Sehari Tanpa Gadget: 6 Hal yang Bisa Dilakukan

Sehari tanpa gadget. Rasanya awalnya ga mungkin, tapi tema Giveaway kali ini bener-bener menantangku. Secara tiap hari pake gadget. Aku slalu bertanya dalam hati ampe detik ini, “can i???” trus nanya lagi “how?”.

Okelah, aku mencoba mencari ide, hal apa aja yang bisa dilakuin sehari tanpa gadget. Setelah lama berpikir sambil otak-atik file dan gambar di notebook, akhirnya aku menemukan beberapa file berisi kegiatan yang bisa bangeeeet dilakuin kalo sehari tanpa gadget.

ga cuma anak kecil, orang dewasa juga perlu istirahat lho :)

ga cuma anak kecil, orang dewasa juga perlu istirahat lho🙂

1. Memberikan hak tubuh “istirahat”

Mungkin selama ini, kita telah banyak beraktivitas di luar seperti bekerja selama 5-6 hari fulltime. Atau mungkin ada yang bekerja 7 hari bahkan lembur segala. Nah, jika iya…maka sehari tanpa gadget pas bangeet buat kamu yang perlu istirahat. Berikan hak tubuh untuk istirahat sebaik-baiknya.

ajak anak sosialiasi dan silaturahim ama tetangga juga seru lho :)

ajak anak sosialiasi dan silaturahim ama tetangga juga seru lho🙂

2. Mememani anak bermain dan bersilahturahim dengan tetangga dan keluarga

Sebagai sesama manusia, kita kan makluk sosial artinya hidup saling membutuhkan, saling melengkapi dan saling menolong. Bersilaturahim dengan tetangga dapat memperat hubungan baik. Jadi sehari tanpa gadget adalah momen yang pas untuk kita kembali memperhatikan tetangga dengan bersilaturahim. Jika kebetulan tetangga kita punya anak kecil juga, kita bisa ajak anak sekalian bersosialisasi dengan teman dan orang dewasa lainnya. Bersilaturahim juga bisa dilakukan dengan mengunjugi keluarga yang jarang kita temui tapi cukup dekat untuk dikunjungi. Saya yakin bersosialisasi baik sekali buat tumbuhkembang anak.

beribadah plus bisa nambah ilmu, nambah temen, sosialisasi anak :)

beribadah plus bisa nambah ilmu, nambah temen, sosialisasi anak🙂

3. Meningkatkan ketakwaan dengan beribadah

Kita semua melakukan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Sehari tanpa gadget pas bangeet untuk kita meningkatkan ketakwaan kita dengan beribadah. Karena selain menambah ilmu agama, kita juga bersosialisasi dengan bertemu teman-teman baru di acara ibadah tersebut sehingga mempererat tali persaudaraan antar sesama.

yuk kita berbagi dengan sesama, bikin kegiatan sosial misalnya bazar baju murah trus hasilnya buat beli buku sekolah dan sembako untuk kaum dhuafa

yuk kita berbagi dengan sesama, bikin kegiatan sosial misalnya bazar baju murah trus hasilnya buat beli buku sekolah dan sembako untuk kaum dhuafa🙂

4. Melakukan kegiatan sosial

Aku dan teman-teman pernah melakukan acara bazar baju murah di sebuah perkampungan. Hasilnya kemudian kami belikan buku, tas sekolah untuk anak-anak kurang mampu. Sebagian dibelikan sembako untuk ibu-ibu atau keluarga yang kurang mampu (dhuafa). Oh iya, dalam acara ini aku dan teman biasanya melibatkan anak, jadi anak pun bisa ikut melihat dan belajar hal positif. Sehari tanpa gadget akan sangan bermakna sekali dengan kegiatan sosial seperti itu.

bikin puding juga seru lho gampang dan bisa berbagi dengan tetangga :)

bikin puding juga seru lho praktis dan bisa berbagi dengan tetangga🙂

5. Memasak

Nah, poin terakhir ini saya bener-bener bukan ahlinya. Tapi jika ada kemauan untuk belajar, semua pasti bisa. Seperti kata pepatah “ala bisa karena biasa”, ya kan… yuk mari memasak, yang simpel-simpel aja, bikin puding atau brownies. Selain bisa dinikmati keluarga, bisa sekaligus berbagi dengan tetangga. Lagi-lagi mempererat silaturahim. Sehari tanpa gadget bener-bener nikmat ya, bisa masak enak alias perbaikan gizi plus namabah ilmu memasak dan berbagi dengan sesama.

Membuat kerajinan tangan sekaligus menambah pundi-pundi tabungan :)

Membuat kerajinan tangan sekaligus menambah pundi-pundi tabungan🙂

kreasi bros buatan tangan, asli lho...sudah sold lagi hehehe :)

kreasi bros buatan tangan, asli lho…sudah sold lagi hehehe🙂

6. Membuat kerajinan tangan
Sehari tanpa gadget, diisi dengan sesuatu yang bermanfaat seperti membuat kerajinan tangan yang berdayajual juga bisa bangeeet dilakuin. Selain bisa mengasah kemampuan kreatifitas kita, kita juga bisa menambah pundi-pundi tabungan lho. Ini sih sudah aku buktikan bersama adik iparku. Alhamdulillah yang laku dan ampe sekarang masih ada yang suka pesen segala.

Sehari tanpa gadget, aku bisaaaaa……..gimana dengan kamu???

“Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di blog Keajaiban Senyuman lhooooo”

29 thoughts on “Sehari Tanpa Gadget: 6 Hal yang Bisa Dilakukan

  1. Betul, tubuh punya hak untuk istirahat. Mata yg ga bisa istirahat kalo tangan megang gadget terus. *ini komen jg pake gadget padahal*

    Intinya, silaturahmi secara langsung harus tetap dilakukan.

  2. Kak …
    Yang bersosialisasi itu … saya setuju banget …
    sudah waktunya kita kembali ke asal mula … Makhluk Sosial …
    Interaksi antar warga … salaman … ngobrol … gotong royong … asik sepertinya …

    Salam saya
    A 19 1171
    (masih ingat kode ini tak ?)
    (atau … salju kapuk di halaman kampus ?)

    • jangan nyerah dulu mak, dulu sya juga ga bisa tapi ada kemauan untuk belajar dan berani coba-coba gagal kan pertanda kita telah belajar sesuatu mak, ya ga?? ayo semangatt🙂

  3. hal ini perlu dilakukan, saya pernah menjumpai anak-anak yang dah kecanduan gadget bener2 waktu terbuang percuma, selain itu akan banyak kesempatan yang hilang. seperti : anak ndak bisa renang karena sibuk main gadget, ndak belajar bela diri karena asyik dengan gadget.
    so please buat ortu yang bijak yah kalo ngasih gadget…..
    =====================
    cara agar cepat hamil

  4. bross nya lucuuuuuu, mauuuuuu,,, ehhehehhe…
    sepanjang itu tulisanmu, daku hanya manggut2, bener juga yak… dan segera tersentak dengan boss imut itu,, hihihihi…

    makasih dah ikutan mbak. mas n mbak juri sebentar mencatat

    • makasih….iya nih udah lama belum produksi bross lagi mak, nanti insyaallah mau bikin onlin shopnya di blogku yang terbaru emakblogger.com hehehe…nanti klo launcing aku kabari ya…semoga ada yg unyu2 juga…aamiin…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s