[BSG] Bukan Sembarang Gaul

41597_121249717917936_5081_nAku ga tau harus mulai darimana, karena aku sebenarnya malu belum pernah berbuat banyak secara langsung dalam sebuah komunitas. Aku mengenal komunitas ini dari seorang teman di kampus. Awalnya aku ga pernah tau kalo dia jadi relawan di sebuah komunitas yang sifatnya sosial. Gilaaa, aku pikir anak kampus sukanya ngafe, ngenet, jalan eh ternyata ada lho yang gaulnya beda, dia memilih untuk jadi relawan dan menyisihkan waktunya di tiap hari minggu jam 8-11 WIB.  Bahkan setelah lulus dari kuliah pun, dia masih aktif jadi relawan di komunitas itu, sesekali aku bertanya tentang komunitas dan kegiatan sosial yang mereka lakukan. Dia dengan sangat senang dan bangga menceritakannya kepadaku.

Betty mengantarkanku pada sebuah pertanyaan yang aku tidak pernah menanyakannya sebelumnya, tentang siapa orang berhati mulia di balik komunitas tersebut. Sebelum kesana aku akan memperkenalkan semuanya pada Kosacil. Iya nama komunitasnya adalah Kosacil “Komunitas Sahabat Kecil”, pernah dengar???

Kosacil berdiri sejak 21 Juni 2010, di antara perbincangan anak muda yang merasa terketuk hatinya untuk berbagi dengan anak kecil. Pertemanan akrab dan pergaulan mereka semasa kuliah membuahkan hasil yang ruarrrrrr biasaaaa. Mereka tidak mau diam aja melihat kenyataan bahwa masih banyak anak-anak kecil di luar sana yang belum bisa bersekolah sehingga anak-anak kecil itu jauuuuuh dari kemampuan baca-tulis-hitung, mungkin bermain dan membantu orang tua itulah kegiatan rutin mereka sebelum mengenal kosacil.

Perjalanan Kosacil dimulai ketika mereka menemukan nama komunitas yang akan mereka bangun bersama, lalu mulai mengumpulkan dana sendiri dengan mengumpulkan barang bekas layak pakai dan membuat bazaar untuk kemudian dananya digunakan sebagai modal awal melengkapi keperluan mereka bersama para sahabat kecil. Kemudian mereka aktif mengumpulkan dana dengan cara-cara gaul dan kreatif abisss seperti mengadakan pesantren kilat dan berbagai edukasi kreatif, mereka menawarkan acara-acara itu di sekolah-sekolah yang anak-anaknya tergolong berkecukupan. Hasilnya cukup bagus, setidaknya ada hasilnya, meski sedikit tapi membuat mereka semua bahagia.

P2200454

Sanggar Kosacil (sumber gambar: komunitassahabatkecil.blogspot.com)

Jangan tanya masalah tempat. Kosacil awalnya tidak punya tempat, mereka hanya memanfaatkan apa yang ada di sekitar untuk menjadi area mereka dan para sahabat cilik berkumpul. Lalu 21 Maret 2011 akhirnya mereka punya sebuah sanggar yang bisa dibilang cukup, ya liat sendiri keadaannya ya…

Terusss apa aja kegiatan kosacil ya…udah penasaran ya, yuk mari intip di slideshow di bawah ini, pokoknya mulai dari baca-tulis-hitung, menggambar, cara menyikat gigi, mengajak sahabat kecil untuk tau isu sosial seperti ‘stop bullying’, dan buanyaaaak kegiatan lainnya.

This slideshow requires JavaScript.

