[Karena] Indonesia Hebat

indonesia_admin_map

Peta Indonesia (sumber gambar: disini)

Siapa yang tidak bangga menjadi orang Indonesia, masyarakat dunia menyaksikan dan mengakui hal tersebut. Kita jangan selalu melihat hal yang kurang baik dari Indonesia karena semestinya tugas dan kewajiban kita jualah membawa dan mempertahankan Indonesia apapun yang terjadi kelak.

Ada 4 hal yang membuat Indonesia Hebat:

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke, semuanya memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah. Mulai dari kekayaan bahari, kekayaan tambang, aneka satwa, aneka flora yang tidak ditemukan di negara lain. Berikut ini fakta bagaimana hebatnya kekayaan alam Indonesia:

Spesies langka

National Geographic mencatat, baru-baru ini telah ditemukan sebuah spesies tawon terbesar hingga diberi nama “King of Wasps” di dunia dan spesies cencurut rumah dan burung Togian white-eye yang terdapat di Sulawesi, Indonesia. Selanjutnya telah ditemukan hiu berjalan “walking sharks” dari 50 spesies baru yang ada di terumbu karang Indonesia. Belum lagi terdapat beberapa spesies-spesies langka yang hanya ada di Indonesia, seperti: Orang Utan, Harimau Sumatera, Badak Bercula Dua, Burung Cendrawasih, Anoa, Tapir dan masih banyak hewan langka lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tawon Raksasa di Pulau Sulawesi Indonesia (sumber gambar: disini)

Tawon Raksasa di Pulau Sulawesi Indonesia (sumber gambar: disini)

Walking Sharks di Terumbu Karang Indonesia (sumber gambar: disini)

Walking Sharks di Terumbu Karang Indonesia (sumber gambar: disini)

Spesies baru "Cecurut Rumah" di Sulawesi Indonesia (sumber gambar: disini)

Spesies baru “Cecurut Rumah” di Sulawesi Indonesia (sumber gambar: disini)

Tanaman rempah-rempah dan herbal terbanyak dan beragam

Dari jaman penjajahan dulu, Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan rempah-rempah bahkan diperdagangkan hingga ke seluruh pelosok dunia. Banyak rempah asli Indonesia yang kini diperbanyak oleh bangsa lain karena berdaya jual tinggi dan langka di negara lain. Sebut saja cengkeh, lada, pala, kayu manis, adas, kapulaga dan jinten putih. Indonesia juga merupakan sumber dimana pohon Kina berada, obat malaria pertama yang ditemukan orang asing di Indonesia. Kini banyak dikenal dengan nama pil Kina.

Rempah-rempah Indonesia (sumber gambar: disini)

Rempah-rempah Indonesia (sumber gambar: disini)

Pohon kina "obat malaria pertama di dunia" (sumber gambar: disini)

Pohon kina “obat malaria pertama di dunia” (sumber gambar: disini)

Kekayaan Alam Pertambangan

Indonesia dikenal dengan sebutan “cincin api” dimana Indonesia dikelilingi oleh gunung-gunung berapi aktif yang siap meletus kapanpun itu terjadi. Setelah beberapa tahun ini kita menerima berkah atas letusan gunung berapi, bukan berarti semua kejadian itu mengecewakan. Jika ditelisik lebih dalam, dilihat dari sisi baiknya, sebenarnya meletusnya gunung berapi akan memberikan kesuburan pada tanah yang terkena letusan gunung berapi dimana akan memberi hasil pertanian yang lebih baik. Selain itu, gunung-gunung di Indonesia banyak membawa berkah karena di dalamnya terdapat kekayaan tambang yang nilainya tak terkira. Beberapa kekayaan alam pertambangan yang dilirik oleh dunia seperti; Tambang Timah di Propinsi Bangka Belitung, Tambang Emas di Papua, Nusa Tenggara dan Sumatera, Tambang Batubara di Kalimantan dan tambang-tambang lainnya.

