PLN Bersih, Indonesia Bersinar

PLN Bersih. Senang sekali rasanya ketika mendengar kata bersih. Hal yang saya rasakan setelah mendengar kata bersih adalah senang, sejuk, tenang, terang, damai, aman, bahagia dan semua perasaan positif lainnya. Dampak dari “bersih” itu memang luar biasa karena tidak hanya lahiriah saja bahkan secara batiniah juga. Artinya bersih memang suatu keharusan jika tidak maka tubuh kita baik secara lahiriah maupun batiniah menjadi terganggu. Jika ini terjadi tentu saja apapun yang kita lakukan akan menjadi tidak efisien, tidak efektif sehingga kinerja kita menjadi tidak produktif.

2013-10-25_111641

Gambar diambil dari sini

Begitu juga dengan PLN, sebagai perusahaan BUMN yang bergerak dalam melayani masyarakat terkait penyediaan dan distribusi listrik maka peranannya dalam kehidupan kita sangatlah penting. Untuk mencapai kinerja PLN yang baik diperlukan PLN yang bersih. Nah, hal itulah yang sedang dilakukan oleh PLN saat ini. Baru-baru ini, PLN telah menyampaikan komitmennya untuk menjadi PLN Bersih agar bebas dari praktek suap. PLN dengan sungguh-sungguh ingin berkontribusi positif pada nama bangsa di mata dunia. PLN menunjukkan kesungguhannya dengan komitmen yang luar biasa melalui program PLN Bersih. Karena jika kinerja PLN baik maka kita juga yang akan menikmatinya.

Gambar diambil dari sini

Sebenarnya apa itu suap?

Menurut UU No.31/1999 jo UU No.20/2001, kelompok delik penyuapan (pasal 5, 6 dan 11) termasuk dalam “KORUPSI”. Jadi jelas suap adalah bagian dari perbuatan korupsi. Citra PLN yang terdahulu kini ingin diperbaiki agar PLN menjadi bersih terbebas dari suap. Tujuannya jelas untuk melindungi masyarakat sebagai pelanggan PLN agar terbebas dari rasa kuatir akan kemungkinan terjadinya praktek suap atau sejenisnya dalam menikmati jasa PLN. Tujuan jangka panjangnya jelas untuk menjaga nama baik negara Indonesia. Bersatu-padunya setiap perusahaan dalam mendukung Indonesia bersih melalui program positif seperti yang dilakukan PLN tentu akan mempercepat pengurangan tingkat korupsi di Indonesia.

printad-anti-suap-4-1024x851

Gambar diambil dari sini

PLN mengunakan empat pilar dari program PLN Bersih yakni:

  1. Partisipasi. Dalam hal ini seluruh pegawai PLN serta stakeholders berpartisipasi untuk berkomitmen dan menjalankan serta mendukung program PLN Bersih.
  2. Integritas. Dalam melayani masyarakat, pegawai PLN diminta untuk bekerja dengan sebaik-baiknya agar dapat membangun budaya PLN Bersih.
  3. Transparansi. PLN dalam hal ini bersifat terbuka dalam memberikan informasi dan bersikap tanggap terhadap permintaan informasi publik agar dapat membangun budaya PLN Bersih.
  4. Akuntabilitas. Pegawai PLN diminta untuk selalu tanggap terhadap setiap keluhan pelanggan dan mendukung penerapan whistler blower system dan program pengendalian gratifikasi.

