Islam “Rahmatan Lil ‘Alamin”

data penduduk muslim dunia

sumber gambar : disini

Asia-Pasifik disebut-sebut sebagai wilayah dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, yakni sebanyak 1,6 milyar atau sekitar 23 % dari total penduduk dunia pada tahun 2010 [1] . Dan di Indonesia sendiri mayoritas penduduk adalah pemeluk  agama Islam yakni sebanyak 85 % [2]. Tentu jumlah tersebut tidak sedikit, namun banyak isu yang merebak di masyarakat yang semakin memojokkan agama Islam di muka bumi ini. Setuju atau tidak setuju, tapi ini adalah fakta. Dimana agama Islam begitu disorot mata dunia, apalagi kalau sudah dikait-kaitkan dengan isu teroris. Rasanya menyakitkan sekali!!

Islam adalah agama yang sempurna. Setiap sisi dalam hidup kita ada tuntunannya di dalam Al Quran dan Hadist. Mulai dari hidup beragama, hidup bertetangga, hidup berkeluarga, hidup bersama kaum dhuafa, hidup seorang diri, menikah, mati, kekayaan, warisan, mendidik anak, dan banyak lagi dimana semuanya lengkap dan jelas ada tuntunannya. Kalau sudah berlandaskan Al Quran maka tentu tidak bisa ditawar-tawar lagi, hukum Allah SWT adalah mutlak, perintahNYA wajib untuk ditaati. Namun, berbahagialah kita semua, karena Allah SWT Maha Baik, dimana manusia yang penuh dengan kelemahan dan kekhilafan, yang bersalah kemudian melakukan pertobatan bahkan masih dinantikan hingga detik ajal menjemput. Pintu ampunan selalu terbuka.

Surah AnNuur. Ayat 005.

Allah Maha Pengampun
Kecuali orang-orang yang bertaubat sesudah itu (dari kesalahannya yang tersebut) serta memperbaiki amalannya, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani.

Islam “memudahkan” bukan mempersulit. Tidak ada paksaan dalam memeluk agama Islam, siapapun boleh memeluk agama Islam dan berhak memilih agama Islam tanpa paksaan. Ketika kecil kita semua hidup dalam asuhan dan didikan orangtua kita. Namun ketika kita dewasa, UU dalam negara ini saja membebaskan seseorang untuk memilih agama yang diyakininya. Apalagi agama Islam, jauh sebelum UU itu ada di negara ini, Islam sudah memberikan kebebasan memilih agama yang diyakininya, tanpa ada pemaksanaan. Hidup kita memang pilihan, dan semua pilihan jelas akan ada risikonya masing-masing. Dan memang kita manusia tidak berhak menghakimi pilihan orang lain, karena jelas agama Islam mengajarkan kita untuk menghormati pemeluk agama lain. Islam adalah agama penuh toleransi.

 QS. al-Kaafiruun: 6.

toleransi agama islam

Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku

Lalu sebenarnya apa dampak dari keberadaan agama Islam sebagai agama nomor satu di dunia?

Banyak hal yang agama Islam perbuat sejak jaman dulu, hanya saja sekarang ini banyak orang yang berusaha mengambil alih sejarah dan mengubahnya seenaknya saja. Untuk kita ketahui bersama dan sekedar berbagi dalam ilmu, beberapa penemuan ini adalah hasil dari ilmuwan Islam:

Salman Al Farisi : Pembuat strategi perang kanal, meriam pelontar dan tank

Miqdad bin Amru : Pelopor pembuat pasukan kalveleri/berkuda modern pertama

Al Nadim : Pelopor/pembuat katalog/ensiklopedi kebudayaan pertama

Ma’mun Ar-Rasyid : Pelopor/pendiri perpusatkaan umum pertama di dunia yang dikenal dengan Darul Hikmah di Baghdad

Nizham al-Mulk : Pelopor pendiri universitas modern pertama di dunia yang dikenal dengan Nizhamiyyah (kini sistemnya ditiru oleh Oxford, sebuah universitas di Inggris).

Al-Ghazali : Pelopor pembuat klasifikasi fungsi sosial pengetahuan yang dalam perkembangannya mengarah timbulnya berbagai jenis referensi dan karya bibliografi, ahli ilmu kalam dan ahli tasawuf.

Al-Kindi : Ahli/ilmuwan ensiklopedi, pengarang 20 buku, ahli matematika, fisika, musik, kedokteran, farmasi, geografi, ahli filsafat Arab dan Yunani kuno.

Ibnu Thufail : Dokter, filosof, penulis novel filsafat paling awal “Risalah hayy Ibn Yaqzhan” yang kemudian dijiplak habis-habisan oleh Defoe dengan judul barunya “Robinson Crusoe”.

Al-Khawarizmi : Menemukan logaritma (berasal dari nama Al-Khawarizmi) dan menemukan Al-Jabr, juga ilmu bumi dengan menyatakan bumi itu bulat jauh sebelum Galileo menyebutkan hal tersebut yang tertera di bukunya “Shurah al-Ardh”.

Al-Farghani : Pengarang buku tentang pergerakan benda-benda langit dan ilmu astronomi, yang dipakai oleh Dante.

Abu Bakar al-Baytar : Pengarang buku kedokteran hewan pertama

Az-zahra : pembuat alat bedah/pembedahan, teknik dan jenis operasi, pengembangan ilmu kedokteran gigi dan operasi gigi, serta peralatan bedah gigi.

Safiudin : Memperkenalkan teori musik

Dan sebenarnya masih banyak lagi, silakan sahabat membaca sejarah ilmuwan dunia, dimana hampir semuanya dimulai oleh ilmuwan beragama Islam. Ternyata segala penemuan dan ilmu bermula dari Al Quran (Kitab penutup yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW). Sungguh berbahagia dan bangga menjadi bagian dari yang diberi hidayah oleh Allah SWT, dan semoga kita semua kelak hingga akhir hidup tetap setia dan istiqomah dalam Islam, aamiin ya rabbal alamin.

Bagi sebagian orang yang masih salah kaprah tentang Islam dan memandang Islam hanya dari sisi tertentu, mari kita buka mata hati dan pikiran kita seraya memohon petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan pemahaman tentang Islam yang sesungguhnya. Karena agama Islam adalah rahmat bagi semua makhluk bukan hanya untuk golongan tertentu saja.

Sumber referensi:

[1] http://www.pewresearch.org/fact-tank/2013/06/07/worlds-muslim-population-more-widespread-than-you-might-think/

[2] http://www.languagestudiesindonesia.com/about_indonesia/

“Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway I Love Islam

i love islam

4 thoughts on “Islam “Rahmatan Lil ‘Alamin”

  1. Mari kita masuk Islam secara kaffah
    Bukan hanya khusu’ ketika di atas sajadah tetapi juga dalam berkata dan bertingkah-laku yang baik dalam bergaul dengan sesama manusia dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya.
    Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin sebagaimana judul diatas.
    Oleh karena itu pemeluknya harus juga mencerminkannya.

    Salam hangat dari Surabaya

  2. sejuk banget mak baca judulnya, terenyuh dan sedih ketika dahulu ilmuwan islam menjadi pelopor dan penguasa tiap bidang ilmu berbeda dgn skrg, moga semangatnya selalu ada di dalam jiwa muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s