Pertambangan Emas Terbesar di dunia di Papua Indonesia (Sumber gambar: disini)

Pertambangan Emas Terbesar di dunia di Papua Indonesia (Sumber gambar: disini)

Meski demikian, kisah pertambangan di Indonesia telah menelan banyak kekecewaan karena dirasa telah memperkaya pihak asing dan tidak sedikitpun menyejahterakan masyarakat sekitarnya, bahkan jalan-jalan dan infrastruktur yang digunakan masyarakat disana terbengkalai hingga tidak layak untuk digunakan. Lalu dimana peran pemerintah untuk menegur perusahaan-perusahaan yang kurang bertanggungjawab itu, jika bukan karena kebaikan hati masyarakat disana sudah barang tentu pertambangan tidak akan berjalan seperti sekarang ini. Wajar saja, ada kemarahan masyarakat seperti yang terjadi di Papua, ketidakpuasan masyarakat atas pertambangan yang ada di daerah mereka membuat mereka geram dan mudah terprovokasi akibatnya justru merugikan bangsa sendiri karena yang tertembak adalah saudara kita sendiri orang Indonesia.

Sayangnya, kekayaan SDA ini tidak diiringi dengan kesadaran berbagai pihak untuk mengembangkan dan melestarikannya dengan sebaik-baiknya. Kita masih ingat, bagaimana kebakaran hutan di Kalimantan mencoreng nama baik Indonesia di mata dunia karena memakan korban para orang utan. Belum lagi kisah bermatiannya satwa di kebun binatang Surabaya yang masuk dalam pemberitaan dunia. Kasus pembakaran hutan yang disebut-sebut untuk membangun lahan perkebunan sawit yang berdampak buruk pada lingkungan dan berbagai isu lainnya. Jika dunia saja tidak rela itu terjadi, bagaimana mungkin kita hanya bisa duduk tenang tanpa merasa gerah sedikitpun atas tindakan-tindakan oknum tak bertanggungjawab tersebut. Pertegas peraturan, tegakkan keadilan tanpa pandang bulu, angkat kembali nama baik bangsa Indonesia menjadi negara yang kaya alamnya dengan bertanggungjawab dan mengelolanya secara benar dan baik.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Indonesia dengan jumlah penduduk kurang lebih 221 juta jiwa, dimana di dalamnya terdapat orang-orang hebat yang tersebar hingga ke seluruh pelosok dunia. Ga percaya? Ini dia orang-orang hebat asli Indonesia:

Tokoh Politik Ternama sekaligus Presiden Indonesia pertama yang pidatonya memukau banyak pemimpin dunia termasuk Nelson Mandela. Soekarno bahkan berhasil menginspirasi Mandela dalam memperjuangkan nasib bangsa Afrika Selatan. Nama Soekarno bahkan diabadikan menjadi nama jalan di dua negara di dunia yakni di Maroko, Mesir dan Pakistan.  Negara Rusia bahkan menamai sebuah mesjid dengan nama Mesjid Biru Soekarno di St. Petersburgh. Sementara di Kuba, telah diterbitkan sebuah seri perangko yang bergambarkan Presiden RI pertama Soekarno dengan Fidel Castro tahun 2008.

Indonesia Hebat Soekarno

Soekarno (sumber gambar : disini)

Profesor termuda berasal dari Indonesia, dia bernama Nelson Tansu. Pria kelahiran 20 Oktober 1977 ini adalah pakar teknologi nano. Nelson, mampu memberdayakan sinar laser dengan listrik superhemat. Sementara sinar laser biasanya perlu listrik 100 watt, di tangannya cuma perlu 1,5 watt. Pada usia yang belum 32 tahun, Nelson diangkat sebagai profesor di Universitas Lehigh. Itu setelah ia memecahkan rekor menjadi asisten profesor termuda sepanjang sejarah pantai timur di Amerika.

