Saatnya Membangun Karakter Bangsa Melalui Taman Mini ‘Indonesia Indah’

Negara yang besar adalah negara yang menghargai sejarahnya

Negara yang besar adalah negara yang menghargai pahlawannya

Kedua pernyataan di atas memang benar sekali, sebagai negara yang baik harusnya kita lebih mengenal sejarah negara kita dan para pahlawan yang sudah berjuang mempertahankan Indonesia ketika penjajah merajalela dan akan merebut negara kita Indonesia yang tercinta ini.

Tapi, tahukah teman-teman bahwa negara yang besar juga adalah negara yang mengenal bangsanya, mengenal budaya bangsanya, mengenal betapa kayanya Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang seharusnya kita banggakan dan syukuri. Namun, bangga dan syukur tidaklah cukup karena diperlukan upaya, aksi dan tindakan nyata yang menunjukkan rasa bangga dan syukur tersebut. Oleh karena itulah, Taman Mini Indonesia Indah yang dikenal dengan miniatur Indonesia harus dipertahankan, dijaga dan dibenahi terus-menerus agar semakin baik dari masa ke masa, dari generasi ke generasi berikutnya.

Beberapa Anjungan di TMII

Beberapa Anjungan di TMII

Dunia ini sudah cukup sesak dengan kecanggihan teknologi. Kemajuan zaman menuntut setiap negara di dunia untuk menjadi negara yang maju. Tetapi, di sisi lain di Indonesia sendiri, kecanggihan teknologi tidak boleh kita biarkan menggerus habis nilai-nilai kebangsaan kita. Tidak takutkah kita kelak kita kehilangan  generasi-generasi penerus yang mencintai tanah airnya, mengenal bangsa dan identitas negaranya serta berbagai potensi daerah, kebudayaan dan kekayaan alam yang nilainya tidak dapat digantikan dengan apapun juga. Itulah mengapa kita harus melestarikan budaya bangsa sendiri. Karena kalau bukan kita, siapa lagi. Taman Mini Indonesia Indah memberikan angin segar yang menyejukkan bagi kita semua. Ada harapan di dalamnya.

Beberapa Fasilitas di TMII

Beberapa Fasilitas di TMII

Unit Flora dan Fauna di TMII

Unit Flora dan Fauna di TMII

Beberapa Wahana Rekreasi di TMII

Beberapa Wahana Rekreasi di TMII

Kehadiran Taman Mini Indonesia Indah didirikan bukan untuk sekedar tempat rekreasi, Ibu Tien Soeharto, Ibu negara pada masa Kepresidenan Soeharto punya visi atas pembangunan Taman Mini Indonesia Indah ini. Lebih dari sekedar wisata sesaat tetapi bagaimana menanamkan dan memupuk rasa kebangsaan nasional kepada rakyat Indonesia sendiri sehingga pengetahuan dan pendidikan meningkat serta memberikan pengetahuan dan pengertian yang lebih baik kepada bangsa-bangsa lain tentang apa, siapa dan bagaimana sesungguhnya negara dan bangsa Indonesia itu.

Beberapa Museum di TMII

Beberapa Museum di TMII

Begitu kuatnya harapan beliau akan generasi-generasi yang semakin mencintai bangsanya sendiri sehingga lahirlah ide pembuatan proyek miniatur “Indonesia Indah” tersebut. Ini tidak main-main. Kita patut berbangga atas inisiatif beliau jika tidak mungkin hingga saat ini kita tidak punya sesuatu yang bisa dibanggakan untuk diperkenalkan ke bangsa lain tentang Indonesia yang besar. Tidak terasa kini usia dari Taman Mini Indonesia Indah sudah mencapai 39 tahun, usia yang tidak muda tetapi cukup matang untuk berbenah dan meningkatkan kualitas, fasilitas dan pelayanan bagi seluruh masyarakat maupun turis mancanegara yang berkunjung.  Di dalamnya terdapat begitu banyak keistimewaan termasuk potensi 33 Anjungan Daerah, 18 Museum, 7 Rumah Ibadah, taman flora dan fauna, wahana, arsipel dan bangunan komersil lainnya.

