Sebarkan Seluas-luasnya

Emmm…setelah kucek lagi deadline GA-nya ternyata masih ada beberapa hari lagi. Karena sudah niat dan ingin bersumbangsih minimal ide buat pengembangan Rumah Ramah Rubella jadi ya dituangkan saja lewat blog ini. Semoga saja tidak bersifat menggurui hanya ingin belajar dan berbagi.. hehehe…

Dear Ubii…. pengen deh ketemu Ubii sambil cium pipinya dan gendongnya, trus dikenalin ama abang Alimikal dari Bogor. *prolog dulu kasi salam buat Ubii hehehe…

Oke langsung ke ide aja ya, sebab sepertinya sudah cukup banyak teman-teman terutama mama Ubii yang bahas tentang TORCH dan rubella. Biar ga bosen, aku sharing ide aja ya, semoga berkenan..🙂

Beberapa ide untuk pengembangan Rumah Ramah Rubella ke depannya dariku adalah:

1. Membangun Rumah Maya

Sekarang ini, orang mencari informasi ga cuma lewat media massa aja tapi juga media elektronik terutama internet. Kenapa rumah maya? karena membangun rumah maya untuk Rumah Ramah Rubella akan memudahkan siapapun dimanapun di seluruh pelosok Indonesia dan dunia untuk tau tentang komunitas ini. Semakin cepat dan luas informasi tersebar tentu akan semakin banyak yang terbantu, terinspirasi dengan mengetahui adanya rumah yang siap menerima siapapun yang mengalami hal yang sama dengan Ubii. Jadi ide pertamaku adalah bangun sebuah rumah maya. Aku sudah cek di Internet, lewat mbah gugel ternyata rumahramahrubella.com masih belum ada yang punya, so ini jadi peluang besar untuk mama Ubii dan teman-teman yang ingin aktif dalam komunitas Rumah Ramah Rubella ini lebih mengepakkan sayapnya, membuatnya menjadi sebuah komunitas yang lebih banyak dikenal masyarakat Indonesia. Apalagi sekarang ini sudah banyak komunitas-komunitas di dunia maya yang cukup terkenal karena banyaknya dukungan dari masyarakat. Ga menutup kemungkinan komunitas Rumah Ramah Rubella ini juga kelak lebih bermanfaat untuk khalayak ramai melalui aktivis-aktivisnya di rumah maya tersebut.

2. Membangun Jaringan /Network dengan Pemasangan Banner/Logo Rumah Ramah Rubella

Langkah kedua setelah membangun rumah maya Rumah Ramah Rubella adalah membuat logo/banner resminya dan membuat link hidupnya rumah mayanya. Bekerjasama dengan berbagai komunitas blogger maupun komunitas non blogger di Indonesia untuk lebih memperluas pengenalan Rumah Ramah Rubella ini. Dengan begitu, bukan saja mereka yang mengalami hal yang sama dengan Ubii aja yang partisipasi tapi juga mereka yang tertarik membangun dan mengembangkan Rumah Ramah Rubella melalui pendanaan, sponsor dan lain-lain akan semakin terbuka lebar. Apalagi ini konsepnya bagus banget, tentu aja ke depannya akan perlu fasilitas yang memadai untuk anak-anak istimewa seperti Ubii. Fasilitas yang nyaman dan yang mendukung tumbuh kembang anak-anak kita itu dengan baik.

3. Membuat Buku Kisah Inspiratif Tentang Rubella

Mama Ubii kan pinter nulis tuh, apalagi klo hasil blognya tentang rubella bisa dibukukan, akan sangat bagus sekali, karena kan ga semua orang bisa akses ke internet untuk baca tulisannya. Nah, hasil penjualan buku itu disumbangkan untuk mengembangkan Rumah Ramah Rubella. Ini adalah Rumah Ramah Rubella pertama yang pernah kutau, jadi bisa dibilang mama Ubii ini punya nyali perintis.  Ga mudah loh untuk memulainya, tapi aku yakin akan ada banyak dukungan untuk komunitas Rumah Ramah Rubella ini. Orang Indonesia itu senang dengan aksi nyata seperti ini, apalagi founder-nya anak muda yang perduli dengan masa depan generasi bangsa. Insyaallah banyak yang dukung dengan membeli buku tersebut. Lumayankan, bisa mengembangkan Rumah Ramah Rubella sekaligus buku itu bisa dibawa kemana-mana untuk diperkenalkan ke siapapun.

4. Membuat pin, stiker dan merchandise lainnya dengan Logo Rumah Ramah Rubella

Ide ini tercetus ketika lihat pin hari Kanker sedunia, hari Bumi dan hari-hari lainnya. Sepertinya pin bisa membantu orang lain untuk kenal dan inget tentang komunitas tertentu termasuk Rumah Ramah Rubella ini. Kan pin bisa ditempel di baju, di tas, atau kalo stiker bisa ditempel di mobil, dan lain-lain dan dibawa kemana-mana jadi kita semakin dekat dan akrab dengan Rumah Ramah Rubella. Sejauh ini kayaknya pembuatan identitas dengan pin atau sejenisnya cukup kuat membekas di benak masyarakat. Lihat aja lambang hari AIDS, simpel kan seperti pita merah yang disematkan di pakaian orang ketika turut bersimpati atas banyaknya korban yang meninggal akibat AIDS, sambil terus mengingatkan tentang bahaya AIDS dan hal itu menunjukkan peranan kita untuk saling mengingatkan antara satu sama lainnya. Sama halnya dengan rubella ini, sapatau aja dengan adanya pin identitas Rumah Ramah Rubella yang dibagikan ke masyarakat bisa membantu memperkenalkan dan mendukung Rumah Ramah Rubella ini. Pin atau merchandise bisa dijual, aku rasa orang-orang akan dengan senang hati membelinya apalagi ini untuk kemanusiaan bukan untuk bisnis🙂

Mungkin, itu ide dari aku buat Rumah Ramah Rubella. Harapannya, jangan lelah, jangan berhenti berjuang, karena apa yang sudah dimulai mama Ubii dan teman-teman lainnya ini telah banyak menginspirasi orang lain untuk perduli dengan TORCH. Karena sebaik-baik manusia kan adalah yang bermanfaat buat orang lain. Semangat ya mam Ubii dan teman-teman lainnya🙂

Salam hangat dari Bogor

Supporter of Rumah Ramah Rubella

“Tulisan ini turut serta dalam pengembangan Rumah Ramah Rubella

7 thoughts on “Sebarkan Seluas-luasnya

  1. Halo Abang Alimikal. Umur berapa Abang? Salam kenal dari Ubii ya. Abang Alimikal umur berapa? Thanks so so so much ya mak Dame udah ikutan sumbangsih ide untuk RRR. Wuih sampe udah ngecek rumahramahrubella.com juga. Keren euy. Aku malah belum kepikiran ke sana. Masih bingung nantinya website berisi apa aja, siapa yg ngurusin (dan bayar, hahaha). Tapi keren, aku sampaikan ke tim RRR ya. Love you mak Dame :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s