Di poin no.1  (Partisipasi),  jelas sekali bahwa bukan cuma para pegawai PLN saja yang berpartisipasi mewujudkan PLN Bersih tetapi kita semua karena kita juga merupakan bagian dari stakeholders. Kita adalah masyarakat yaitu pelanggan PLN atau pengguna jasa PLN yang juga memiliki peran aktif dalam mendukung PLN Bersih. Sementara itu, untuk poin 2-4 (Integritas, Transparansi, Akuntabilitas),  memang sangat terkait dengan PLN sendiri dimana diperlukan kesungguhan dan komitmen mulai dari top manajemen (Direktur, Manajer, Kepala dinas, Kepala bidang/seksi) hingga ke para pegawai yang turun langsung ke lapang. Budaya PLN Bersih itu harus ditanamkan dulu pada diri sendiri, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar baru menyebar ke masyarakat luas. Sementara itu, peranan kepemimpinan sangat penting sebagai teladan seluruh pegawai yang menjadi sorotan utama masyarakat. Pemimpin harus memberi contoh yang baik dengan menunjukkan kesungguhan dalam komitmennya menuju PLN Bersih sehingga harapannya akan menular ke seluruh pegawai PLN. Melakukan program PLN Bersih ini merupakan wujud dari kepemimpinan yang baik karena sebagai pemimpin PLN, beliau mau berusaha dan yakin bahwa PLN bisa bersih. Bahkan menurut berita di website PLN, Direktur Utama PLN telah meraih “Bung Hatta Anti-Corruption Award 2013”. Tentu saja ini merupakan prestasi yang membanggakan karena semakin menunjukkan komitmen PLN Bersih.

2013-10-25_004934

Gambar diambil dari sini

2013-10-25_004951

Gambar diambil dari sini

2013-10-25_104001

Gambar diambil dari sini

LOMBA-BLOG_01-300x225

Gambar diambil dari sini

Lomba-Blog-PLN-Bersih-245x300

Gambar diambil dari sini

Mungkin kita bertanya-tanya, sudah sejauh mana upaya PLN dalam mewujudkan PLN Bersih. Banyak hal yang telah dilakukan PLN hingga saat ini diantaranya adalah:

  1. PLN mengadakan sistem pelayanan transparan dengan meminimalkan tatap muka antara pelanggan dengan pegawai PLN. Misalnya: layanan pasang baru, layanan menambah daya, layanan pasang sementara dimana semua layanan tersebut tersedia melalui website PLN.
  2. PLN telah melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.
  3. PLN telah membuat sistem pengadaan keluhan pelanggan melalui call center 123, fans page resmi PT. PLN (Persero) bahkan melalui twitter @pln_123.
  4. PLN membangun whistler blower system bagi pegawai PLN.
  5. PLN memudahkan pegawai yang ingin menyerahkan barang yang terindikasi gratifikasi.
  6. PLN melakukan multi stakeholders forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap yang merupakan bagian dari tindak korupsi.
  7. PLN melakukan banyak sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat melalui kerjasama dengan website blogdetik.com dimana beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya: acara “PLN Blak-Blakan di Hadapan 100 Blogger” dan lomba blogPLN Bersih”.

Ada lagi, kesungguhan dan komitmen PLN bahkan diwujudkan melalui kerjasama dengan TII (Transparency International Indonesia) untuk melakukan supervisi/pengawasan terhadap program PLN Bersih. Kerjasama tersebut sudah berjalan sejak Maret 2012 hingga saat ini. Kita perlu mendukung dan memberikan kepercayaan pada program PLN Bersih ini karena hal tersebut bukan hanya upaya perbaikan di tubuh PLN melainkan juga upaya agar Indonesia bersih, jika bukan kita siapa lagi?

Berdasarkan informasi dari situs berita online (republika.co.id), Transparency International  menempatkan Indonesia pada peringkat 118 dari 174 negara di dunia, jika mengacu poin tiap Negara, Indonesia berada di posisi 56 negara terkorup. Oleh karena itu, segala upaya menuju Indonesia bersih harus kita dukung termasuk program PLN Bersih. Sekecil apapun usaha itu, tentu saja akan memberi efek signifikan terhadap pengurangan tingkat korupsi Indonesia di mata dunia. Termasuk saya sebagai blogger, saya dan blogger lainnya berkewajiban mengajak semuanya untuk mendukung program PLN Bersih melalui artikel atau tulisan-tulisan kita sehingga mengajak banyak orang untuk mendukung program tersebut. Secara tidak langsung kita sebagai blogger telah ikut berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan program PLN Bersih.

PLN Bersih, Indonesia Bersinar

Referensi:

http://www.pln.co.id/

http://akudanpln.blogdetik.com

http://www.kpk.go.id

http://www.republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s