Indonesia Hebat Nelson Tansu

Nelson Tansu “Professor Termuda di dunia” (sumber gambar: disini)

Desainer muda kelas dunia Tex Saverio yang dikenal dengan julukan ‘Alexander McQueen-nya Indonesia’ ini dari kecil memang hobi menggambar. Pria muda ini semakin dikenal di dunia setelah beberapa selebriti dunia seperti Kim Kardashian pun turut berpose untuk majalah mode di Amerika sambil memakai gaun dari koleksi keduanya, Le Glacon. Dia kembali mendapat kehormatan untuk merancang busana pengantin yang dikenakan Jennifer Lawrence saat berperan dalam film The Hunger Games: Catching Fire.

Karya Tex saverio dalam film hollywood "hunger games"

Karya Tex saverio dalam film hollywood “hunger games” (sumber gambar: disini)

Desainer sepatu populer di industri mode dunia Niluh Djelantik adalah satu dari desainer sepatu yang kini banyak disorot dunia karena kepiawaiannya dalam menciptakan kenyamanan dan keunikan pada alas kaki alias sepatu terutama high heels dengan tumit berukuran hingga 12 cm. Semua dikerjakan dengan berbahan dasar kulit dan terbuat oleh tangan-tangan manusia bukan mesin. Sehingga kualitasnya sangat terjaga dan semenjak banyak diburu artist dunia seperti: Uma Thurman, supermodel Gisele Bundchen dan Tara Reid, dan Robyn Gibson (mantan istri Mel Gibson). Sepatu made in Bali ini kini sudah dipajang di ratusan etalase di 20 negara di dunia.

Niluh Djelantik "desainer sepatu favorit artis dunia"

Niluh Djelantik “desainer sepatu favorit artis dunia” (sumber gambar: disini)

Anak muda berbakat, Muhamad Iman Usman seorang pendiri Indonesian Future Leaders (IFL) sekaligus penerima Youth Achiever Recognition Award dari PBB adalah satu dari anak muda Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di dunia lewat ide-idenya. Anak muda kelahiran Padang, 21 Desember 1991, melalui blog-nya Indonesian Future Leaders (IFL) telah memberikan manfaat pada 32 ribu orang, khususnya anak muda. Mengenai prestasinya melalui blog tersebut, Iman bahkan memperoleh penghargaan Microsoft Bloggership Termuda tahun 2011. Organisasi yang dibangunnya ini adalah sebuah organisasi kepemudaan non profit yang bertujuan untuk memberdayakan anak muda sehingga mampu menjadi agen-agen perubahan yang konstruktif sekaligus menjadi solusi bagi berbagai permasalahan sosial di Indonesia.

Indonesia hebat

Muhammad Iman Usman (sumber gambar: disini)

Ahli Genetika, Muhammad Arief Budiman disebut-sebut sebagai salah satu dari enam eksekutif kunci perusahaan genetika itu. Genetika adalah sebuah cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari gen yakni pembawa sifat pada makhluk hidup. Peranan ilmu ini akan semakin penting di masa depan termasuk dalam melawan penyakit, rehabilitasi lingkungan, hingga menjawab permasalahan akan kebutuhan pangan dunia.

Indonesia hebat

Muhammad Arie Budiman (sumber gambar: disini)

Penemu pondasi cakar ayam, Prof. Ir. R.M. Sedyatmo seorang lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta dan dipakai di banyak bangunan lain di seluruh dunia.

Indonesia hebat

Prof. Ir. R.M. Sedyatmo (sumber gambar: disini)

Sebenarnya masih banyak lagi orang-orang hebat asli Indonesia yang menebar harum wangi nama Indonesia di mata dunia. Karenanya kita patut menghargai karya-karya mereka dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Rasa saling menghargai inilah yang seharusnya kita jaga bersama-sama agar kita semakin kuat dan semakin disegani di mata dunia.

