Menabung Properti “Bikin Kaya Beneran”

mari menabung properti

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Semua kita pastilah punya pemikiran masing-masing. Kita juga punya visi, misi, target, tujuan hidup yang mungkin berbeda satu sama lain. Meski tak setiap kita punya tujuan hidup yang sama tapi tentu kita ingin yang terbaik dalam hidup kita dan orang-orang yang kita kasihi, ya kan…

Orang yang sederhana mungkin punya tujuan hidup yang sederhana juga, lain halnya dengan mereka yang perfeksionis, dimana tidak boleh ada satu tujuan pun yang tak tercapai. Terlepas dari bagaimana kepribadian kita, kita tetap saja ingin semua yang kita inginkan dalam hidup dapat tercapai, ya kan…

Menjadi ibu, menjadi seorang pengusaha yang sukses, punya sebuah yacth, menjadi seorang sarjana mungkin. Tidak ada yang salah dengan semua keinginan tersebut. Hanya saja perlu cara untuk bisa meraihnya. Iya saving alias menabung itulah salah satu cara yang diyakini kunci kita dalam meraih apapun keinginan kita.

Menabung uang atau Menabung properti?

Mari menabung properti

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Nah, sekarang bicara pilihan. Memang dari dulu kebanyakan dari kita taunya menabung dalam bentuk uang bukan properti. Menabung properti sepertinya masih baru buat kebanyakan dari kita. Banyak yang lebih mengenal menabung properti dengan istilah investasi. Padahal secara ga langsung sebenarnya investasi properti itu jika ada beberapa lama-lama kan menjadi banyak. Jumlah yang banyak itu sama seperti kita menabung uang. Bedanya, uang itu bisa mengalami depresiasi atau penurunan nilai mata uang sedangkan properti tidak mengalami hal itu.

Menurut kamu, sebenarnya menabung itu seperti apa sih?

mari menabung properti

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Kalau saya mengibaratkan menabung itu seperti menanam pohon. Lah koq begitu? iya, dasar pemikirannya adalah tidak ada yang instan, tidak ada yang langsung besar, karena semuanya dimulai dari yang paling sederhana. Ibarat menanam sebuah benih pohon, jika tidak diseleksi benih yang berkualitas baik, ditanam di lingkungan yang tepat, tidak dipercayakan pada seorang petani yang punya keahlian dalam menanam pohon maka menanam pohon yang terlihat sederhana justru bisa gagal total alias mati. Sama halnya dengan menabung properti jika tidak benar dalam memilih kualitas properti (lokasi dan kelebihan-kelebihan lainnya seperti: Majestic Point Serpong, Indigo Apartment @ Bekasi dan K2 Park ), jika tidak berada di lingkungan yang baik dan jika tidak dipercayakan pada pengembang yang handal dan terpercaya (misalnya: Prioritas Land Indonesia), bisa jadi properti yang kita tabung itu bukan malah untung tapi justru merugikan kita sendiri.

Mengapa harus memilih tabungan properti?

mari menabung properti

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Sederhana, sangat sederhana, ini menurut pemikiran sebuah pengembang terkemuka Prioritas Land Indonesia bahwa “nilai properti cenderung naik”, kenapa? karena investasi di bidang properti apapun bentuknya (apartemen, rumah) cenderung tidak dapat dipengaruhi oleh variabel makroekonomi  seperti: inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (kurs). Masa iya? iya ini sudah terbukti dan ini sesuai dengan pernyataan pihak manajemen Prioritas Land Indonesia di fan page-nya dan juga pernyataan Komisarisnya Victor Irawan, dalam sebuah media online:

menabung properti

Presiden Direktur Marcellus Chandra sebagai perintis dan penggagas “Gerakan Menabung Properti” di Indonesia, juga menyebutkan alasannya mengapa perlu mengedukasi masyarakat agar berinvestasi di bidang properti yakni karena memang “lebih menguntungkan”. Dalam sebuah media online (www.inilahkoran.com, diakses 07 Maret 2014), beliau juga menyatakan bahwa:

“Nilai mata uang akan tergerus inflasi. Dengan demikian maka nilai dari uang akan terus menyusut. Masyarakat kita cenderung konsumtif. Karena itu, kami berupaya merubah mind set tersebut melalui gerakan menabung properti.”