Taman Mini Indonesia Indah idealnya dikenal seluruh masyarakat tanpa memandang strata maupun status, baik yang kaya maupun yang kurang mampu, dari ujung Sabang hingga Merauke semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk mengenal bangsanya melalui Taman Mini Indonesia Indah. Agar Taman Mini Indonesia Indah semakin banyak dikenal oleh masyarakat dan turis mancanegara, maka ada dua hal yang sebaiknya dibenahi:

1. Berikan kemudahan akses menuju Taman Mini Indonesia Indah

Masyarakat Indonesia masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan, mereka juga adalah rakyat yang harus diberi kesempatan untuk mengenal bangsanya. Karena tidak mungkin menjelajahi Indonesia dari ujung Sabang hingga Merauke karena itulah Taman Mini Indonesia Indah menjadi solusi dan jawaban atas masalah ini. Hanya saja akses mereka menuju Taman Mini Indonesia Indah tentu sulit didapat, sehingga dalam rangka mewujudkan tujuan dari pendirian Taman Mini Indonesia Indah yaitu meningkatkan pengetahuan dan pendidikan, sudah seharusnya mereka diberi kemudahan. Generasi penerus bangsa dituntut untuk mengenal bangsanya sehingga anak-anak kita yang berprestasi dari berbagai daerah namun mengalami kesulitan dalam hal ekonomi, sebaiknya diundang oleh Taman Mini Indonesia Indah sehingga apa yang diharapkan Ibu Tien Soeharto juga bisa direalisasikan dengan sebaik-baiknya. Untuk generasi bangsa yang semakin mencintai negara dan bangsanya. Dengan  begitu, timbul rasa sayang pada bangsa sendiri, anak-anak semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia dan semakin ingin mempertahankan negaranya dan membanggakan negaranya di mata dunia. Ini sangat penting untuk membangun karakter bangsa!

2. Lakukan berbagai event di Taman Mini Indonesia Indah

Sekarang ini kita tahu, bahwa turis mancanegar sangat tertarik dengan event kebudayaan, etnik dan kekayaan alam. Oleh karena informasi kini sangat tidak terbatas artinya internet memudahkan turis asing untuk mengenal Indonesia lebih dalam dan lebih banyak maka memanfaatkan internet untuk mempromosikan berbagai event sangat efektif. Taman Mini Indonesia Indah seharusnya menjadi lokasi dari berbagai event kebudayaan atau alam satu-satunya yang terlengkap dalam memamerkan seluruh kekayaan budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Baik melalui media massa maupun elektronik atau poster tentang Taman Mini Indonesia Indah dapat disebar di seluruh kantor-kantor kedutaan dan bandara-bandara internasional di Indonesia. Bila perlu dibuatkan buku panduan seperti pocket book untuk mereka bisa dipandu menuju Taman Mini Indonesia Indah. Tentu saja ini juga merupakan bagian dari tujuan pendirian Taman Mini Indonesia Indah seperti yang telah disampaikan Ibu Tien Soeharto yaitu memberikan pengetahuan dan pengertian yang lebih baik kepada bangsa-bangsa lain tentang apa, siapa dan bagaimana sesungguhnya negara dan bangsa Indonesia itu. Ini pun harus direalisasikan untuk membuktikan betapa hebatnya Indonesia di mata dunia!

Menurut saya, bukan hanya kualitas bangunan dan fasilitas di Taman Mini Indonesia Indah saja yang harus dibenahi terus-menerus tetapi harus seiring juga dengan upaya pencapaian tujuan utama dari didirikannya Taman Mini Indonesia Indah itu sendiri. Masih banyak masyarakat yang jauh dari akses informasi tidak tahu tentang keberadaan Taman Mini Indonesia Indah, dan itu yang harus dijangkau. Inilah hal yang harus diwujudkan Taman Mini Indonesia Indah di ulang tahunnya yang ke-39 ini.

