Berjalan (Bersama) Menuju Kesempurnaan

Sharp takumi factory

Ilustrasi dibuat oleh penulis sendiri

Membangun sebuah pabrik ibarat membangun sebuah rumah. Sama seperti rumah yang nyaman yang selalu dirindukan oleh semua anggota keluarga, pabrik juga harus dibangun diatas kebaikan sehingga bisa menjadi bagian dari hidup yang selalu dikagumi dan dihargai keberadaannya.

Memang tak mudah menciptakan pabrik yang seperti itu, diperlukan kesungguhan dari semua pihak khususnya pemilik perusahaan untuk bisa memberikan tempat senyaman rumah saat bekerja bagi seluruh karyawan. Tapi adakah pabrik yang seperti itu dalam dunia nyata ini? jawabannya tentu saja ada, yuk mari berkenalan dengan pabrik baru dari Sharp yang bernama Sharp Takumi Factory.

Baik, siapkan secangkir teh hangat atau kopi kesukaan sahabat dan cemilan sehatnya, perjalanan menuju kesempurnaan akan segera dimulai. Mari kita mulai dengan pertanyaan di bawah ini.

Mengapa diberi nama Sharp “Takumi” Factory?

Baiknya kita telusuri dulu makna dari kata “Takumi” itu sendiri. Di dalam bahasa Jepang, Takumi berarti ‘ahli’. Maksudnya adalah orang yang telah terlatih dan mahir mengerjakan sesuatu hingga mendekati kesempurnaan. Sedangkan semangat Takumi itu sendiri berangkat dari adanya keinginan besar untuk menghasilkan karya terbaik, yang hanya dapat dikerjakan oleh manusia.

Takumi

Ilustrasi dibuat oleh penulis sendiri

Di Jepang, Takumi selalu menjadi panutan dalam melakukan setiap pekerjaan. Takumi selalu ingin mempersembahkan karya terbaik. Contohnya dalam pembuatan sebuah pedang atau samurai yang terkenal di dunia. Mulai dari pemilihan bahan, proses pembuatan hingga penyelesaian membutuhkan kecermatan dan ketelitian tingkat tinggi untuk menghasilkan sebuah pedang atau samurai terbaik.

Budaya Takumi di Jepang

Budaya Takumi di Jepang (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Sama halnya dengan di Indonesia, kita juga bisa menemukan semangat yang menyerupai Takumi, contohnya adalah seniman Batik, wayang, patung dan ukir. Walau berasal dari budaya yang berbeda, namun jika diukur berdasarkan keinginan untuk menghasilkan yang terbaik dan perhatian pada setiap detailnya dapat dikatakan bahwa mereka juga memiliki jiwa Takumi.

Budaya Takumi di Indonesia

Budaya Takumi di Indonesia (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Demikian juga halnya dengan perusahaan Sharp, pabrik yang bukan sekedar memproduksi barang guna memenuhi kebutuhan pasar tetapi juga Sharp satu-satunya perusahaan yang mempertemukan semangat ketekunan masyarakat Indonesia dan kemahiran Takumi Sharp dalam bentuk Pelatihan yang berkelanjutan.

Sharp sangat memperhatikan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Sharp bukan hanya sekedar meraup rupiah dari konsumen namun juga mewujudkan komitmen pengembangan kualitas SDM (sumber daya manusia)-nya dengan menghadirkan para Takumi Sharp Corporation yang berdedikasi penuh dalam melatih para karyawan di lebih dari 26 negara, termasuk Indonesia. Sharp juga melatih calon lokal (calon Takumi yang berasal dari negara dimana pabrik Sharp didirikan) sebagai kepanjangan tangan dari para Takumi Sharp Corporation, untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tinggi.

Para Calon Takumi Dilatih di Jepang

Para Calon Takumi Dilatih di Jepang (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Semuanya berawal dari sebuah tekad yang kuat oleh Takuji Hayakawa di tahun 1912 untuk menciptakan produk terbaik, hingga akhirnya Sharp berkembang menjadi salah satu produsen alat eletronik terbesar di dunia. Oleh karenanya Takuji disebut sebagai pendiri sekaligus Takumi pertama Sharp di dunia, yang selalu menginspirasi Sharp dan jajarannya untuk terus menciptakan produk-produk baru yang mengedepankan kualitas tinggi.

sharp takumi factory

Ilustrasi dibuat oleh penulis sendiri

Berdasarkan filosofi “Takumi” tersebutlah, maka pabrik baru Sharp diberi nama Sharp Takumi Factory. Tentu saja banyak harapan terselip didalamnya agar kelak Sharp terus dapat memberikan produk terbaik yang berkualitas tinggi bagi konsumennya. Nah, sekarang sahabat sudah paham kan sejarah pemberian nama pabrik baru Sharp tersebut.