Ide brilian ini bukan tidak beralasan, tentu saja pemikiran ini sangat penting karena konsumtif itu cenderung bermakna negatif namun jika dimanfaatkan untuk hal yang positif justru akan lebih menguntungkan misalnya ya “menabung properti” itu. Biasanya konsumtif itu lebih bersifat sia-sia karena menggunakan uang untuk hal yang kurang berguna, berbeda dengan konsumtif untuk menabung properti, yang justru akan menguntungkan. Seperti yang dinyatakan oleh Komisaris sebuah pengembang inovatif di Indonesia, Prioritas Land Indonesia, Victor Irawan dalam sebuah media online (www.aktual.co, diakses 07 Maret 2014) :

“Gerakan Menabung Properti digagas PT PLI untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana  cara menyimpan dana yang cerdas dan bijak agar nilai tabungannya tidak berkurang, namun bertambah meski terjadi inflasi.”

Nah, untuk lebih meyakinkan, yuk kita simak contoh nyata yang diberikan oleh Komisaris Prioritas Land Indonesia Victor Irawan berikut ini dalam media online (www.tribunnews.com dan www.kr.co.id, diakses 07 Maret 2014):

mari menabung properti

Jangan kuatir, karena bukan hanya sekedar menggagas “gerakan menabung properti” saja, tetapi juga Prioritas Land Indonesia memberikan fasilitas buat kita mulai menabung properti yaitu: K2 Park sebuah apartemen mewah di Gading Serpong. Untuk sekedar menginformasikan kepada para sahabat bahwa K2 Park (dibaca Ke Two Park) adalah kawasan mixed use atau superblok yang terdiri dari 1 education tower (pusat pendidikan), 4 tower apartment, 1 tower hotel, serta terdapat pusat retail dan food area di bagian bawah. Superblok K2 Park ini kini sedang dipasarkan. Informasi terbaru menyebutkan bahwa dalam 2 pekan, satu tower yaitu Arkose SUDAH TERJUAL. Dan segera akan meluncurkan tower kedua yaitu Moraine.

Ini dia penampakan K2 Park, “tempat kita menabung properti”

K2 Park

Sebagai informasi tambahan, Gading Serpong dimana lokasi K2 Park ini dibangun, sekarang menjadi daerah yang memberikan prospek keuntungan yang luar biasa kepada para investor. Kenaikan harga properti di daerah tersebut melonjak dengan sangat luar biasa bahkan bisa mencapai 300 % dalam 5 tahun terakhir. Nah, yang lebih mencengangkan lagi, harga apartamen di daerah Gading Serpong saat ini sudah mencapai Rp 17 juta – 20 juta / m2, namun untuk proyek K2 Park, PLI menawarkan harga perdana hanya Rp 11 juta dan cukup menabungkan uang sebesar Rp 6 juta per bulan, maka uang akan aman dari inflasi. Begitulah “cara menabung properti” yang ingin diedukasikan oleh Prioritas Land Indonesia kepada kita semua. Tabungan properti tambahan lainnya yang berpeluang untuk dimiliki secara gratis jika membeli apartemen K2 Park adalah sebuah rumah. Waw banget kan….

2014-03-07_220743

Biar lebih puas lagi, yuk klik “post” untuk lihat video K2 Park berikut ini:

Gimana, sudah semakin jelas kan, mengapa kita harus menabung properti mulai saat ini…

mari menabung properti

Ilustrasi oleh penulis sendiri

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tabungan properti adalah tabungan yang sebenarnya, tabungan masa depan karena akan semakin menguntungkan dimana properti tidak habis dimakan waktu (timeless), keuntungan cenderung naik meski terjadi inflasi dan kondisi ekonomi buruk serta sifatnya yang saveable (bisa jadi warisan untuk anak cucu).

Yuk, kita menabung properti dari sekarang

untuk kita dan masa depan kita yang lebih menguntungkan

Sumber Referensi:

1. Prioritas Land Indonesia Ajak Masyarakat Menabung Properti, www.tribunnews.com

2. Menabung Properti Digagas PT PLI, http://www.kr.co.id

3. Prioritas Land Lahirkan Gerakan Menabung Properti, www.inilahkoran.com

4. Mari Menabung Properti, www.aktual.co

5. Sebuah Superblok Akan Hadir di Serpong, http://www.republika.rumah123.com

6. http://www.komplit.org

7. www.prioritaslandindonesia.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Contest Prioritas Land Indonesia Tahap 4

unnamed

unnamed

3 thoughts on “Menabung Properti “Bikin Kaya Beneran”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s