[Review] : (Bukan) Salah Waktu

1Judul: (Bukan) Salah Waktu
Pengarang: Nastiti Denny
Penyunting: Fitria Sis Nariswari
Cetakan: I, Desember 2013
Penerbit: Penerbit Bentang
Tebal: 248 halaman
ISBN: 978-602-7888-94-4
Harga: Rp 39.100 (beli di bukubukularis.com)

Review
Alasan saya membeli buku ini, selain karena statusnya sebagai Pemenang Naskah Pilihan Lomba Novel “Wanita Dalam Cerita”, juga karena desain sampulnya yang bersih dan simpel. Gambar sebuah jam beker dengan pita ungu di sisi kanan mempermanis nuansa efek wanita dengan warna lembut yang enak dipandang mata, membuat saya berharap akan mendapatkan kisah wanita dalam cerita masa lalunya yang dapat membuat saya tertegun, tersenyum atau bahkan menitikkan air mata.

Ternyata saya benar. Novel ini berbeda, karena Sekar – tokoh utamanya adalah seorang wanita yang mempunyai masalah dengan masa lalunya. Namun, meskipun kecewa pada masa lalunya, Sekar tetap berusaha kuat menghadapi hidupnya. Dia dikelilingi dengan orang-orang yang juga memiliki kisah masa lalu yang membuatnya akhirnya dapat berdamai dengan yang namanya ‘masa lalu’ juga dengan segala trauma dalam dirinya.

rodame2

(+) Gaya bahasanya ringan dan deskriptif. Membuat saya dapat membaca dengan nyaman tanpa harus membuka kamus besar bahasa Indonesia karena tidak ada diksi level tinggi atau kalimat-kalimat puitis seperti dalam novel fiksi romance lainnya.

(+) Setting tempat cukup tajam. Beberapa lokasi yang disebutkan cukup mudah saya bayangkan lokasinya. Terutama beberapa tempat di Bogor, seperti toko roti unyil yang berhasil digambarkan dengan keadaan yang sebenarnya.

(+) Semua tokoh dalam cerita ini mempunyai karakter cukup kuat. Penulis sukses membuat saya merasa sedikit sebal pada Sekar. Begitu juga dengan karakter tokoh pendukung. Saya dapat dengan mudah membayangkan sosok Prabu, suami yang penuh kasih sayang dan pengertian, Ibu Sekar yang tegar meski masa lalunya sangat menyakitkan.

(+) Plot yang tidak terasa lambat di awal. Meskipun alur yang digunakan adalah alur maju dengan beberapa adegan flashback.  Cukup mudah saya pahami.

(+) Saya suka paragraf pembukanya, membuat penuh tanya dan tak bisa berhenti membaca kelanjutannya ceritanya.

(+) Judul dan desain sampul yang cukup mewakili inti cerita. Judul berkarakter dan desain sampul yang sederhana namun penuh teka teki sangat sesuai untuk cerita Sekar dengan kehidupannya. Saya merasa bahwa novel fiksi ini cukup romance. Karena adanya adegan romantis terutama pada hubungan isteri (Sekar) dan suami (Prabu).

(-) Blurb cukup menarik tapi sedikit kurang sesuai dengan isi, agak bernada pesimis padahal sebaliknya Sekar justru optimis pada masa depannya, masih kurang menggigit.

(-) Ada bagian cerita yang sedikit bisa ditebak di bagian pertemuan Sekar dengan seorang kakek dan anak bernama Wira. Padahal saya mengharapkan teka teki yang sedikit lebih sulit ditebak.

(-) Ada inkonsistensi nama Yayasan yang didirikan Ibunya Sekar, apakah namanya Yayasan Jalinan Kasih atau Yayasan Tali Kasih. Pekerjaan Ayah Prabu, apakah Direktur perusahaan minyak atau pejabat di badan pertanahan. Ini sempat membingungkan saya.

(-) Ada beberapa pemenggalan kata yang agak mengganggu saya, seperti: meng-erti, mun-gkin. Ada penulisan kata asing yang tidak di-italic seperti: partner. Dan saya menemukan kata yang kurang satu huruf  pada kata ‘semingu’.

Rating
Saya memberikan empat dari lima bintang untuk novel ini. Novel fiksi romance ini unik dan berbeda karena menitikberatkan pada masa lalu untuk ‘move on‘, buku ini layak dibaca🙂

 rodame3

 Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Review Novel (Bukan) Salah Waktu

https://rodamemn.files.wordpress.com/2014/05/6977f-banner.jpg

Leave a Reply

