Perekat Bahan Bangunan, mesti yang JOSS biar puas!!

bahan bangunan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Rumah adalah kebutuhan bagi setiap orang. Rumah tidak hanya sekedar penting karena fungsinya sebagai tempat berkumpul keluarga tetapi juga karena bangunannya yang kokoh menjadi rumah sebagai satu-satunya tempat berlindung yang dianggap aman untuk seluruh keluarga. Oleh karenanya, membangun sebuah rumah bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Diperlukan bahan-bahan bangunan dan material bahan bangunan yang berkualitas agar setiap sisi dari rumah benar-benar kokoh dan dapat melindungi seperti yang diharapkan. Namun memilih kualitas bahan bangunan saja belum cukup jika belum memperhatikan perekat bahan bangunan yang baik.

bahan bangunan

Semen (sumber gambar : disini)

Semen adalah perekat bahan bangunan yang mutlak diperlukan dalam membangun sebuah rumah yang kokoh. Peranan semen bukan sekedar sebagai pelengkap bahan material bangunan namun lebih daripada itu, bahwa semen menjadi penentu sukses tidaknya sebuah bangunan dibangun. Jika semen yang digunakan baik artinya berkualitas dari segi bahan dan terpercaya maka sudah barang tentu bangunan yang dihasilkan kokoh. Kita semua tidak ingin rumah tempat dimana kita berlindung mengalami kerusakan seperti dinding retak-retak atau disebut dengan istilah retak rambut sehingga membuat seluruh anggota keluarga menjadi tidak nyaman saat berada di dalam rumah. Rumah yang tadinya tempat kebahagiaan bersama keluarga perlahan pun berubah menjadi tempat paling menakutkan.

Itulah sebabnya, kita mesti jeli dalam memilih perekat bahan bangunan yang baik. Beberapa tips dalam memilih perekat bahan bangunan semen yang baik  [1] adalah:

  • tidak menggumpal
  • waktu mengeras
  • adukan lebih rapat dan rekat
  • kemasan tertutup sempurna
  • berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia)
  • baik dalam penyimpanannya

Lalu adakah perekat bahan bangunan yang kokoh dan terpercaya ?

Tentu saja ADA, mari berkenalan dengan “SEMEN TIGA RODA” produksi dari PT Indocement Tunggal Prakarsa. Satu-satunya perekat bahan bangunan semen terbaik di Indonesia yang telah dipercaya oleh semua orang. Semen Tiga Roda diproduksi mengikuti 3 standar sekaligus yaitu: Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar Amerika (ASTM) dan Standar Eropa (EN). Jadi sudah pasti sangat memperhatikan kualitas karena standar yang digunakan untuk menghasilkan perekat bahan bangunannya ada 3 dan bukan abal-abal.

bahan bangunan

sumber gambar: disini

Rumah tempatku tinggal saat ini, memperlihatkan sebuah penampakan yang tidak mengenakkan. Awalnya tidak begitu perduli dengan retakan kecil di dinding itu, namun setelah menemukan informasi dari sumber terpercaya, ternyata retakan pada dinding atau yang dikenal dengan istilah retak rambut pada dinding tembok rumah tidak boleh dianggap remeh karena dapat memanjang bahkan berpotensi menjadi semakin lebar. Bangunan rumah sebenarnya masih baru karena kami sendiri baru menempatinya selama setahun lebih. Namun, retak rambut itu harus segera diperiksa lebih lanjut agar jangan meninggalkan kekecewaan apalagi penyesalan karena terlambat menanganinya. Perbincangan dengan suami pun cukup alot.

bahan bangunan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Berbekal dengan mencari informasi dari dunia internet, akhirnya pilihan dan solusi perbaikan retak rambut pada tembok dinding rumah adalah mortar acian putih TR 30 dari SEMEN TIGA RODA. Karena retaknya sepertinya non struktural sepertinya masih bisa dilakukan sendiri dengan menambal bagian yang retak dengan menggunakan mortar acian tersebut yaitu campuran antara semen dan air [2]. Akhirnya perdebatan dan diskusi pun berakhir dan sepakat pakai  mortar acian putih TR 30 dari SEMEN TIGA RODA.

bahan bangunan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Kenapa harus menggunakan mortar acian putih TR 30 dari SEMEN TIGA RODA ?

Karena selain merupakan bahan material bangunan rumah yang ramah lingkungan, White Cement Portland Tiga Roda merupakan satu-satunya semen putih yang di produksi di Indonesia dengan 3 standar, yaitu: Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar Amerika (ASTM) dan Standar Eropa (EN). Sehingga kualitas dan kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Hanya SEMEN TIGA RODA, bukan yang lain!!

bahan bangunan

TR30 Acian Putih Semen Tiga Roda (sumber gambar: disini)

Kelebihan lainnya adalah :

  • Menggunakan acian mortar TR 30 jauh lebih HEMAT dalam pengaplikasian dibandingkan dengan acian semen. Dimana TR 30 Acian Putih kemasan 40 kg dapat mengaci 18 m2 sedangkan semen kemasan 50 kg hanya dapat mengaci 15 m2 saja.
  • TR30 Acian Putih tidak perlu plamir sehingga lebih HEMAT. TR30 Acian Putih sudah putih sehingga dapat menghemat minimal 1 lapis cat.
  • Acian menggunakan TR 30 Acian Putih memiliki alkali rendah sehingga cat menempel lebih baik pada permukaan, selain itu TR30 Acian Putih tidak perlu primer dan sealer khusus karena warna cat-nya lebih cerah dan juga lebih TAHAN LAMA.
  • TR30 Acian Putih lebih cepat dalam pengaplikasiannya dan hasil pun jauh lebih baik.
Bahan bangunan

TR 30 Acian Putih Semen Tiga Roda (sumber gambar: disini)

Nah, sekarang ilmu pun bertambah, keputusan untuk segera menambal retak rambut pada tembok dinding rumah jatuh pada TR 30 acian putih SEMEN TIGA RODA, apalagi dengan segala kelebihan yang dimiliki, mana mungkin ragu lagi.

Demi sebuah kebahagian, saya dan keluarga memilih produk SEMEN TIGA RODA, bagaimana dengan para sahabat?

bahan bangunan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Sumber Referensi dan Gambar:

[1] Ciri Ciri Material Bahan Bangunan Semen yang Baik, diakses 31 Maret 2014 melalui http://www.sementigaroda.com/blog/ciri-ciri-semen-yang-baik/

[2] Mengatasi Retak Rambut Dinding Rumah Baru, diakses 31 Maret 2014 melalui http://www.sementigaroda.com/blog/menangkal-retak-rambut-pada-dinding-rumah-baru/

[3] Bahan Material Bangunan Rumah Terbaik, diakses 31 Maret 2014 melalui  http://www.sementigaroda.com/blog/acian-semen-vs-mortar/

2 thoughts on “Perekat Bahan Bangunan, mesti yang JOSS biar puas!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s