Aku hampir ga bisa bicara ketika melihat semua aksi dan kegiatan di kosacil. Pasa sahabat kecil terlihat sangat antusias, ingin belajar, tidak mau tertinggal, semangat harus bisa yang ditanamkan oleh kakak relawan memang membawa mereka ke sebuah perubahan besar dalam sejarah hidup masa anak-anak mereka. Tapi, taukah bahwa para perintis kosacil dan relawan di dalamnya ga pernah mengandalkan donatur, menurut mereka mengandalkan orang lain untuk kosacil itu ga baik karena ketika donatur tiba-tiba ga memberikan donasi dan kosacil udah ketergantungan maka itu akan jadi masalah besar. Karenanya mengandalkan kakak relawan dalam mencari dana dengan berbagai usaha termasuk edukasi kreatif adalah jalan yang terbaik hingga saat ini.

Meskipun menurut informasi orang dalam kosacil *kayak apaan aja, kosacil ga punya kas untuk jangka panjang, tapi tiap bulan selalu diusahain ada dan punya dana demi untuk para sahabat kecil.  Oh iya jumlah para sahabat kecil sekarang mencapai 50 orang, artinya perintis sekaligus  kakak relawan harus bekerja keras untuk bisa terus memenuhi keperluan kosacil. Nah, ini cocok banget buat siapa aja termasuk blogger sejati yang ingin berbagi sebagian dari hartanya untuk kosacil, boleh banget dan ditunggu lho.

Gimana? udah pada penasaran tingkat tinggi belum ama sosok inspiratif di balik kosacil??? aku sih akan dengan bangga memperkenalkan mereka kepada khalayak, para blogger sejati, dan seluruh pembaca senusantara dan yang bukan di nusantara ini.

Tadaaaaaaaaaaa………
P1000345 IMG00054-20120226-1104Aa copy
Nah, sudah kenal kan?? merekalah orang-orang hebat yang punya cita-cita besar dan bertindak untuk masa depan anak bangsa kelak. Cantik, cakep, keren, smart, masih muda lagi tapi jiwa berbagi, hati mulia mereka untuk pantang menyerah melawan keterbatasan tidak akan pernah berhenti sampai titik darah penghabisan. Jiah….🙂 Semangat ya kakak-kakak, good job🙂

Untuk siapa aja yang ingin jadi relawan, karena saat ini kosacil membutuhkan relawan, maka kosacil akan dengan senang hati menerimanya, yang penting syaratnya adalah:
– suka dengan adik-adik usia 3-13 tahun
– ingin berkegiatan sosial dengan mereka
– ingin membuat mereka bisa menulis,membaca dan berhitung
– punya waktu luang di hari minggu jam 09.00 – 12.00
punya keinginan yang kuat untuk melawan keterbatasan.. 

Silahkan meng-sms ke no 0878 7014 7365 atau 0857 215 82924 atau 0819 3111 7774 dengan cara ketik nama#nmr telp kirim email ke kosacil@yahoo.com tulis di subject “ingin menjadi relawan”. Or bisa mention via twitter @KoSaCil @VaLLent_ @mishera @intanan @pypitolip. Oh iya, perlu diketahui kalo kegiatan belajar sanggar kosacil tidak mengharuskan untuk selalu ada setiap minggunya, relawan bebas menyesuaikan dengan kemampuannya masing-masing dan sebaiknya mengkonfirmasi terlebih dahulu ke no tersebut di atas.

Untuk siapa yang ingin memberikan sumbangan baik berupa buku tulis, buku bacaan, atau apapun termasuk donasi untuk kemajuan kosacil ataupun ingin berbagi langsung dengan para sahabat kecil, silahkan menghubungi nomor diatas atau bisa langsung datang ke alamat di bawah ini (tetep konfirmasi dulu ama nomor di atas ya..), karena setiap hari minggu di lokasi yang sama di sanggar belajar kosacil jam 8-11 WIB, akan ada kegiatan belajar dan bermain bersama para sahabat kecil.

