Kids Today, Bermainlah Sepuasnya!

#kidstoday adalah pembelajar terhebat di dunia

-Rinso Indonesia

kidstoday1Anak hidup dengan dunianya, dunia imajinasi dan dunia bermain yang jadi bagian dari kehidupan masa kecil yang tak tergantikan dengan apapun. Seperti kata Rinso Indonesia, anak memang pembelajar terhebat di dunia. Lihat saja, tidak perlu lama mengajari anak, dia akan langsung merekam dan meniru apapun yang dilakukan orang dewasa. Sekali lihat langsung bisa. Oleh karenanya, membatasi bermain anak bukanlah jalan untuk mendidiknya melainkan menemani dan mengawasinya justru lebih bijak dilakukan orangtua atau orang dewasa di sekitarnya. Inilah yang Kids today butuhkan. Kids Today Project oleh Rinso adalah sebuah gerakan membebaskan anak-anak bermain di luar rumah sehingga tumbuh kembang anak jadi optimal.

Perkembangan anak tidak bisa lepas dari bagaimana dia menikmati masa bermainnya. Sebagai orangtua tentu saya ingin sekali mendukung agar kelak dia bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Dan membiarkannya bermain adalah cara terbaik untuk mendukung proses tersebut. Meski hidup di perkotaan, bukan berarti anak tidak bisa bermain seperti yang dia sukai. Sebenarnya apapun bisa jadi medianya, bermain air dengan seekor ikan kecil meski tidak memungkinkan bermain langsung di kolam ikan, karena tidak tersedia, tapi kita bisa membuat sebuah ember di depan rumah sehingga dia tetap bisa bermain tanpa kehilangan gairah bermainnya.

kidstoday2

Bermain dengan tanah, rasanya anak selalu penasaran akan apa yang ada di sekitarnya. Tidak takut kotor, semua disentuh dan dimainkannya dengan sesuka hatinya. Saya selalu memperhatikannya meski tidak pernah melarangnya bermain hingga dia puas dan pindah bermain yang lainnya. Meski tidak bisa bermain pasir seperti di pantai karena jauh dari pantai, tapi anak tetap bisa bermain dengan alam meskipun hanya di depan rumah saja. Hidup di perkotaan menuntut saya untuk cerdas, agar anak tetap bisa bermain dengan dunianya.

kidstoday4

Binatang bukanlah musuh anak-anak, anak bisa belajar banyak hal dari bermain dengan binatang misalnya kucing. Saya yakin, bersentuhan dengan binatang adalah cara bermain anak yang juga dapat merangsang perkembangan anak dengan baik. Bagaimana dia mampu mengontrol tangannya untuk tidak menyakiti binatang, bagaimana dia meraba bulu kucing yang ternyata tidak sama dengan kulitnya. Bermain di jalan di depan rumah tidak masalah, asalkan rasa penasaran bisa terpuaskan.

kidstoday3

Mandi bola di tempat permainan umum, dia bisa melihat banyak warna, merasakan berbagai sentuhan dari bola-bola, melempar, melompat, mengangkat bola dan lain-lain. Anak terlihat sangat menikmati masa bermainnya, tanpa kuatir akan kotor, debu atau keringat yang mengucur di tubuhnya karena lelah bermain. Saya selalu membiarkannya hingga puas menikmati permainannya. Saya yakin ada banyak hal yang bisa dipelajarinya untuk merangsang motorik dan kecerdasan intelektualnya kelak.

kidstoday5

Apapun jenis mainannya, baik di alam maupun bersama binatang, anak berhak bermain sesuai keinginannya. Masa kecil adalah masa terbaik dimana jutaan sel bahkan miliaran sel di otaknya berkembang dengan cepat. Baik motoriknya, intelektual dan spiritualnya akan berkembang seiring dengan apa yang dilihat, diraba, didengar dan dimainkannya. Saya yakin, meskipun tinggal di perkotaan, anak tetap bisa bermain sebagaimana mestinya. Ya kan?

Main adalah wujud tertinggi dari penelitian

-Albert Einstein

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kids Today Project Blogger Competition

8 thoughts on “Kids Today, Bermainlah Sepuasnya!

  1. Salam kenal Mak🙂 setuju banget kalau anak2, jangan terlalu banyak dilarang melainkan cukup diawasi. Eksplorasi artinya belajar. Seringkali yang mereka lihat , pegang, eksplorasi malah lebih cepat mereka pelajari/tiru dibanding yang kita sengaja ajarkan, hehe.. Memang harus pinter2 yaa jadi orangtua di perkotaan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s