Mall di Bekasi : Summarecon Mal Bekasi Plus Festival Kuliner Pasar Senggolnya

“Mall di Bekasi,  Summarecon Bekasi, berita hangat…”, teriak si bapak.

Summarecon Mal Bekasi…(dengan nada heran)”, saya baru dengar pak, ucapku pada bapak penjual koran.

“Ada Festival Kuliner Pasar Senggol didalamnya teh..”, saya bener-bener tambah penasaran.

Akhirnya saya pun membeli koran itu, sepertinya koq keren sekali penampakannya terus ada festival kuliner segala. Berita pagi ini membuat saya sangat penasaran, dengan seksama saya pun membaca dengan perlahan informasi di koran itu.

malldibekasisummareconmal2

Karena sangat penasaran setelah membaca berita tentang Summarecon Mal Bekasi, akhirnya saya mencoba menelusuri lewat pencarian di search engine. Dan saya menemukan ada 3 hal yang membuat Summarecon Mal Bekasi ini berbeda dengan mal lainnya di Jakarta, yaitu:

1. Terletak di Kawasan Terpadu Summarecon Bekasi

Dikembangkan di atas lahan seluas lebih dari 240 ha, Kota Summarecon Bekasi dirancang sebagai compact city sebuah kota modern yang dilengkapi berbagai fasilitas modern. Summarecon Bekasi kelak menjadi pusat komersial terkemuka untuk kawasan Bekasi dan sekitarnya. Summarecon Bekasi dirancang sebagai kota yang menyeimbangkan kehidupan modern dengan lingkungan alam yang harmonis. Summarecon mal adalah salah satu fasilitas yang disediakan di Kawasan Terpadu Summarecon Bekasi termasuk Fresh Market, Office Park dan Down Town.

Bahkan tersedia ruang terbuka hijau pada Kawasan Terpadu Summarecon Bekasi dengan jalur pedestrian yang hijau yang menghubungkan seluruh cluster yang ada di Summarecon Bekasi, sehingga sangat nyaman untuk para pejalan kaki tanpa harus selalu menggunakan kendaraan roda empat. Sungguh inilah kawasan hunian modern yang nyaman, bersih dan bebas polusi.

2. Pusat Perbelanjaan Keluarga dan Ramah Lingkungan

Summarecon Mal Bekasi adalah sebuah pusat perbelanjaan dan hiburan di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Mal ini memang tergolong masih baru, yang dibuka tahun 2013. Mal ini memiliki luas retail area lebih dari 60.000 m² dengan 167 pertokoan. Bahkan pusat perbelanjaan di mal ini dilengkapi dengan tenant-tenant berkualitas serta tersedia beragam fasilitas menarik lainnya seperti The Downtown Walk, Food Temptation, Bekasi Food City, dan Atrium yang dapat dimanfaatkan untuk penyelenggaraan even serta eksibisi. Selain itu,  mal ini dibangun dengan konsep green sehingga sangat ramah lingkungan.

Konsep environmental friendly juga dilakukan dengan membuat 3 buah danau di kota Summarecon Bekasi. Tujuannya adalah sebagai Retension Pound atau Danau Pengendali Banjir sekaligus sebagai taman air (water park). Seluruh Sistem Tata Air dan Drainase di Summarecon Bekasi bahkan ditangani oleh konsultan dari Belanda loh. Asli, keren!

Ada lagi yang lebih keren,  Summarecon Bekasi  melakukan penanganan air kotor atau limbah rumah tangga, dengan mengolah limbah tersebut ke dalam Instalasi Pengolahan Limbah melalui proses tertentu sehingga air kotor menjadi bersih kembali dan bisa dimanfaatkan untuk penyiraman tanaman sekitar. Lestari sekali! ini patut dicontoh oleh mal-mal lain di Indonesia.

