CALEG Perempuan [HARUS] Ada di Parlemen

PEMILU (Pemilihan Umum) Menentukan Nasib Bangsa

Sebentar lagi kita, bangsa Indonesia akan mengadakan sebuah perhelatan akbar dimana nasib bangsa lima tahun ke depannya akan ditentukan berdasarkan pilihan masyarakat. PEMILU kali ini bukan sekedar sebagai syarat pergantian Presiden, kabinet maupun anggota legislatif namun berperan sangat penting karena menyangkut masa depan Indonesia ke depannya. Bayangkan saja jika sampai yang terpilih adalah yang bukan amanah, bukan pembawa aspirasi rakyat, bukan orang-orang yang perduli pada pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan, bukan yang perduli pada kaum perempuan dan anak. Bagaimana nasib bangsa dan nasib generasi penerus bangsa Indonesia kelak. Oleh karena itu, PEMILU bukan sekedar “nyoblos” terus semua selesai sampai disitu. Tapi PEMILU adalah “tanggungjawab” kita bersama.

komposisi caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Komposisi CALEG (CALON ANGGOTA LEGISLATIF) Tahun 2014

Data menunjukkan bahwa jumlah CALEG perempuan lebih sedikit dibandingkan CALEG laki-laki. Meskipun demikian, harapannya adalah dari 2434 orang perempuan yang menjadi CALEG tersebut, setidaknya ada yang masuk menjadi anggota parlemen sehingga mampu membawa perubahan positif pada keadaan perempuan dan anak. Bahkan mampu memperbaiki citra anggota parlemen Indonesia yang cukup buruk selama ini. 

Karenanya sebagai warga negara yang baik, dan sebagai kaum perempuan maka menjadi kewajiban kita pulalah untuk turut memperbaiki keadaan yang sekarang ini guna menyelamatkan masa depan anak cucu kita. Jika kita mampu memberikan suara kita pada CALEG perempuan yang memang memiliki kemampuan dan amanah, kenapa tidak? Terutama karena lahirnya generasi penerus bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh bagaimana kebijakan-kebijakan pemerintah berpihak pada peningkatan kualitas perempuan sebagai calon ibu, sebagai sekolah pertama bagi anak.

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Inilah 10 Alasan Kenapa Harus Memilih CALEG Perempuan untuk Duduk di Parlemen:

1. Memiliki Peluang Keterpilihan

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Sama halnya dengan CALEG laki-laki, CALEG perempuan juga memiliki peluang keterpilihan pada pemilu 2014 ini. Meski jumlah CALEG perempuan masih relatif lebih sedikit dibandingkan caleg laki-laki tetapi yang berkualitas dan amanahlah yang disukai masyarakat.

2. Mampu Bersaing

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Perempuan yang memiliki kemampuan politik, kemampuan intelektual, kemampuan sosial dan ekonomi juga ada di masyarakat kita. Mereka tentu layak untuk bersaing dengan CALEG laki-laki. Artinya, CALEG perempuan yang memiliki kompetensi yang setara dengan caleg laki-laki atau bahkan lebih baik tentu akan mampu bersaing untuk duduk di parlemen.

3. Keterlibatan Kaum Perempuan Menjadi Salah Satu Solusi Sukses Target Pembangunan

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Sekarang ini, kaum perempuan tidak lagi menjadi kaum yang pemalu dan tidak mau ambil bagian dalam berbagai hal. Jika kita lihat kemauan dan kemampuan kaum perempuan untuk terlibat langsung di parlemen menunjukkan bahwa mereka memiliki niat yang baik dibarengi dengan komitmen dan rasa tanggungjawab yang tinggi sehingga keterlibatannya mampu menjadi salah satu solusi sukses target pembangunan.

4. Lebih Menyuarakan Aspirasi Kaum Perempuan

caleg perempuan

Ilustrasu oleh penulis sendiri

Sebagai sesama perempuan, tentulah akan lebih mampu menyuarakan aspirasi kaum perempuan. Bukan berarti CALEG laki-laki tidak bisa, hanya saja CALEG perempuan yang merasakan bagaimana faktanya di lapang akan lebih memahami kondisi yang sebenarnya sehingga lebih berani dan teguh hati dalam menyampaikan segala keluhan kaum perempuan.

5. Lebih sensitif terhadap Persoalan Sosial, Kesehatan dan Kesejahteraan

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Kaum perempuan diberi karakter dan sifat yang lebih sensitif atau lebih peka terhadap berbagai hal termasuk persoalan sosial, kesehatan dan kesejahteraan. Seperti kita ketahui untuk dapat berbicara di parlemen, diperlukan orang-orang yang peka terhadap keadaan dan CALEG perempuan mampu memberikan informasi yang terkini terkait fakta-fakta yang terjadi di masyarakat.

