan tidak memenuhi standar kelayakan yang ditetapkan oleh WHO [3]. Lagi-lagi saya semakin kuatir dengan fakta ini.

pureitmarvella

Minimnya informasi termasuk di televisi, koran dan blog juga menjadi penyebab saya kesulitan memperoleh informasi mengenai syarat air minum yang layak dikonsumsi. Informasi di blog yang bersifat mengedukasi masyarakat dalam memilih air minum yang layak dikonsumsi pada dasarnya sangat penting karena paling tidak dapat membantu mengurangi jumlah masyarakat yang menjadi korban dari ketidaktahuan tersebut. Oleh karena itulah, Kementerian Kesehatan juga sangat serius dalam menanggapi masalah standar air minum yang layak dikonsumsi ini sehingga mengeluarkan Peraturan Kementerian Kesehatan. Menurut Permenkes no. 492 tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait syarat air minum yang layak dikonsumsi agar air minum aman bagi kesehatan adalah :

2014-06-17_1015222014-06-17_1016352014-06-17_1018172014-06-17_101930

Jika salah satu saja dari syarat tersebut di atas tidak terpenuhi maka sudah bisa dipastikan bahwa air tersebut tidak layak dikonsumsi. Tentu yang paling mudah untuk medeteksi dini apakah air minum di rumah layak dikonsumsi adalah dari ‘bau’ sebab ‘rasa’ itu relatif dan berbeda tiap orang tetapi kalau ‘bau’ tentu sangat mudah dideteksi oleh indra penciuman kita. Kita patut waspada jika air minum di rumah ternyata berbau.

air minum tidak boleh berbau

FAKTA LAINNYA ADALAH:

2

Pada tahun 2010, cakupan pelayanan air minum di Indonesia baru mencapai 46 persen, sementara target MDGs di 2015 Indonesia harus sudah mencapai 68,87 persen [4]. Ini sangat memprihatinkan, tak heran banyak perusahaan yang tak bertanggungjawab tega menjual air minum isi ulang maupun kemasan yang bersumber dari air yang tidak layak untuk dikonsumsi demi meraih keuntungan semata dan lagi-lagi masyarakat yang tidak mengetahuinya menjadi korban.

Berbicara soal sumber air minum, bahkan saya yang hidup di kota Bogor di sebuah kompeks perumahan saja tidak luput dari ketidakamanan sumber air minum. Di komplek tempat saya tinggal hampir semua menggunakan air sumur, meskipun di lingkungan sekitar saya ada juga yang menggunakan air ledeng. Tentu saja segala kebutuhan hidup termasuk air minum mengandalkan kedua sumber air tersebut. Kasus yang terjadi pada saya sendiri cukup memilukan. Entah sudah berapa kali saya harus membersihkan pipa sedotan pada sumur yang hampir selalu tersumbat oleh tanah lumpur sehingga tak jarang kami harus menggunakan air sumur yang warnanya kecoklatan, kekuningan, keruh, kotor dan berbau. Bukan cuma biaya saja yang harus dikeluarkan dalam jumlah besar tetapi juga bisa-bisa kesehatan menjadi taruhannya akibat dari ketidakyakinan saya akan kualitas air yang dihasilkan sumur di rumah. Ini sungguh tidak nyaman sama sekali.

Setelah berulang kali dibersihkan barulah air sumur cukup jernih. Sekali lagi cukup jernih, tidak bisa sepenuhnya jernih seperti harapan saya, tidak jarang saya masih menemukan material lain yang tersedot dengan ukuran yang kecil dan halus hingga yang kasat mata. Saya pikir sudah tidak ada masalah setelah air berubah warnanya sampai akhirnya saya terkejut karena menemukan ada makhluk hidup seperti cacing (saya tidak tahu pastinya apa itu) yang tersedot dan masuk ke dalam tempat penampungan air minum kami sekeluarga. Bertambah lagi ketidaknyaman saya. Karena meskipun sudah dimasak, saya juga tidak yakin apakah kuman sudah 100 % hilang. Lalu, saya putuskan untuk menggunakan air isi ulang yang terpercaya guna menjaga asupan air minum yang aman dan sehat di rumah. Namun ternyata cukup repot karena harus mengangkat galon bulak-balik ditambah lagi memakan biaya yang sangat boros. Buat saya, sebagai ibu rumah tangga yang repot mengurus sana-sini itu sangat tidak praktis.

Berikut ini kondisi air sumur di rumah saya yang secara tidak sengaja menemukan kotoran dan cacing di dalamnya:

Dimanapun kita berada, ternyata sumber air minum yang ada saat ini masih jauh dari aman dan sehat. Kasus material lain dan cacing pada sumber air minum di rumah saya bisa jadi bukti bahwa ternyata masih cukup sulit memperoleh air minum yang layak diminum sesuai standar yang ditetapkan baik oleh Kementerian Kesehatan maupun WHO. Setelah melakukan pencarian informasi di internet, saya menemukan informasi bahwa sebenarnya air sumur maupun air ledeng bisa menjadi air minum yang layak dikonsumsi dengan menggunakan pemurni air. Salah satu alat yang mampu mengubah air keran di rumah menjadi air minum yang aman adalah Pure it. Ada dua jenis Pure it yang bisa digunakan di rumah Pure it Classic dan Pure it Marvella. Namun saya sangat tertarik dengan Pure it Marvella. Namanya modern dan sepertinya canggih sekali.

