Aplikasi Anak Cerdas Bikin Ketagihan

Aplikasi anak cerdas… temuan dan terobosan yang dilakukan AcerID luar biasa loh bunda. Bayangkan betapa sulitnya kita sebagai orangtua memisahkan anak-anak dari yang namanya gadget, iya kaaan?. Mana kita ga bisa ngawasin mereka 24 jam apalagi kalo sedang main dengan gadgetnya. Terus gimana caranya supaya anak kita bisa tetep fun namun belajar sesuatu dari gadget. Ada caranya bunda…. kasi tau ga ya?

Setelah aku memasukkan aplikasi anak cerdas di hape, aku mulai mengotak-atik isinya. Aku bahkan menemukan banyak hal yang aku belum pernah temukan di aplikasi anak lainnya yang bisa didownload di hape.

anakcerdas

Anakku memang belum bisa baca tulis, karena usianya baru 1 tahun 9 bulan. Meski begitu, aku berharap kelak bisa mengenalkannya dengan aplikasi anak cerdas.

7 Kelebihan Aplikasi Anak Cerdas:

Anakcerdas1

7 Kelebihan Aplikasi Anak Cerdas (sumber : disini)

Keterangan Gambar:

1. Fitur “Latihan Yuk!” : menyediakan soal-soal yang menarik sesuai kurikulum pendidikan

2. Fitur “Mari Bermain” : berisi rekomendasi aplikasi pilihan sesuai dengan umur anak

3. Fitur “Zona Anak” : dapat disesuaikan dengan umur dan kebutuhan anak

4. Fitur “Izin Unduh” dan “Atur Aplikasi” : memproteksi anak dari pilihan permainan atau aplikasi yang kurang sesuai dengannya

5. Fitur “Laporan Penggunaan” : memantau aktivitas keseharian anak bersama tablet-nya

6. Fitur “”Latihan Yuk!” : mengamati perkembangan anak secara berkala

7. Fitur “Dunia Tekno” : menambah wawasan dan pengetahuan dengan belajar bersama melalui menu Dunia Tekno

Yuk, lihat bagaimana serunya saat mengenalkan aplikasi anak cerdas pada orangtua dan anak-anak yang berada sekitarku. Meski tidak bisa dibilang mewakili anak-anak se-Indonesia, tetapi bagiku dua orang anak yang menjadi nara sumberku dalam menggunakan aplikasi anak cerdas ini sangat luar biasa, karena mereka sangat excited dan banyak tanya *artinya mereka anak-anak cerdas kaaan…🙂

1. Dessy atau biasa dipanggil Sissy, kelas 2 SD di SD Pertiwi Bantar Kemang Bogor

“assalamualaikum, ibu, sissy…”, sapaku di depan rumah mereka.

“iya, waalaikumsalam, ada apa?”, ibu sissy kaget melihat kedatanganku yang tiba-tiba.

“apa ini”, tanyanya dengan penuh tanda tanya.

“Ibu, sissy… tante mau ngenalin aplikasi anak cerdas buat belajar dan bermain, mau coba?”, tanyaku.

“Ada sains-nya ga?, matematika ada?”, tanyanya dengan semangat.

“oh ada, ada…yuk kita lihat sama-sama”, jawabku dengan penuh semangat.

Selesai membuat profil Sissy, si penyuka warna pink ini. Aku mengajak ibundanya Sissy duduk bersama untuk menjelaskan aplikasi anak cerdas secara sederhana. Tujuannya agar orangtua juga kenal dengan aplikasi anak cerdas sehingga percaya bahwa anak dapat belajar dengan sungguh-sungguh meski dengan gadget di tangannya. Bahwa aplikasi anak cerdas itu sangat menarik, sehingga anak ga cuma bisa mainin gadget tapi juga belajar dan berlatih soal-soal berbagai mata pelajaran di sekolah melalui aplikasi anak cerdas.

anakcerdas

Dokumentasi Pribadi

Setelah orangtua memahami maksud dan tujuanku, akhirnya para ibundanya mengizinkan anak-anaknya untuk mencoba aplikasi anak cerdas. Sissy aja udah ga sabar kepengen langsung coba. Yuk, kita lihat betapa semangatnya Sissy belajar sains pake aplikasi anak cerdas seolah-olah menemukan mainan baru tapi bisa untuk menemaninya belajar. Orangtua pun turut tenang karena aplikasi anak cerdas ternyata sangat aman bagi anak.

anakcerdas9

Dokumentasi Pribadi

Setelah menjelaskan kepada ibunya Sissy bagaimana dan manfaat aplikasi anak cerdas, ibundanya dengan cermat menemani kami sambil Sissy bersiap mengerjakan semua soal sains kelas 2 level 1-nya. Kehadiran orangtua memang memberi semangat buat Sissy agar bisa menjawab dengan sempurna semua soal. Lihat aja ekspresi Sissy yang riang dan penuh senyum sambil membuat profilnya dan memilih warna kesukaannya sendiri.