Namun demikian, kita pun sebagai masyarakat tidak serta-merta diam dan menunggu upaya dari pemerintah untuk memperkenalkan Taman Mini Indonesia Indah. Masyarakat juga sebaiknya berpartisipasi dalam mempromosikan Taman Mini Indonesia Indah, inilah wujud dari kepedulian kita terhadap aset negara, sebagai objek vital nasional, lembaga pelestari budaya Indonesia, wahana toleransi dan kerukunan umat, wahana keberagaman museum, sumber inspirasi peradaban bangsa, wahana perekat persatuan dan kesatuan bangsa, serta warisan budaya takbenda kategori Best Practices UNESCO. Seluruh pihak harus bergandengan tangan untuk mendukung tercapainya tujuan pendirian Taman Mini Indonesia Indah.

Beberapa Tempat Ibadah di TMII

Beberapa Tempat Ibadah di TMII

Beberapa hal yang dapat  kita lakukan dalam membantu dan menjaga Taman Mini Indonesia Indah di usia yang ke-39 ini adalah:

1. Cintai budaya bangsa sendiri

Satu-satunya yang seharusnya mencintai dengan sungguh-sungguh budaya bangsa Indonesia adalah kita, bangsa Indonesia, seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang kedudukan, status, dan perbedaan lainnya. Kita semua hidup dan berpijak di negara yang kita cintai ini sudah seharusnyalah kita menjaga dan mempertahankannya bersama-sama. Wujud dari rasa cinta budaya bangsa tersebut bisa kita lakukan dengan lebih banyak mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai kebangsaan seperti Taman Mini Indonesia Indah ini. Sekolah-sekolah atau para guru, orangtua dan komunitas lainnya di Indonesia sebaiknya membuat sebuah kegiatan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah setiap tahunnya sehingga setiap generasi mengenal kebudayaan dan kekayaan Indonesia dan semakin timbul rasa cinta pada bangsanya sendiri. Lagi-lagi ini juga untuk membangun karakter bangsa!

2. Ikut mempromosikan Taman Mini Indonesia Indah

Sekarang ini, setiap orang bisa menjadi jurnalis karena media pemberitaan online memungkinkan siapapun yang memiliki akses ke internet untuk menjadi jurnalis. Baik melalui media blog maupun citizen journalism. Kita semua bisa ikut mempromosikan Taman Mini Indonesia Indah melalui berbagai tulisan kita di media tersebut. Tentu saja dengan adanya promosi dari masyarakatnya sendiri, Taman Mini Indonesia Indah dapat lebih dikenal oleh siapapun termasuk oleh warga asing di berbagai belahan dunia. Terutama bagi masyarakat yang memiliki kemampuan bahasa asing seperti Inggris, Jepang, Mandarin dan lainnya sehingga lebih mudah dikenal oleh bangsa lain di dunia.

3. Memberi contoh dengan menjadi pribadi yang bersahaja

Jika berkunjunga ke tempat-tempat manapun termasuk ke Taman Mini Indonesia Indah sebaiknya jadilah pribadi yang bersahaja, bermoral baik sehingga mampu memberi contoh baik kepada siapapun termasuk turis asing yang sedang berkunjung. Mulai dari hal kecil saja, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan, berperilaku yang santun pada siapapun selama berkunjung. Hal-hal seperti itu, memang sering disepelekan tetapi percayalah hal besar dimulai dari hal kecil.

Di ulang tahun Taman  Mini Indonesia Indah yang ke-39 ini, semoga ke depannya Taman Mini Indonesia Indah bukan cuma sekedar dibanggakan karena merupakan miniatur Indonesia saja tetapi justru dibanggakan karena mampu mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter, yang mencintai bangsanya dan dapat diandalkan dimanapun dan hingga kapanpun.

Sumber Referensi dan Gambar: http://tamanmini.com/

Sumber Video: http://www.youtube.com/

Tulisan ini asli merupakan hasil karya saya sendiri dan belum pernah dipublikasikan ke media manapun atau dikutsertakan dalam lomba sejenis.

One thought on “Saatnya Membangun Karakter Bangsa Melalui Taman Mini ‘Indonesia Indah’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s