Ini Siantar Man!

Mungkin semua orang sudah tau kota Medan, tetapi belum tentu kenal dengan kota Pematangsiantar, letaknya sebenarnya tidak jauh dari kota Medan. Pematangsiantar disebut juga kota kedua terbesar di Sumatera Utara setelah Medan tentunya. Aku memang besar disana, meski tidak lahir disana tetapi cukup banyak waktu yang kuhabiskan di Pematangsiantar. Sekedar menginformasikan kepada sahabat blogger, Wakil Presiden ketiga RI Adam Malik lahir di kota Pematangsiantar loh..🙂

‘Tak kenal maka tak sayang‘ begitu kata peribahasa. Maka itu, yuk aku perkenalkan dengan potensi kota Pematangsiantar kepada semua sahabat blogger di Indonesia.

1. Potensi Budaya

Di Pematangsiantar itu sepertinya ada tiga suku asli yaitu  Batak Toba, Batak Simalungun dan Melayu. Setidaknya selama aku tinggal disana dulu, orang-orang sekitarku juga tetangga terdiri dari ketiga suku itu, kebanyakannya ya.. Sebagian juga ada suku Jawa yang telah lama transmigrasi dan menjadi warga resmi kota Pematangsiantar. Aku melihat, kecintaan masyarakat pada budaya yang ada. Dimana, semua suku bebas melakukan kegiatannya masing-masing tanpa saling menganggu. Sejak TK, SD, SMP, anak-anak di sekolah sudah diajarkan tari daerah tor tor, bahasa daerah batak toba dan simalungun, serta budaya lainnya. Ini membuktikan sebenarnya kota Pematangsiantar, punya potensi untuk mengembangkan berbagai budaya yang ada. Mungkin dengan membangun gedung kesenian serta mengadakan pesta rakyat tahunan bisa semakin meningkatkan kualitas dan kemampuan putra daerah terutama dalam rangka meningkatkan kecintaan pada tanah air.

 

2. Potensi Wisata

Setelah Becak Siantar diangkat di berbagai media baik di televisi maupun di media lainnya, becak Siantar berubah menjadi objek wisata ketika orang berkunjung ke Pematangsiantar. Becak Siantar itu sangat unik karena menggunakan sepeda motor BSA (Birmingham Small Arms) sebagai penggeraknya. Awalnya becak Siantar hanya sebagai alat transportasi. Lama-kelamaan, bertambah fungsi sebagai ikon Kota Pematangsiantar. Keren ya….

Ini dia penampakan Becak Siantar, unik ya…

Untuk menjaga dan melestarikan keberadaan Becak Siantar, aku menyarankan agar dibuat Museum Becak Siantar. Tentu saja, selain dapat menjadi objek wisata baru di Indonesia juga sekaligus melestarikan becak Siantar dari kepunahan dan kerusakan.

3. Potensi Religi

Satu lagi, potensi wisata yang menarik di Pematangsiantar adalahVihara Avalokitesvara Dewi Kwan Im. Terletak di Jalan Pane cukup dekat dengan perkotaan. Di dalamnya terdapat patung Dewi Kwan Im yang sangat tinggi yaitu 22,8 meter yang ternyata Vihara dengan patung Dewi Kwan Im terbesar di Indonesia. Ini termasuk potensi wisata sekaligus religi bagi umat Budha di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran bagi pengunjung dari manapun untuk menjaga kebersihan di berbagai objek wisata seperti di wilayah Vihara ini misalnya, agar terus membawa harum kota Pematangsiantar.

4. Potensi Perkebunan

Selama aku tinggal di kota yang kedua terbesar di Sumatera Utara itu, aku sangat sering diajak berkunjung ke perkebunan kelapa sawit. Karena beberapa keluarga besar memang ada yang tinggal di daerah tersebut. Bahkan di daerah tertentu hampir setiap keluarga memiliki lahan perkebunan kelapa sawit sendiri meski tidak luas tetapi menunjukkan bahwa komoditi kelapa sawit cukup populer di Pematangsiantar. Potensi ini jika dikembangkan dengan metode pemberdayaan masyarakat yang menguntungkan petani-petani kecil tentu akan dapat mengembangkan kualitas dan kuantitas komoditi kelapa sawit asal Pematangsiantar.

Demikian kayaknya berbagai daerah di Indonesia, semoga saja kita selalu bisa menjaga bersama-sama dan menjadi pengunjung yang cerdas ketika dimanapun kita berkunjung. Sahabat Blogger yang belum pernah ke Pematangsiantar silakan datang, sebenarnya masih banyak potensi lainnya seperti kuliner tapi untuk yang muslim sebaiknya perhatikan kehalalan makanannya ya, karena di Pematangsiantar masih banyak tempat makan yang belum halal. be ware…🙂

Yuk Peduli Potensi Daerahmu!

Kontes Blog #3TahunWB – Warung Blogger Peduli Potensi Daerah

16 thoughts on “Ini Siantar Man!

  1. wow…. keren……😀
    asli ane tertarik banget tuh naek becaknya hihihihi mantap mantap
    ekhem…. harus nabung berapa duit nih buat kesana….🙂

    semoga menang ya bund

    • iya cobain becaknya goyangnnya mantapp….ga harus nabung banyaklah klo mau naik bus bisa 3 haru 2 malam, atau naik pesawat 400rb ke medan dari medan naik bus 20rb turun di terminal di Siantar nyampe deh… ga mahalkan🙂

  2. Wah menarik! Mei lalu saya touring dari Sabang sampai Toba, sayang belum mampir ke Siantar. Jadi pengin…

  3. Mau dong… nunut nginep di rumah yg punya perkebunan sawit…. hihi…

    Lihat foto tari Tor Tor… jadi inget film semacam princess diary yg mengajarkan berjalan seimbang dengan meletakkan buku di atas kepala. hihi… hebat nih… kecil2 sudah bisa berjalan seimbang ala bangsawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s