anakcerdas3

Dokumentasi Pribadi

anakcerdas4

Dokumentasi Pribadi

Ketika mulai mengerjakan soal, Sissy kelihatan sangat serius sampai beberapa kali melirik ibundanya dan senyum karena ada beberapa pertanyaan yang menurutnya sulit sehingga dia harus berpikir keras untuk mengingat jawaban yang benar. Sambil menggigit jari jempolnya dia berusaha menjawab pertanyaan dari aplikasi anak cerdas.

anakcerdas11

Dokumentasi Pribadi

Sudah mulai gelisah nih, sampai berdiri terus duduk lagi. Sepertinya aplikasi anak cerdas ini membuatnya semakin serius dan ga mau kalah. Semangatnya untuk menjawab soal benar semua bikin dia berpikir keras. Ini pengalaman pertama buat kami berdua, pertama kali Sissy belajar dengan aplikasi anak cerdas dan pertama kali mengajar anak-anak buatku sendiri. Sungguh menyenangkan sekali!

anakcerdas5

Dokumentasi Pribadi

Akhirnya, Sissy pun selesai mengerjakan semua soal sains level 1-nya, sebenarnya menurutku nilai cukup bagus karena cuma salah satu dari 20 soal yang ada tapi Sissy berulang kali minta lanjut ke level 2. Akhirnya kuberikan level 2 dan meski jumlah yang benar menurun tetapi dia terus minta untuk diulangi lagi dan lagi sampai benar semua. Luar biasaaa semangatnya anak ini, pikirku dalam hati.

2. Salman, kelas 1 SD di SD Islam Ibnu Hajar Bogor

Di tengah-tengah akan selesai dan akan pamit pulang, datanglah Salman, ibundanya dan kedua adiknya yang masih kecil dan belum sekolah. Aku mengajak Salman untuk ikutan mencoba aplikasi anak cerdas, dan ibundanya langsung memberi izin. Salman senang sekali bahkan ketika masih mengerjakan bersama Sissy, Salman curi-curi pandang ingin tau seperti apa aplikasinya.

“mau coba?”, tanyaku.

“mau..”, jawabnya sambil menganggukkan kepalanya.

Anak ini begitu tenang dan diam tapi tangannya mengentuh layar dan mengerjakan soal sains kelas 1 level 1 dengan sangat lancar dan yakin. Sampai akhirnya Salman berhasil menyelesaikan semua soal dan benar saja, jawabannya benar semua kecuali satu soal yang dia tidak mampu jawab yaitu tentang penyakit panu yang berada di bagian kulit pada tubuh manusia. Aku kagum bukan main. Meski masih kelas 1 tapi dia cukup cerdas dan tenang dalam menggunakan aplikasi anak cerdas ini.

anakcerdas6

Dokumentasi Pribadi

Alhamdulillah, aku ikut senang dengan apresiasi Sissy, Salman dan kedua bunda serta adik-adiknya yang menemaninya sambil bermain tenda-tendaan di samping kami. Mereka adalah contoh keluarga yang ingin dan senang memanfaatkan teknologi untuk hal yang positif seperti untuk belajar, aplikasi anak cerdas ini contohnya. Ini benar-benar pengalaman yang luar biasa bagiku, banyak pelajaran dan hikmah dari perkenalan kami dengan aplikasi anak cerdas ini. Selain menyenangkan juga membuat anak-anak dan orangtua semakin cerdas.

Berikut ini ada video pengalamanku bersama Sissy dan Salman juga keluarganya ketika menggunakan aplikasi anak cerdas, yuk kita saksikan bersama-sama…🙂

anakcerdas7.jpg

anakcerdas8.jpg

Kami sudah menggunakan aplikasi anak cerdas loh…

Bagaimana dengan bunda dan putra/i nya?

Tunggu apa lagi, aman dan menyenangkan…🙂

Sumber Referensi : http://www.acerid.com/

 Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia

39 thoughts on “Aplikasi Anak Cerdas Bikin Ketagihan

  1. Anakku juga semangat sekali belajar nya mak setelah kuinnstall aplikasi anak cerdas. Mau lagi dan lagi. Saya belum bikin reviewmya nih..:)

  2. sy gak bisa donlot nih mak, di android misua, trus coba di laptop pake bluestacks yang ditutorialin sm Mak Moocen Susan… gagal juga, stuck di loading … ya sudah deh…soale di Ipad kan ga bisa ya..
    sukses contestnya mak

  3. Wow keren sekali mak langsung dikenali ke anak2 dan minta mereka untuk mencoba… Salut… Ulasannya bagus dan menarik. Sukses ya mak🙂

    Salam hangat,
    Zia

  4. Pingback: Pemenang Lomba Blog Aplikasi Anak Cerdas Acer dan KEB
  5. wah benar-benar mantab Mak , Salut deh buat Emak. Wuich jadi ingat saya instal applikasi Game Anak Pintar untuk empat keponakan saya yang masih TK dan SD kelas 1. Betapa senang bukan kepalang mereka sama Gadged saat ini yang semakin lama super canggih . Dan seru lagi Emak keponakan saya yang masih berumur 3 tahun suka dibacain cerita Nabi. Kan ada juga tuch di PlayStore . Sayang, kemarin ketinggalan info lomba ini, hehe. Tak salah pula jika juri memilih karya spektakuler ini.

    Good luck and congratulation yah Mak. Ikut senang dech

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s