6. Mampu Memanajemen Konflik Internal dan Eksternal

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

CALEG perempuan diberi kemampuan memanajemen konflik lebih baik secara internal maupun eksternal. Karena kaum perempuan dianugerahi dengan kesabaran dan tingkat emosional yang lebih terkontrol sehingga mampu mengurangi peluang terjadinya konflik.

7. Mampu Memberdayakan Kaum Perempuan

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

CALEG perempuan tentu lebih memahami kebutuhan kaum perempuan dimana sebagian perempuan menjadi tulang punggung keluarga. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya nasib keluarganya jika tidak ada orang yang memberdayakan mereka untuk mampu memiliki penghasilan yang cukup. Oleh karena itu, banyaknya CALEG perempuan yang duduk di parlemen akan lebih mewakili suara hati kaum perempuan.

8. Mampu Menjadi Teladan 

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

CALEG perempuan juga mampu menjadi teladan bagi masyarakat. Kemampuan untuk menjadi wakil rakyat yang amanah tentu dapat menjadi dasar rakyat menjadikannya panutan dalam bertindak.

9. Lebih Mampu Mendorong Kebijakan Pemerintah Agar Pro Perempuan dan Anak

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Jika jumlah CALEG perempuan lebih banyak di parlemen sudah barang tentu akan lebih mampu mendorong kebijakan pemerintah agar Pro Perempuan dan Anak. Semakin tinggi jumlah keterwakilan kaum perempuan di parlemen tentu akan semakin memperkuat posisi tawar untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang lebih ramah pada kaum perempuan dan anak.

10. Lebih Luwes dan Ulet dalam Bertindak

caleg perempuan

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Segala persoalan tidak melulu harus diselesaikan dengan arogansi. Selama ini, pendekatan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan masyarakat dinilai kurang bersahabat. Adanya CALEG perempuan akan mampu bertindak dengan lebih luwes dan ulet sehingga mampu membawa angin perubahan yang segar dan sejuk bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sumber Referensi:

1. Caleg Perempuan Harapan Bagi Perbaikan Citra Politikus,  www.antarariau.com, diakses 20 Maret 2014

2. Pemilu 2014, Caleg Perempuan 2.434 Orang, www.suarapembaruan.com, diakses 20 Maret 2014

3. Partisipasi Perempuan dalam Pemilu Harus Ditingkatkan,  www.pemilu.okezone.com, diakses 21 Maret 2014

4. Peningkatan caleg perempuan dan harapan Indonesia “bersih”,  www.antaranews.com, diakses 21 Maret 2014

5. Refleksi 2012 & Catatan Awal Tahun 2013, Koalisi Perempuan Indonesia,  www.koalisiperempuan.or.id, diakses 21 Maret 2014

6. Linda Gumelar: Pilih Caleg Perempuan!, http://www.news.detik.com, diakses 21 Maret 2014

TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM LOMBA BLOG TENTANG CALEG PEREMPUAN UNTUK BLOGGER INDONESIA “KENAPA PILIH CALEG PEREMPUAN”

1970621_729117110454211_1903584471_n

33 thoughts on “CALEG Perempuan [HARUS] Ada di Parlemen

  1. mbak,, betul sekali.. aku setiju dengan 10 alasan kenapa harus pilih caleg perempuan..
    semoga caleg perempuan yang terpilih bisa amanah dan terlindung dari jorgon yang miris berikut ini “jika tidak mau menendang ya ditendang”…

    to o pe be ge te tulisannya..🙂

    • setuju mas, hanya saja memang banyak perempuan2 hebat di Indonesia kita tercinta ini juga berpotensi dan belum terjun ke dunia politik untuk setidaknya membawa isu perempuan dan anak🙂 *sy mendukung yg terbaik untuk negara kita ini

  2. Selama ini pemimpin Negara kebanyakan seorang laki2, mungkin jika dipimpin oleh seorang perempuan, Negara Indonesia ini bisa lebih maju dari sebelumnya, seperti Ibu Risma misalnya mba🙂

    • beliau salah satu panutan buat kaum perempuan apalgi yng kepengen nyaleg, penting untuk liat panutan seperti beliau kalo bisa lebih bagus lagi dari beliau… setiap kita punya peran kan, begitu juga perempuan, tentulah ada manfaatnya di parlemen🙂

  3. lebih memilih perempuan untuk di rumah saja, tetapi jika hanya perempuan yang kapabel tak usah dipaksakan semua caleg harus pria. berharap semoga 30 % caleg perempuan bisa amanah sesuai 10 kriteria emak diatas.🙂

    • semoga caleg yang terpilih semuanya amanah, apalagi yg perempuan karna membawa kata “perempuan” jadi seharusnya lebh baik dan bertanggungjawab aamiin🙂

  4. Pingback: Inilah Pemenang Lomba Blog Caleg Perempuan! | Berita Update Indonesia
  5. Pingback: Inilah Pemenang Lomba Blog Caleg Perempuan! - WGMsnap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s