P2270512

Ditunggu ya kedatanganya di sanggar belajar kami….🙂
(sumber gambar: komunitassahabatkecil.blogspot.com)

Sanggar Belajar Komunitas Sahabat Kecil (Kosacil)
Kp.cipetey desa cikeas kecamatan sukaraja kebupaten Bogor

Begitu doang alamatnya…iya segitu aja, kalo bingung mau kesananya bisa kontak ke no.hp yang diatas, atau mention lewat twitter, gimana…udah puas kan sekarang, udah tau kan sosok inspiratif di balik kosacil. Mereka pantas jadi panutan anak-anak muda, semangatnya patut diacungi jempol, usaha sendiri tanpa mengandalkan orang lain, kereeeeen🙂

AYOOOOO…… LAWAN KETERBATASAN BERSAMA KAMI!!! (Slogan dari kakak-kakak relawan Kosacil)

AYOOOO……para BLOGGER sejagat raya kita ikut berbagi, kita bantu kosacil, kita bantu para sahabat kecil untuk meraih mimpi-mimpi besar mereka. *pegang pompom sambil lompat-lompat

“Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel

banner lomba

32 thoughts on “[BSG] Bukan Sembarang Gaul

    • iya mak, anak2 mudah yang kereeen abisss…jangan lupa klo ada yg dibagi ke kosacil, hubungi kontak di tulisanku itu ya mak🙂 btw, udah ikutan blm? yuk buruan ikut mak🙂

  1. Senang melihat aktivitas mereka. BErmainnya di alam terbuka.
    Membaca tulisan ini merasa bangga juga, karena masih ada yang pedulii dan siap meluangkan waktu untuk komunitas.

    Tetap semangat untuk kakak2 pembina KOSACIL.🙂
    Sukses ngontesnya ya, Mba. . .

    • aamiin ya rabb…trmaskh ayo ikut ambil bagian di lomba emak gaoel ini mak, untuk kita saling berbagi info sosok2 inspiratif di sekitar kita yang belum dikenal banyak orang🙂

  2. Merinding lho bacanya. Bukan karena serem tapi karena salut luar biasa sama anak2 muda seperti mereka ini. Alhamdulillah sejak aktif ngeblog secara perlahan saya punya banyak teman seperti mereka ini lho Mak. Di Makassar, ternyata banyak anak muda yang aktif bergerak dalam kegiatan sosial membantu anak2 dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Bahkan masih banyak lagi yang belum saya temui tapi sudah saya dengar kegiatannya. Masya Allah.

    Mudah2an Allah memberikan berkah berlimpah buat anak2 muda hebat ini. Mudah2an kita yang sudah emak2 bisa melakukan hal2 yang bermanfaat, jangan kalah sama mereka ya Mak. Minimal posting seperti ini lho, sungguh bermanfaat banget … makasih sharingnya moga menang yaa🙂

    • iya mak, mereka itu ga cuma talk tapi act, jadinya kereeen abis, gaul tetep tapi sosialnya jalan terus ke anak-anak yang membutuhkan pendidikan, saluut beneran.. iya alhamdulillah ada blog ini jadi bisa share berita baik dan org inspiratif seperti mereka lewat blog supya kita semakin termotivasi untuk lebih peduli dengan sesama🙂 semangat…

  3. Ternyata banyak juga komunitas keren dan mulia di Bogor ya Mbak. Sekolah Bersama Yuk di bantarjati juga joss banget tuh. Pernah diliput di radio. Mereka orang-orang hebat yang ga mengenal imbalan. Hanya Tuhan yang membalas. Salam dan semoga menang ya😀

    • iya mas, iya mas saya yakin masih banyak komunitas keren lainnya di luar sana, semoga kita sebagai blogger bisa mensosialisasikan dan mengajak orang-orang untuk bertindak positif ya mas…trmaksih sukses juga buat mas🙂

  4. Pengen ya Mak sebenernya untuk menyumbangkan minimal tenaga dan pikiran buat komunitas2 semacam ini. Salut untuk anak2 muda penggagas komunitas ini, semoga mereka selalu diberikan kesehatan, kesabaran, kelapangan. Aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s