Lalu, mengapa Sharp membangun pabrik baru?

Sharp Takumi Factory

Sharp Takumi Factory (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Sharp Takumi Factory

Sharp Takumi Factory (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Logikanya, sebuah perusahaan yang membangun pabrik baru pasti bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guna memenuhi permintaan pasar. Bagaimana dengan Sharp? tentu saja Sharp juga demikian, dimana adanya keinginan untuk meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi dan standar kualitas. Pabrik baru ini bahkan dilengkapi dengan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV) dan berbagai fasilitas lainnya. Production Control System memungkinkan update proses produksi di setiap lini produksi, setiap saat. Sementara AGV menghemat banyak waktu dan tenaga untuk transportasi dari gudang ke bagian produksi. Prinsip super green factory, seluruh bagian pabrik baru Sharp ini didesain untuk menghemat penggunaan energi. Bahkan beberapa fasilitas pabrik dilengkapi panel surya yang mampu menghasilkan energi sendiri dari pemanfaatan sinar surya (matahari) tentunya.

Terdapat 3 bagian besar dari pabrik baru Sharp “Takumi” Factory ini:

1. Pabrik Mesin cuci

Pabrik Mesin Cuci Sharp

Pabrik Mesin Cuci Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Pembuatan Mesin Cuci Sharp dengan Keahlian

Pembuatan Mesin Cuci Sharp dengan Keahlian (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Keahlian karyawan dan kemampuan bekerja secara akurat dan cepat merupakan modal utama untuk mencapai kualitas tinggi sesuai dengan standar Takumi. Selain itu divisi Quality Control memegang peranan yang amat penting untuk memastikan produk terbik yang dihasikan di pabrik mesin cuci Sharp. Kapasitas produksi mesin cuci di pabrik baru Sharp Karawang adalah sebesar 1.680.000 pertahun atau sekitar 2,5 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.

2. Pabrik Lemari Es

Pabrik Lemari Es Sharp

Pabrik Lemari Es Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Mesin Canggih di Pabrik Baru Sharp

Mesin Canggih di Pabrik Baru Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Mesin Canggih di Pabrik Baru Sharp

Mesin Potong Canggih di Pabrik Baru Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Mesin Canggih di Pabrik Baru Sharp

Mesin Canggih di Pabrik Baru Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Proses pembuatan lemari es  lebih rumit dibandingkan dengan pembuatan mesin cuci. Dimana pembuatan lemari es menuntut keahlian, ketelitian dan kecepatan kerja karyawan. Bahkan Quality control dibuat langsung terintegrasi dengan proses produksi, sehingga memungkinkan tercapainya standar kualitas terbaik. Oleh karena itu, adanya dukungan teknologi yang canggih semakin memungkinkan pabrik baru Sharp di Karawang ini menciptakan lemari es berkualitas tinggi dengan kapasitas produksi yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu sebesar 2.640.000 pertahun atau sekitar 2 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.

Hasil Akhir "Lemari Es Sharp Siap Pakai"

Hasil Akhir “Lemari Es Sharp” (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

3. Fasilitas Karyawan

Kantin dan Mesjid di Pabrik Baru Sharp

Kantin dan Mesjid di Pabrik Baru Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Showroom di Pabrik Baru Sharp

Showroom di Pabrik Baru Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Sharp meyakini bahwa bagian terpenting dari terciptanya produk dengan berkualitas tinggi adalah para karyawan. Oleh karena itu Sharp dalam hal ini bahkan mengajak segenap karyawan untuk ikut mendesain fasilitas pabrik sesuai dengan kebutuhannya. Fasilitas tersebut terdiri dari Mesjid, Klinik Kesehatan, Kantin, Koperasi, Showroom dan lapangan sepak bola. Dengan memberikan fasilitas yang diingini oleh karyawan diharapkan karyawan dapat hidup dengan senang, bekerja dengan senang sehingga kinerjanya pun menjadi baik dalam menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi. Memberikan kenyamanan bagi seluruh karyawan dan memenuhi segala kebutuhan karyawan adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa cinta pada pekerjaan mereka. Saya meyakini bahwa, jika seseorang mencintai pekerjaannya maka hasil kerjanya pun akan tercipta dengan penuh kebaikan.