Pure it Marvella adalah pemurni air berteknologi UV pertama di Indonesia yang dapat mengubah air keran menjadi air minum. Pure it Marvella sangat mendukung gaya hidup modern yang mementingkan kepraktisan [5].

Lalu Bagaimana Cara Pure it Marvella Mengubah Air di Rumah menjadi Aman Diminum?

Pure it Marvella bekerja dengan teknologi canggih 4-tahap pemurnian air (water purifier)untuk menghasilkan air yang benar-benar aman dan terlindungi sepenuhnya dari bakteri dan virus.

Dimana di dalam keempat tahap pemurnian air tersebut terdapat:

1.      Filter Sedimen : Menghilangkan kotoran yang terlihat
2.      Filter Karbon Aktif : Menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
3.      Filter Sedimen Plus : Menghilangkan partikel karbon dan kotoran lainnya
4.      Sinar UV IntensitasTinggi 11 Watt : Menghilangkan parasit, virus, dan bakteri berbahaya

Pure it Marvella memiliki perangkat pembunuh kuman (GKK) yang diganti setelah memurmikan 3000 liter air. Sementara itu lama waktu penggantian memang sangat tergantung pada banyaknya konsumsi air di rumah. Tentu saja setiap rumah akan bervariasi dalam lama penggantian GKK-nya.

 Mengapa Harus Pure it Marvella?

1. Mampu melindungi kita dari kuman berbahaya: Pure it Marvella sudah memenuhi kriteria ketat EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory.

2. Nyaman Pure it Marvella terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill/ pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang. Tetapi ini sangat nyaman sekali, karena setelah 3000 liter air dikonsumsi baru mengganti kembali GKK-nya. Misalkan di rumah ada 4 orang, dan tiap orang minum 1,5 liter sehari maka GKK bisa diganti setelah 2000 hari atau sekitar 66 bulan lebih atau 5 tahun lebih. Selama itu kita bisa terus mengkonsumsi air minum yang aman.

3. Hemat dan Praktis

Bayangkan bagaimana jadinya jika kita membeli air minum isi ulang yang banyak beredar sekarang ini yang tidak jelas keamanannya. Selain boros juga sangat membahayakan kesehatan keluarga. Tentu saja kita tidak mau hal buruk menimpa keluarga kita, karena kesehatan itu kan mahal. Yuk, kita lihat bagaimana hitung-hitungan penghematannya jika menggunakan Pure it Marvella:

Penghematan per tahun jika memakai Pure it Marvella sebesar Rp 225.000,- sampai Rp 1.750.000,-. Penghematan tersebut luar biasa, bagi ibu rumah tangga yang mengelola keuangan rumah tangga seperti saya, maka dalam jangka panjang Pure it Marvella memberikan penghematan yang sangat signifikan dibandingkan harus membeli air isi ulang terus-menerus.

4. Memiliki Fitur Menarik

5. Tersedia layanan purna jual

Bahkan bagi pembeli yang sudah pernah memiliki Pure it Marvella, tersedia juga layanan purna jual. Menurut saya ini akan sangat berharga bagi para pembeli. Dengan keempat layanan berikut ini, saya sangat yakin para pembeli pasti sangat puas dan tidak akan beralih ke pemurni air lainnya.

– Pemasangan GRATIS : Pure it Marvella akan dipasang oleh teknisi Pure it yang berpengalaman tanpa dikenakan   biaya pemasangan.

– Sebelum dipasang sumber air di rumah akan dicek terlebih dahulu untuk pengecekan dasar.

– Diberikan Garansi 1 tahun

– Unilever memberikan jaminan garansi 1 tahun untuk kerusakan dari pabrik.

2014-06-17_195336

Sekarang, dengan keberadaan Pure it Marvella, kecemasan saya berkurang. Karena ternyata, saya tidak harus pindah rumah untuk menemukan rumah dengan sumber air yang sesuai dengan standar kualitas air minum yang layak dikonsumsi. Cukup dengan Pure it Marvella saja, maka saya dan semua anggota keluarga bisa terlindungi dari kuman dan berbagai penyakit yang mungkin datang dari air sumur di rumah. Lega sekali rasanya karena saya sudah menemukan solusi agar air sumur di rumah layak untuk diminum.

Oh iya, sebagai informasi tambahan, ternyata di India Pure it Marvella merupakan pilihan water purifier NOMOR SATU loh, kalau tidak percaya coba lihat video berikut ini:

Nah, sekarang bagaimana dengan anda?

SUDAHKAH AIR MINUM ANDA LAYAK DIKONSUMSI

Sumber Referensi:

[1] http://health.detik.com/

[2] http://hot.detik.com/

[3] http://repo.eepis-its.edu/269/1/7107030037_m.PDF

[4] http://litbang.depkes.go.id/

[5] http://lombablogpureit.blogdetik.com/

[6] http://www.pureitwater.com/ID/

[7] http://pppl.depkes.go.id

Tulisan ini asli karya penulis sendiri dan sedang diikutsertakan dalam

LOMBA BLOG PURE IT bersama BLOGDETIK

Air layak minum pure it

8 thoughts on “Sudahkah Air Minum Anda Layak Dikonsumsi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s