3. Kearifan Lokal dan Kebudayaan 

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Indonesia yang sangat kaya akan kebudayaan dimana terdapat berbagai suku di dalamnya. Suku-suku tersebut memiliki cerita tanah leluhur yang sarat dengan kearifan lokal dan adat hingga kini masih dijalankan dengan sangat baik oleh penerus-penerusnya. Berita baiknya, kita harus bersyukur karena berkat adanya suku-suku yang setia menjalankan nilai luhur tersebut kini sebagian besar hutan kita masih terjaga dengan sangat baik. Itulah yang dikenal dengan kearifan lokal, yang hanya dimiliki Indonesia dan tidak bisa dikuasai oleh bangsa lain.

Suku Dayak di Kalimantan, telah membuktikan bahwa kearifan lokal bisa menjadi solusi akan pembangunan energi dan hutan yang berkelanjutan. Meskipun hutan dikelola secara adat namun bukan berarti masyarakat seenaknya mengeruk sumber daya alam yang ada di sekitar. Kita harus berterimakasih karena berkat mereka hutan dan sumber air di hutan masih terjaga dengan sangat baik.

indonesia hebat

Suku Dayak Kalimantan (sumber gambar: disini)

Suku Baduy di Banten, yang menarik dari masyarakat Baduy yaitu kearifan lokal mereka mengenai pandangan terhadap alam semesta dimana mereka sangat menjaga keseimbangan dan keselarasan dengan alam. Selain itu, mereka tidak mengeksploitasi alam, mereka hanya menggunakan seperlunya saja yang ada di alam dan selalu disertai dengan pelestarian. Selain itu, Masyarakat Baduy tidak menebang pohon untuk kayu bakar. Karena mereka percaya bahwa alam adalah salah satu titipan maha kuasa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Suku Baduy Banten (sumber gambar: disini)

Suku Baduy Banten (sumber gambar: disini)

Sebenarnya ada banyak kearifan lokal lainnya di Indonesia yang layak kita tiru lalu kita terapkan dalam membangun bangsa Indonesia. Tidak perlu lagilah meniru gaya dan budaya bangsa lain karena kita sendiri sangat kaya akan kearifan lokal dimana peranannya terutama dalam menjaga dan melestarikan alam telah terbukti nyata. Karenanya kita perlu empertahankan identitas bangsa dan mengenali kekayaan budaya sendiri agar tidak punah ditelan waktu.

Kain tradisional terpopuler di dunia

Indonesia saat ini sangat populer dengan perkembangan ekonomi kreatifnya. Setelah, batik resmi menjadi salah satu warisan budaya dunia pada tahun 2012, dan kini ada Hari Batik Nasional setiap tanggal 12 Oktober. Batik semakin popluer di dunia, bahkan artis-artis kelas dunia banyak menggunakan batik pada acara “red carpet” dunia baik acara penganugerahan musik maupun film dunia.  Hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia hebat karena batik sukses menjadi tren fashion di Indonesia juga dunia. Hingga kini batik Indonesia semakin menunjukkan kehebatannya karena semakin terus berkembang dan membawa berkah pada ratusan pengusaha batik termasuk pada industri usaha kecil menengah (UKM). Syukurlah, Indonesia semakin menunjukkan identitasnya di mata dunia melalui kain-kain tradisionalnya. Karena perkembangan batik telah turut membawa populernya kain-kain tradisional Indonesia lainnya seperti: songket Palembang, kain tenun Bima, tenun ulos Sumatera Utara dan yang lainnya.

