Cara Mengobati dan Mencegah TB Resistan Obat

TB Resistan Obat darimana datangnya?

Seperti kita semua ketahui, kabar mengejutkan dari laporan WHO menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat 185 per 100 ribu orang menderita TB alias Tuberculosis. Dimana terdapat 460.000 kasus per tahunnya. Bisa dibayangkan jika kasus sebanyak itu tidak selesai diberantas lalu muncuk kasus baru di tahun berikutnya akibat pasien TB yang tidak disiplin mengobati dirinya maka tentu ini beban yang berat sekali untuk Indonesia, untuk kita semuanya.

Ketidakdisiplinan itulah menjadi penyebab munculnya TB Resistan obat. Pasien yang tidak menyelesaikan pengobatan yang diarahkan oleh petugas kesehatan dengan benar akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Atau sebaliknya bisa jadi petugas kesehatannya yang justru tidak melakukan apa yang semestinya (tidak tepat caranya, paduan obatnya, dosisnya, lama pengobatan dan kualitas obat yang diberikan) sehingga pasien TB berpindah menjadi pasien TB resistan obat. Ini tidak boleh terjadi!

Ada empat kelompok orang yang dapat menjadi TB Resistan obat, yaitu:

1. Mereka yang tidak menelan obat TB secara teratur atau seperti yang disarankan oleh petugas kesehatan atau dengan kata lain “Pasien TB yang tidak disiplin”

2. Mereka yang sakit TB berulang dan mempunyai riwayat pernah memperoleh pengobatan TB sebelumnya atau dengan kata lain “Pasien TB yang tidak tuntas pengobatannya”

3. Mereka yang datang dari wilayah yang mempunyai beban TB Resistan obat yang tinggi seperti Papua Nugini

4. Mereka yang melakukan kontak erat dengan seseorang yang sakit TB Resistan obat

Mengobati pasien TB Resistan Obat atau TB MDR dengan pendekatan psikologis

Sebuah informasi menyebutkan bahwa jumlah pasien TB Resistan obat atau dikenal juga dengan TB MDR meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu pengobatannya membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 18-24 bulan dengan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan pasien TB biasa. Tentu ini menjadi tambahan beban tersendiri untuk pasien TB MDR yang otomatis menambah masalah ekonomi pasien.

Selain itu, pasien TB MDR juga akan mengalami masalah psikologis seperti rasa bosan, cemas, terisolasi, depresi, kehilangan pekerjaan karena harus melakukan pengobatan yang cukup lama. Oleh karena itu pengobatannya pun membutuhkan perhatian lebih termasuk aspek psikologis pasien itu sendiri sehingga dukungan orang-orang terdekat, keluarga, teman, petugas kesehatan dan sesama pasien akan sangat diperlukan sekali. Seperti training yang dilakukan oleh TB Indonesia melalui Training Peer Educator TB MDR yang memberikan motivasi dan edukasi pasien TB MDR yang dalam proses pengobatan agar tetap bersemangat untuk melakukan pengobatan hingga sembuh.

Pendekatan-pendekatan psikologis jauh lebih efektif dalam membantu pasien TB MDR untuk semangat berobat hingga sembuh total. Pasien TB MDR sudah cukup penat dengan beban sakit dan perekonomian yang dirasakannya karenanya pendekatan dalam wujud kasih sayang, cinta dan dukungan dari orang-orang terdekat dan sekitar adalah yang terbaik yang mereka butuhkan saat ini.

Lalu, Bagaimana Mencegah pasien TB Resistan Obat atau TB MDR?

Dengan meminimalisasi jumlah dari empat kelompok orang yang berpotensi menjadi pasien TB Resistan obat atau TB MDR. Ini memang bukan pekerjaan yang mudah namun jika kita kerjakan bersama-sama. Meningkatkan kedisiplinan pasien TB untuk melakukan pengobatan hingga sembuh total dengan menjadikan pasien TB yang sudah sembuh sebagai inspirator dan motivator. Jika pendamping psikologis berasal dari mantan pasien TB yang sudah sembuh total akan lebih efektif dalam proses pengobatan pasien TB.

Sebagai masyarakat umum sekaligus blogger, kita pun bisa membantu mencegah jumlah pasien TB resistan obat atau TB MDR dengan cara aktif mempublikasikan tulisan-tulisan positif yang mampu memberi semangat untuk pasien TB mau melakukan pengobatan hingga sembuh total.

Yuk sama-sama kita tingkatkan kesehatan masyarakat Indonesia

Untuk Indonesia Sehat Bebas TB

Sumber Referensi : 

http://www.tbindonesia.or.id/

2 thoughts on “Cara Mengobati dan Mencegah TB Resistan Obat

  1. Yup, betul sekali, siapa lagi yg bisa membangkitkan semangat para penderita TB kalo bukan kita atau orang terdekatnya.. dengan cara ini, si pasien tentu merasa jauh lebih nyaman untuk segera sembuh…🙂 bagus mak ulasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s