3. Festival Kuliner Pasar Senggol

Event ini akan diadakan setiap tahun dan sudah dimulai sejak 2013. Festival Kuliner Pasar Senggol ini menghadirkan berbagai masakan khas asli Indonesia yang sangat banyak digemari masyarakat. Tiap tahun temanya akan berbeda-beda. Tahun 2014 ini temanya adalah “Kampung Sampireun” yang berasal dari istilah ‘Sampireun’ yang dalam Bahasa Sunda berarti singgah dan ‘Kampung’ yang berarti pedesaan. Konsepnya seperti sedang bernostalgia dengan kenangan lama dengan bentuk gubug dipenuhi aneka makanan tradisional.

Yang patut diacungi jempol lagi, Festival Kuliner Pasar Senggol mengundang sekitar 90 UKM (Usaha Kecil Menengah). Artinya Summarecon Mal Bekasi ini benar-benar perduli pada pertumbuhan UKM di Indonesia. Mengingat UKM adalah salah satu cara untuk memperkuat perekonomian Indonesia. Lama-kelamaan saya yakin Festival Kuliner Pasar Senggol akan jadi wisata kuliner terlengkap dan terbaik di Jabodetabek. Bahkan pihak manajemen Summarecon Mal Bekasi juga mengangkat maskot “Si Cepot” yang merupakan icon kebudayaan Jawa Barat.  Tidak tanggung-tanggung, semuanya dikemas dengan sangat modern tapi Indonesianya tetap kuat di dalam Summarecon Mal Bekasi.

Secara keseluruhan, Summarecon Mal Bekasi memang menawan sekali. Menarik karena di dalamnya bukan hanya ada wisata belanja keluarga, tetapi juga ada unsur pelestarian lingkungan dan kuliner asli kekayaan Indonesia. Sejauh ini, saya belum pernah mendengar mal dengan tingkat kepedulian yang tinggi pada lingkungan dan budaya Indonesia. Bahkan yang paling menarik adalah mengangkat 90 UKM di dalam lingkungan mal.

Lokasinya pun dibuat sangat asri, dimana pengunjung dan penghuni yang tinggal di Kawasan Terpadu Summarecon Bekasi disajikan dengan udara segar setiap hari plus hemat tanpa harus menggunakan kendaraan roda empat untuk bepergian ke area tertentu. Bayangkan, Summarecon Bekasi memberikan investasi kesehatan dan kemakmuran bagi semua orang yang tinggal dan datang kesana.

Saya sangat berharap kelak bisa memboyong anak dan keluarga untuk berkunjung langsung dan menyaksikan hijaunya alam di mal. Semoga di kemudian hari, mal memang bukan sekedar sebuah bangunan yang megah tanpa memperhatikan lingkungan dan identitas budaya bangsa sendiri. Jika bukan kita lagi yang mencintai lingkungan dan budaya asli Indonesia, lalu siapa lagi?

Sumber Referensi:

http://summareconbekasi.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Summarecon_Mal_Bekasi

http://www.jakartajive.com/2013/09/festival-kuliner-bekasi.html

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Keep Calm & Write Blog Writing Competition 2014″

summarecon mal bekasi

13 thoughts on “Mall di Bekasi : Summarecon Mal Bekasi Plus Festival Kuliner Pasar Senggolnya

  1. Saya belum sempat jalan-jalan ke mall sumarecon nih Mbak padahal saya setiap hari tinggal di Bekasi.
    Punya niat maen kesana hari Sabtu atau Minggu, tapi selalu pulang ke Sukabumi beberapa minggu terakhir ini.
    Bagi yang gak punya kendaraan sendiri agak susah saat ini mencapai sumarecon. Rasanya belum ada angkutan umum yg menuju kesana saat ini.

    Salam,

    • oh gitu ya pak, memang ada kelemahannya masalh angkutan umum ya pak, karena kalo kayak sy dari Bogor yang datang bingung juga klo ada angkutan umum ke sana😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s