Heidi Klum Pakai Batik Indonesia

Heidi Klum Pakai Batik Indonesia (sumber gambar: disini)

4. Wisata laut dan pantai terbaik di dunia

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Raja Ampat adalah ekspedisi bawah laut terbaik sedunia. Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau tersebut. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Raja Ampat Papua (sumber gambar: disini)

Raja Ampat Papua (sumber gambar: disini)

Pantai Plengkung di ujung timur Pulau Jawa. Selain karena keindahan dan kealamiannya, juga karena menjadi salah satu tempat berselancar terbaik di dunia. Pantai Plengkung atau lebih popular disebut G-Land menawarkan surga bagi surfer professional untuk menunggang ombak yang luar biasa. Ada beberapa konotasi berbeda mengapa Pantai Pelengkung disebut G-Land. Huruf ‘G’ untuk G-Land memiliki tiga pengertian beragam. Pertama, untuk huruf awal kata “Great” sebagai gambaran ombaknya yang luar biasa. Kedua, untuk huruf awal kata “Green” atau kadang “Green Land” karena lokasinya tidak jauh dari hamparan hutan hujan tropis tua yang hijau yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Ketiga, merujuk pada ‘G’ untuk awal huruf kata ‘Grajagan,’ sebuah pantai dan pelabuhan tempat kapal-kapal yang dipakai wisatawan untuk mencapai Plengkung. Sebutan G-land juga berarti karena Plengkung yang berada di Teluk Grajagan yang menyerupai huruf G. Keunikan ombak di G-Land ini adalah baru pecah setelah 1 hingga 2 km dari arah timur ke barat dengan ketinggian mencapai 4-6 meter dalam interval 5 menit.

Pantai Plekung (sumber gambar: disini)

Pantai Plekung (sumber gambar: disini)

Semua ini baru sebagian kecil dari kehebatan Indonesia, masih banyak hal hebat lainnya yang dihasilkan dan berasal dari Indonesia dimana dunia mengakuinya. Dengan semua ini, rasanya tidak pantas jika kita terpecah-belah apalagi mudah terprovokasi oleh isu-isu tertentu. Harus diakui bahwa Indonesia hebat, seharusnya hal tersebut menjadi pemersatu bangsa agar nama Indonesia semakin harum di mata dunia. Semoga selalu demikian hingga akhir hayat.

Lalu apa yang membuat “Indonesia hebat” di mata anda?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Indonesia Hebat

kontes-blog-ind-hebat

Sumber Referensi:

http://palingseru.com/7180/5-negara-yang-mengabadikan-nama-soekarno
http://www.nationalgeographic.com/search/?requiredfields=description&proxystylesheet=site_search&output=xml_no_dtd&client=site_search&getfields=%2A&site=news&q=indonesia&
http://blog.catallya.com/kereeen-tokoh-indonesia-diabadikan-jadi-nama-jalan-di-luar-negeri-2/
http://indonesiaproud.wordpress.com/2011/05/13/muhamad-iman-usman-pendiri-indonesian-future-leaders-penerima-youth-achiever-recognition-award-dari-pbb/
http://www.cyber4rt.com/2012/09/7-orang-indonesia-yang-terkenal-di-mata.html
http://www.greenpeace.org/seasia/id/Multimedia/Galeri-Foto/Hutan-adat-budaya-Kalimantan/
http://kebudayaanindonesia.net/id/culture/1083/kearifan-lokal-suku-baduy-terhadap-alam
http://travel.cnn.com/explorations/eat/worlds-50-most-delicious-foods-067535
http://www.indonesia.travel/id/destination/689/pantai-plengkung-berselancar-di-g-land-yang-mendunia
http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/11/19/niluh-djelantik-sepatu-lokal-yang-dipakai-selebritas-dunia/
http://www.menkokesra.go.id/node/66

11 thoughts on “[Karena] Indonesia Hebat

    • trimakasih banyak, bener sekali itu memang karya saya, sya publish tgl 3 april dan dia publish di blognya tgl 06 april. saya bener-bener bikin sendiri dan tidak mengenal siapa pembuat atau pembajak tulisan saya tersebut. saya sendiri sangat kaget…

  1. Ya ampun, Mak Dame. Iya bener, itu orang menjiplak banget tulisanmu. Dari tulisan sampe ke gambar-gambarnya. Keterlaluan banget. Hadeuh… gimana mikirnya tuh orang? Ckckckckck….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s