Mall Terbesar di Jakarta

Mall Terbesar di Jakarta

Mall terbesar di Jakarta belum tentu merupakan mall terbaik. Meskipun setiap orang punya sudut pandang tentang definisi terbesar dan terbaik tapi secara umum orang akan menilai bahwa kalau mall besar sudah pasti lengkap isinya. Jumlah mall di Jakarta memang banyak, dari berbagai sumber, akhirnya saya membuat berupa daftar mall terbesar di Jakarta. Yuk simak mall-mall terbesar di Jakarta yang ada saat ini berdasarkan luasan areanya.

1. Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek termasuk mall terbesar di Jakarta karena dari luas areanya yang mencapai 360.000 m2. Mall Taman Anggrek Ground Floor Unit G 80 terletak di JL. Letjen S. Parman, Kav. 21, Jakarta Barat, 11470. Dibuka sejak tahun 1996 hingga saat ini berarti usia kira-kira 18 tahun.  Dengan tinggi Mall 151 meter. Mall Taman Anggrek ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari pusat berbelanjaan terlengkap, dan katanya sih harganya menengah ke atas. Mall ini juga dilengkapi dengan Ice Skating Rink. Di dalamnya juga terdapat apartemen 7 tower, hall yang luas, dua departemen store besar, dua buah kolam renang dan lapangan yang besar.

2. Mall Artha Gading

Mall Artha Gading merupakan mall terbesar kedua setelah Mall Taman Anggrek dengan luas area sebesar 270.000 m2. Terletak di Jalan Boulevard Artha Gading Kota Jakarta Utara 14240. Untuk ukuran gedung memang Mall Artha Gading termasuk terbesar di Jakarta dan dari segi desain mall ini juga memiliki keunikan karena tema cukup beragam di dalamnya mulai dari menara pisa, gajah-gajah, candi-candi Indonesia. Namun sayangnya, menurut beberapa sumber salah satu mall terbesar di Jakarta ini kini tidak berjalan seperti yang diharapkan. Mungkin berbagai ketidaknyamanan yang ada di mall tersebut menyebabkan tidak terlalu banyak pengunjung yang datang. Sebaiknya dicari tau agar mall terbesar di Jakarta ini bisa bangkit kembali dan ikut bersaing dalam kancah per-mall-an di Indonesia.

3. Grand Indonesia

Grand Indonesia lebih banyak dikenal sebagai Shopping Mall terbesar di Jakarta. Luas arenya mencapai 250.000 m2. Lokasinya berada di Jalan Teluk Betung, Kota Jakarta Pusat, Jln. MH.Thamrin No.1 Jakarta 10310. Di dalamnya terdapat Blitzmegaplex 13 studio dan gramedia terbesar di Indonesia. Grand Indonesia disebut-sebut mall paling mewah dengan produk-produk impor di dalamnya sehingga disebut juga kalo mall yang satu ini adalah untuk kelas menengah ke atas. Grand Indonesia ini juga merupakan salah satu yang dibangun oleh Grup Djarum. Grand Indonesia memang terkesan mewah sekali apalagi dilengkapi dengan taman Jepang yang indah.

4. Gandaria City

Gandaria City adalah salah satu mall terbesar di Jakarta dengan luas area mencapai 220.000m2. Terletak di Jalan Warung Jati Barat No. 39, Jakarta 12240. Mall ini dilengkapi dengan superblok yang di dalamnya terdapat apartemen, hotel dan kantor. Mall ini juga ditargetkan untuk kelas menengah ke atas dengan posisinya yang berada di perumahan elit di Jakarta. Namun, beberapa info menyebutkan bahwa mall ini sekarang tidak terlalu ramai dikunjungi karena aksesnya menuju kesana sangat ramai dan padat.

5. Supermall Karawaci

Mall terbesar di Jakarta ini memiliki luas Area mencapai 187.000 m2. Mall ini terletak di Tangerang di area Lippo Village, Karawaci. Di dalam Supermall Karawaci terdapat sebuah food court yang sangat besar sekali sehingga terlihat begitu megah dimana langit-langit gedungnya sangat tinggi dan terdapat sebuah taman bermain yang dilengkapi dengan jet coaster. Selain itu, mall ini meskipun terbesar di Jakarta tapi sasarannya adalah kelas menengah ke bawah. Namun, sejak mall ini dibakar ketika kerusuhan Mei 1998 menimbulkan banyak rumor gelap dan citra buruk yang beredar di masyarakat tentang mall ini. Tapi beberapa sumber informasi menyebutkan kalau baru-baru ini mall ini telah diperbaiki dengan memperbesar luas bangunan serta menambah tenant-tenant internasional guna meningkatkan kembali jumlah pengunjung yang datang ke Supermall Karawaci.

Referensi: berbagai sumber dan wikipedia

30 thoughts on “Mall Terbesar di Jakarta

  1. aku malah ga terlalu suka mal taman anggrek mak, food courtnya kurang asyik. kalau aku pertimbangan milih mall itu berdasarkan variasi tempat makannya, hehe. soalnya kalo ngemall blm tentu belanja, tp udah pasti makan

  2. Kalo Mall Kelapa Gading sama Pondok Indah Mall ga termasuk ya mak? Aku pikir MKG itu lebih besar drpd MAG (Mall Artha Gading)… hehe

  3. Pingback: My 1# Giveaway | rodamemn
  4. dari sekian banyal mall di atas yg baru aku tau tu mall taman anggrek mb hihihii
    di sana sangat terkenal, lainnya terkenal juga sih tapi sayangnya aku belum pernah ke sana hikks’
    smg diberi kesempatan buat kesana suatu saat nanti aamin

    bener bgt mb, mall besar belum tentu yg paling bagus
    mall yg bagus itu mall yang nyaman dikunjungi, parkir luas, produk lengkap dan aman🙂

  5. Ngacooooooo brooooo, mall gading lupaa?? Kuningan.city?? Ga akurat bro, supermall aja lebih kecil dari yang di alam sutera 4 kali lipet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s