Jika kita telisik lebih dalam, kita bisa melihat bagaimana etos kerja Jepang dan semangat “Takumi” terasa kental sekali di dalam Sharp Takumi Factory ini:

1. Slogan kerja di Sharp Takumi Factory di bawah ini: “Think FAST, Be SMART> focus on RESULT”

Semangat Takumi

Semangat Takumi (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Slogan tersebut menempel di dalam salah satu bagian pabrik, yang artinya Sharp memang memegang etos kerja Jepang yang selama ini kita kenal dengan gerak cepat, cerdas namun tidak lupa untuk fokus pada hasil akhir. Dalam hal ini juga tercermin bagaimana semangat Takumi hadir di dalam pabrik dimana menghasilkan produk dengan kualitas terbaik juga merupakan tujuan Sharp yang sesuai dengan semangat Takumi itu sendiri.

2. Bersih 

Pabrik Sharp Terlihat Bersih

Pabrik Sharp Terlihat Bersih (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Kebersihan merupakan bagian yang juga harus diperhatikan di dalam pabrik. Jika diperhatikan dengan seksama, kita tidak menemukan sampah atau kotoran sedikitpun bahkan di bagian sudut-sudut bawah mesin sekalipun. Ini menunjukkan bahwa pabrik baru Sharp memang sangat memperhatikan kebersihan terkait dengan lingkungan pabrik yang sehat bagi seluruh karyawan maupun guna menjaga hasil produksi agar higienis.

3. Rapih

Semua berada pada posisi yang sama "Rapih"

Semua berada pada posisi yang sama “Rapih” (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Jika kita perhatikan dengan teliti, semua lemari es yang berada di atas tersusun dengan sangat rapih, bahkan kabel dan selang di bagian belakang lemari es pun terlihat sangat seragam posisinya, tidak ada yang berantakan kesana-kemari. Artinya, pabrik baru Sharp juga sangat memperhatikan detail posisi tiap bagian dari produk sehingga semua terlihat sangat indah.

4. Bekerja dengan Efisien dan Efektif

Bekerja dengan efisien

Bekerja dengan Efisien dan Efektif (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Pada gambar tersebut, dapat kita lihat bagaimana kerja efisien dan efektif sangat diperhatikan oleh Sharp. Posisi tangan kiri yang dekat dengan alat sehingga memudahkan proses kerja. Lalu, perhatikan bahan material yang ada di belakang karyawan dimana disusun secara rapih dengan jarak yang sangat dekat dengan karyawan sehingga memudahkan pengambilan bahan material dan membuat semua proses pembuatan lemari es menjadi efisien dan efektif.

5. Fokus pada Pekerjaan

Pengecekan

Tetap Fokus (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Tetap Fokus

Tetap Fokus (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Terlihat bahwa seorang karyawan lainnya sedang melakukan pengecekan dengan membawa alat komunikasi ditangannya dan juga ada karyawan lainnya yang sedang berjalan. Meskipun ada aktivitas lainnya di sekitar tempat bekerja, namun karyawan yang sedang bekerja tidak terlihat terganggu, mereka tetap bekerja pada posisinya masing-masing dan tetap fokus pada pekerjaannya masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa untuk memperoleh hasil terbaik memang diperlukan kesungguhan atau keseriusan saat bekerja agar setiap karyawan menjadi fokus dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi.

6. Semangat dan Belajar Bersama

Semangat Belajar Bersama

Semangat Belajar Bersama (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Papan tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang bernama “Jaya Wisnu” memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh karyawan agar bekerja lebih baik dari sebelumnya. Bahkan di bagian sebelah kiri papan, terlihat ada beberapa istilah bahasa Inggris dan artinya dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan adanya semangat belajar bersama di dalam pabrik guna meningkatkan kemampuan bahasa asing setiap karyawan. Meski terlihat sederhana tapi papan ini sarat akan makna dimana setiap karyawan dinilai sama artinya siapapun yang ingin memberi ilmu dipersilakan dan siapapun yang ingin belajar dipersilakan dengan harapan semua karyawan kelak memiliki semangat bekerja dan kemampuan bahasa asing yang sama baiknya. Adanya prinsip kebersamaan untuk maju, bukan hanya satu orang saja melainkan maju bersama-sama, pintar bersama-sama agar sukses pun diraih bersama-sama.

