Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Hai semuanya, dua hari ga posting apa-apa di blog, koq jadi merasa bersalah ya… *udah mulai candu ngeblog.

Berhubung udara lagi dingin alias musim hujan di hampir sebagian besar wilayah Indonesia tercinta ini, maka ada baiknya kita semua menjaga kesehatan agar fit beraktivitas. Yuk, simak beberapa cara menjaga kesehatan di musim hujan.

1. Sedia payung sebelum hujan

Nah, yang ini prinsipnya preventif alias pencegahan. Karena sebaiknya memang bawa payung aja kemana-mana. Payungnya yang ringan dan kecil aja biar ga rempong bawanya jadi praktis. Macam-macam payung yang ada di dunia:

447179950_146

Sumber gambar: alibaba.com

Oh iya, ini ga ada iklan terselubung ya, ini cuma sekedar berbagi informasi bergambar aja, karena ga nemu macam-macam payung tanpa watermark secara emang dia yang punya, hehehe…Nah, kalo gambar di bawah ini menurutku ide yang brilian, klo vending machine minuman sih uda biasa ya, tapi di Jepang ada vending machine payung, jadi ga usah repot bawa payung, nanti klo emang ujan di tengah jalan bisa langsung beli payungnya. Praktis ya…great idea…

2013-11-23_092805

Sumber gambar: tokyobling.files.wordpress.com

2. Mandi segera setelah kehujanan

Kalo emang udah terlanjur kehujanan, sebaiknya segera mandi entah itu pake air dingin ataupun air hangat tergantung kebutuhan masing-masing aja. Pokoknya mandi jangan cuma lap-lap kepala doang ya…

3. Minum air hangat

Aku sih yakin betul, ga musim hujan atau musim panas yang namanya minum air hangat tetap bagus dan menyehatkan buat siapapun. Terutama klo musim dingin karena udara sedang dingin maka perlu keseimbangan suhu tubuh dengan suhu di luar. Klo minum air hangat ya tubuh kita pun ikut hangat juga. Bisa juga lho minum yang hangat-hangat seperti jahe hangat, wedang jahe, rebusan jahe+sereh, atau minuman hangat khas Indonesia lainnya. Karena selain menghangatkan tubuh bisa juga lho jaga kesehatan karena kandungan herbal di dalamnya.

1757032p

Teh Jahe + Jeruk nipis (Sumber gambar: assets.kompas.com)

bandrek jah

Bandrek Jahe (Sumber gambar: cobaresepku.blogpot.com)

bandrek

Bandrek (sumber gambar: blog.travelkota.com)

wedang uwuh

wedang uwuh (sumber gambar: bubblews.com)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

wedang ronde (sumber gambar: soto-kudus-muria.webs.com)

bajigur

Bajigur (sumber gambar: dapurpunyaku.blogspot.com)

1289287932detail_TI04-10_SEKOTENG_ABB-NO04

Sekoteng (sumber gambar: sajiansedap.com)

4. Menjaga kebersihan tangan

Menjaga kebersihan tangan itu sebenarnya ga mesti pas musim hujan, kapanpun sebaiknya tetap jaga kebersihan tangan. Karena katanya sih, tangan kita itu sumber berkembangnya kuman yang paling baik.  Menjaga kebersihan tangan bisa juga pake hand sanitizer jadi praktis bisa dibawa kemana-mana. Oh iya, ada yang lebih baik klo bisa pake yang berbahan dasar alami aja biar lebih sehat🙂 *go green

Instant-Hand-Sanitizer

Hand sanitizer (sumber gambar: cicijiang.en.made-in-china.com)

5. Tetap jaga pola makan yang sehat

Musim hujan kadang bikin kita cepet laper. Tapi, tetep harus jaga pola makan yang sehat ya…kadang pengen jajan di sembarang tempat karena ngiler liat bakso, mie ayam, atau gorengan…*makanan kesukaan semua, kaburrr…karena bakteri mudah berkembang di musim hujan seperti ini, sebaiknya bawa bekal makan sendiri atau beli di tempat yang terjamin kebersihannya.

bakso_soup

Bakso kuah (sumber gambar: ifood.tv)

images (1)

Mie Ayam (sumber gambar: foodspotting.com)

Gorengan

Gorengan (sumber gambar: indonesia.travel)

6. Tetap jaga pola tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat berpengaruh dengan kesehatan. Meski musim hujan, bawaannya ngantuk dan pengen tidur tidur aja sebaiknya dikontrol aja, karena kelebihan jam tidur juga ga baik lho, klo lagi luang biar ga ngantuk bisa ngeblog, atau blogwalking…misalnya ke blogku ini..hehehe *modus

7. Tetap berolahraga

Olahraga sangat baik untuk jaga kondisi tubuh. Jadi meski musim hujan, olahraga tetap akan beri pengaruh positif dan menyehatkan tubuh kita. Meski cuma jalan kaki keliling komplek, atau sekedar berkebun bersih-bersih halaman bolehlah…yang penting tubuh harus bergerak. Klo emak-emak sih ga usah disuruh juga tiap hari kerjaannya uda kayak olahraga, iya kan?? hehehe… *curcol

Sumber referensi: muslim.or.id

Semoga Bermanfaat… Tetap sehat semuanya…🙂

12 thoughts on “Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

  1. Wah, apalagi handsanitizer-nya yang alami seperti sari jeruk nipis, air rebusan daun sirih, atau baking soda😛, lebih mantafff… heheh…

    Saya cuma ingin berbagi, yang membuat sakit bukan ‘hujan’ loh. Kasian hujan dijadiin kambing hitam. Kambing juga gak pesen hitam. Yang membuat jatuh sakit itu tubuh yang kekebalannya sedang melemah. Jadi, bener bgt kata Mbak, di musim hujan (dan musim-musim lainnya, termasuk musim duren, musim rambutan, dan musim nangka), perlu sangat menjaga asupan nutrisi😉.

    • oh iya bener, sya ga tau lho info itu ternyata ada yg alami, sip…dukung yg alami aja🙂 iya bener, kadang asumsi org musim ujan bikin sakit, padahal kitanya yg suka ga jaga kesehatan🙂 makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s