Sarapan Sehat Kunci Terciptanya Generasi Sehat dan Cerdas

 

generasi sehat dan cerdas

Generasi sehat dan cerdas (sumber gambar: m.vemale.com)

Generasi sehat dan cerdas (sumber gambar: raficikiciuw.blogspot.com)

Generasi sehat dan cerdas (sumber gambar: raficikiciuw.blogspot.com)

Kebanyakan orang mungkin menganggap sepele terhadap kebiasaan sarapan sehat. Faktor kebiasaan sarapan sehat di keluarga menjadi faktor penting yang mendukung terciptanya kebiasaan sarapan sehat bagi anak. Jika anak sudah terbiasa untuk sarapan sehat sejak kecil maka akan timbul keinginan sendiri untuk anak melakukan sarapan sehat tanpa harus diminta atau diperintahkan. Pentingnya pemahaman orangtua terhadap urgensi sarapan sehat bagi kesehatan dan kecerdasan anak masih rendah. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi dan kecerdasan emosi terhadap kebiasaan sarapan [[1]].

Berbicara soal pengaruh sarapan terhadap prestasi dan kecerdasan emosi sangatlah menarik. Meski sudah jelas banyak penelitian yang menyatakan adanya pengaruh signifikan antara ketiganya tapi tetap saja kebiasaan sarapan sehat di keluarga Indonesia masih perlu disosialisasikan. Bagi sebagian orang mungkin mendengar istilah sarapan pagi sudah biasa tetapi bagaimana dengan sarapan sehat. Sarapan pagi memang tidak asing di telinga kita tetapi “sehat” sering terlupakan. Hal itulah yang memotivasi saya untuk mencari informasi tentang sarapan sehat untuk lebih paham tentang fungsi dan manfaat sarapan sehat pada tubuh kita terutama bagi anak. Terutama karena saat ini saya merupakan ibu dari seorang putra yang berumur satu tahun enam bulan dimana kelak saya pun harus mempersiapkan sarapan sehat untuknya.

Sarapan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi di pagi hari, meningkatkan ketahanan tubuh sehingga anak dapat beraktivitas juga belajar dengan baik [[2]]. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan pakar gizi dari Universitas Airlangga Surabaya Prof. Dr. Sri Kardjati sekaligus Ketua PDGMI cabang Jawa Timur, bahwa sarapan pagi meningkatkan konsentrasi belajar anak [[3]]. Sebagai orangtua tentu kita ingin anak kita tumbuh dengan sehat dan berprestasi, karenanya sarapan sehat adalah cara paling ampuh untuk menjaga tumbuh kembang anak sehingga kelak dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas. Karena saya sangat yakin sekali bahwa sarapan bukanlah sekedar pengganjal perut selama sekolah namun lebih daripada itu yaitu untuk mendukung prestasi belajar karena sarapan pagi yang sehat berpengaruh terhadap kecerdasan otak terutama daya ingat anak. Bahkan mungkin, jadwal sarapan pun berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Karena kebiasaan sarapan di Indonesia cukup beragam mulai pukul 5 pagi hingga 9 pagi. Ketika bekerja dulu, saya yang berangkat kerja pukul 3.30 pagi bahkan menyempatkan diri untuk sarapan di kereta api sekitar pukul 4 pagi. Mungkin jadwal sarapan sangat tergantung kondisi. Bahkan meskipun sudah berkeluarga seperti sekarang ini, jadwal sarapan bersama sepertinya masih terasa sulit diwujudkan.

Sarapan sehat bagi anak sebaiknya memang mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuhnya mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat. Menurut saya, sarapan sehat bagi anak tidak harus mahal yang penting gizinya seimbang dan cukup. Banyak porsinya pun ternyata hanya sekitar 20-25 % dari total makanan yang disantap sehari [[4]]. Oleh karena kebutuhan setiap anak berbeda-beda maka sebaiknya porsi sarapannya disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkannya seperti pada Tabel di bawah ini [[5]].

Usia Berat Badan Kalori per Hari Protein per Hari
1-3 tahun 12 Kg 1220 kal 23 gr
4-6 tahun 18 Kg 1720 kal 32 gr
7-9 tahun 23,5 Kg 1860 kal 36 gr

Dengan pemahaman fungsi, manfaat serta sarapan sehat yang benar dan tepat, diharapkan jumlah anak yang melakukan kebiasaan sarapan pagi yang sehat dapat terus meningkat. Diperlukan perubahan pola pikir agar orangtua menyadari sepenuhnya bahwa sarapan pagi memang sangat penting tetapi harus diiringi dengan gizi yang seimbang agar dapat menyehatkan dan mencerdaskan. Karena sarapan sehat merupakan faktor penentu berhasil-tidaknya anak melakukan semua aktivitasnya termasuk dalam meraih prestasi belajarnya. Jika seluruh keluarga Indonesia khususnya orangtua telah memiliki pola pikir yang sama dan benar terhadap pentingnya sarapan sehat bagi anak tentulah harapan untuk mendapatkan generasi penerus yang gemilang dapat tercapai.

This slideshow requires JavaScript.

Jadi, sudah terbukti kan, bahwa memang sarapan sehat itu berperan penting dalam menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. Mari kita biasakan sarapan sehat sedari dini sejak anak sudah dapat makan dan dimulai dari diri sendiri, lalu membiasakannya di keluarga. Kegiatan sarapan sehat bersama keluarga setiap hari selain mempererat kedekatan dengan keluarga juga dapat menumbuhkan rasa senang dan bahagia saat sarapan sehingga sarapan bukan menjadi beban melainkan menjadi momen yang dinantikan setiap anggota keluarga terutama anak. Mari wujudkan gerakan sarapan sehat menuju Indonesia yang sehat dan cerdas.


[1] Mahmud, B dan Penatarina P Y. 2012. Hubungan Sarapan dan Tidak Sarapan terhadap Indeks Prestasi dan Kecerdasan Emosi pada Siswa(i) SMU “X” di Bandung. Maranatha Repository System [Internet] [diunduh 17 Januari 2014] Tersedia pada http://repository.maranatha.edu/1951/

[2] Idah Syahidah Habibie. [Internet] [diakses 17 Januari 2014] melalui http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/02/25/mis0ta-dua-manfaat-sarapan-untuk-anak

[3] Pernyataan Pakar gizi dari Universitas Airlangga Surabaya dan Ketua PDGMI cabang Jawa Timur, Prof. Dr. Sri Kardjati [Internet] [diakses 17 Januari 2014] melalui http://selebritisehat.blogspot.com/2013/02/manfaat-sarapan-pagi-bergizi-untk-anak.html.

[4]dr. Sri Nasar. Pilihan Sarapan Sehat untuk Anak [Internet] [diunduh 17 Januari 2014] Tersedia pada http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/pilihan.sarapan.sehat.untuk.anak/001/004/268

One thought on “Sarapan Sehat Kunci Terciptanya Generasi Sehat dan Cerdas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s