7. Memperhatikan Keselamatan Kerja Karyawan dan Pengunjung di Pabrik

Keselamatan Kerja di Pabrik Baru Sharp

Keselamatan Kerja di Pabrik Baru Sharp (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Tanda segitiga berwarna kuning pada gambar yang ditempel di salah satu bagian dari mesin di dalam pabrik menunjukkan bahwa Sharp memang sangat memperhatikan keselamatan kerja para karyawan. Bahkan di bagian tiang mesin seperti pada gambar diselipkan sebuah peringatan guna berhati-hati dalam menjalankan mesin maupun menjadi sinyal hati-hati bagi para pengunjung yang datang ke pabrik.

8. Sharp Takumi Factory Ramah pada Pengunjung

Ramah pada Pengunjung

Ramah pada Pengunjung (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Sharp tidak hanya menjadi sebuah produsen elektronik yang memiliki pabrik dengan mesin canggih juga karyawan ahli di dalamnya tetapi juga Sharp ingin berbagi ilmu pada siapapun yang ingin berkunjung ke Sharp Takumi Factory. Oleh karena itu, disediakan areal khusus bagi para pengunjung seperti pada tanda panah hitam di dalam gambar selama berkunjung di Sharp Takumi Factory. Tanpa mengurangi makna dari berbagi ilmu, Sharp demi menjadi kualitas produk, ingin memperlihatkan kebenaran dari “Takumi” yang ada di dalam pabrik melalui penerimaan kunjungan oleh siapapun (tentu setelah memperoleh izin dari pihak perusahaan) dan dengan areal yang telah ditetapkan.

Jika para sahabat ingin berkunjung, silakan mengisi factory visit form seperti yang di website resmi Sharp Indonesia berikut ini:

Factory Visit Form Sharp Indonesia

Factory Visit Form Sharp Indonesia (sumber gambar: sharp-indonesia.com)

Nah, jika para sahabat nantinya berkunjung ke Sharp Takumi Factory, maka akan disuguhi banyak ilmu, seperti yang terekam pada slideshow gambar di bawah ini:

This slideshow requires JavaScript.

Supaya para sahabat lebih puas lagi, yuk mari kita saksikan video Sharp New Karawang Factory ini bersama-sama:

Bagaimana, sudah pada kenal kan dengan Sharp Takumi Factory yang berada di Karawang ini?

Sebuah produk dapat tercipta dengan kecanggihan mesin

Tetapi sebuah produk berkualitas tinggi tidak mungkin tercapai tanpa adanya semangat “TAKUMI”

Dan SHARP memberikan keduanya bagi kita semua

Jika ada yang memberi lebih seperti SHARP

Tentu kita tidak perlu ragu lagi akan kebaikan produk SHARP

Karena Produk SHARP tercipta sebagai JMK “Jalan Menuju Kesempurnaan”

Sumber Gambar dan Referensi: website resmi Sharp Indonesia 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Takumi Blogging Competition

Takumi Blogging Competition

22 thoughts on “Berjalan (Bersama) Menuju Kesempurnaan

  1. Membaca posting ini saya jadi diperkenalkan dgn industri elektronik. Luar biasa ya Sharp ini, mungkin ia leader di industri elektronik saat ini.

    Saya pribadi sekarang bekerja di industri komponen otomotif. Lebih mengenal sistem produksi yang mengacu pada TPS (Toyota Production System). Sistem ini banyak diadopsi oleh berbagai industri, tidak hanya otomotif, dan belakangan juga dikenal dgn istilah Lean Manufactring.

    Saya pikir kedua basis sistem produksi itu sama saja. Keduanya mengacu pada 5S dan Safety sebagai landasannya.

    Sukses dengan blog competionnya, Mbak.

    Salam,

    • betul pak, dlu waktu kuliah juga pernah bljar TPS juga 5S, tapi saya baru belajar Takumi sekarng berkat ada lomba blog Sharp Takumi Factory ini pak. Bener pak, sepakat intinya sih sama ya pak…sama2 bertujuan menuju kesempurnaan🙂

  2. semoga menang kompetisinya. salam kenal nih. saya juga ikutan, tapi jadi minder ngeliat superlengkap pembahasan tentang pabriknya dari blog ini.

    • smoga sukses juga, ah jgn begitu mas, smua punya peluang yg sama koq mas, sy juga masih belajar menulis🙂 trimakasih sudah mampir🙂 salam kenal juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s