Blog Review Mayya

2013-06-21_120622

Pemilik Blog Mayya

Wanita hebat yang penuh dengan senyum dan keramahan ini dikenal dengan nama “Mayya”. Meski aku belum pernah bertatap muka langsung dengannya tapi pertama kali aku mengenalnya di dunia maya lewat KEB (Kumpulan Emak Blogger), aku langsung kagum dengan keramahan yang disampaikan melalui tulisan-tulisan yang ada di blognya. Sama seperti aku, dia adalah ibu rumah tangga yang benar-benar senang dan menikmati masa-masa menjadi ibu. Tidak seperti kebanyakan wanita lain, yang memang aktif mengejar karir, dia memilih untuk fokus pada keluarga dan aktif menulis lewat dunia maya.

Aku tertarik melakukan review pada blognya bukan semata-mata karena aku hebat dalam mengkritisi tapi lebih kepada keinginanku untuk belajar banyak dari para momblogger seantero Indonesia. Salah satunya melalui blog yang dimiliki mbak Mayya yaitu http://www.morningraindrops.com/.  Rada kurang pas kalo dipanggil mak Mayyaatau mbak Mayya ya, kurang keren…aku panggil Mayya aja deh biar lebih seru nge-review-nya. Semoga berkenan ya mbak.🙂

2013-06-21_104306

Tampilan halaman depan blog Mayya

Nama blognya saja “Morning Raindrops”, sudah membuat aku merasa teduh membayangkan embun di pagi hari sisa hujan kemarin malam. Aku sih ga tau makna nama itu baginya sebenarnya, tapi bagiku nama blog Mayya, memberikan kenyamanan dan keteduhan bagi siapapun yang membacanya.

Tagline blog “Write What Should Not Be Forgotten”, aku sih bukan penerjemah handal ya, tapi tag line di blog itu menurutku sedikit banyak menginspirasi orang lain termasuk aku untuk tidak asal menulis tetapi harus yang mampu meninggalkan jejak alias bermanfaat untuk diingat atau dikenang orang lain.

Warna background blog “Abu-Abu”, nah ini dia…aku suka background warna abu-abu, terasa tidak melelahkan mata saat harus berlama-lama di blog Mayya, selain itu abu-abu memberi kesan elegan pada blog Mayya. Warna abu-abu yang dipadankan dengan warna biru terasa kontras sehingga membuat tampilan blog Mayya terasa simple namun elegan, cukup mewakili dari nama blog itu sendiri dimana raindrops berhubungan dengan air dan air juga digambarkan dengan warna biru, begitu juga dengan morning dimana warna langit di pagi hari memang selalu indah untuk dilihat. Nuansa warna di blog Mayya bagiku menyegarkan mata.

Font pada blog, buatku sih font tulisan di blog Mayya masih terlalu kecil, mungkin bisa digedein sedikit ya, supaya bacanya jadi lebih enak dan ga perlu terlalu fokus ngebacanya. hehehe….

2013-06-21_123120

Header pada Blog Mayya

Header  blog, sepertinya semua halaman pada header di blog Mayya cukup baik dan mewakili keinginan siapapun yang ingin membaca tulisan Mayya maupun mengetahui tentang Mayya dengan baik. Aku paling suka  halaman terakhir yaitu contact.  Adanya halaman contact menunjukkan bahwa Mayya adalah seorang yang senang untuk berkenalan dengan orang baru dan bukan seorang yang menutup diri atau membatasi diri dari pergaulan dunia maya. Tapi ada satu halaman pada header blog yang sepertinya aku belum tau fungsinya yaitu “archive”, halaman ini sepertinya belum ada isinya atau memang belum selesai karena tidak ada isinya jika diklik. Mungkin sebaiknya diperbaiki atau dihilangkan saja karena di side bar juga sudah ada blog archive supaya tidak membuat kebingungan pembaca.

2013-06-21_123145 2013-06-21_123202Recent comments dan recent posts pada Header blog, aku suka sekali dengan keberadaannya, terasa beda dengan blog lainnya. Ramah, dekat dengan kebutuhan pembaca jadi ga perlu repot-repot kalo ingin tau artikel dan komentar terakhir yang ada di blog Mayya. Seruuu kan… aku jadi kepengen punya yang seperti itu di blogku…hehehe…

2013-06-21_123058

Kolom Rating di Side Bar Blog Mayya

Rate atau rating pada side bar blog, kolom rating pada blog Mayya menunjukkan kalo dia senang sekali menerima kritik atau masukan. Pada dasarnya aku sering terganggu dengan kolom rating di blog  karena penempatannya yang tidak rapi atau asal ada tapi di blog Mayya penempatannya di side bar dan tersusun rapi sehingga tidak menganggu mata saat menjelajah blognya.

Isi/Content blog, secara keseluruhan aku suka isi blog Mayya. Tampilan isi yang berupa gambar-gambar membuatku ingin berlama-lama di blog Mayya. Tapi, yang aku agak bingung jika gambar diklik akan muncul gambar seperti di-zoom, cuma koq warnanya jadi gelap ya, biasanya kalo di-zoom kan warna tetap sama hanya ukurannya aja yang lebih besar. Jangan tanya isi, karena persis seperti tag line blognya, isi dalam blog Mayya adalah cerita yang disuguhkan dengan gaya tulisan yang seru dan menyentuh “unforgetable” ….suka sekali. Oleh karena itulah, dia berhasil menulis sebuah buku berjudul “True Love Stories” karya buku publikasi pertamanya. Semoga kelak membuahkan karya-karya menyentuh lainnya. Aku terpacu untuk terus belajar darinya.

Kesimpulannya adalah:

1. Secara keseluruhan tampilan blog Mayya rapi, bersih, sejuk dan segar di mata, disuguhi dengan gambar-gambar yang membuat aku betah berlama-lama. Isi blognya pun, semua enak dibaca karena gaya bahasanya dalam bercerita terasa dekat dengan pembaca. Aku merekomendasikan blog Mayya untuk dibaca karena cerita-ceritanya mampu menginsiprasi dan informatif buat semua pembaca. Terlebih lagi gaya bahasanya yang tidak kaku sehingga saat dibaca terasa mengalir dan ingin baca cerita yang lainnya. Bisa dibilang blog Mayya “usefulness-nya” tercapai.

2. Secara teknis, selama menjelajahi blog Mayya, aku tidak menemukan hal yang menganggu artinya blog Mayya ini “easy to use“. Meski banyak gambar pada tampilan blognya tapi loading-nya tetap cepat jadi ga buat orang boring menunggu halaman depan terbuka. Gambar-gambar yang ditampilkan juga sangat menghibur sehingga unsur “entertainment-nya” juga ada. Selain itu aku tidak menemukan kesulitan dalam mencari informasi yang ingin kubaca.

Sekian review blog dariku, semoga tidak bersifat menggurui hanya ingin saling membangun dalam kebaikan. Semoga berkenan ya mbak Mayya. Peluuuk…🙂 Semoga sehat selalu bersama janinnya, aamiin ya rabbal alamin.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

3 thoughts on “Blog Review Mayya

  1. Mbaaaak, makasih ya udah nge-review! Hihihi…jadi malu akunyaaaahhhhh *hugs*
    Iya bener banget, archive itu memang belum diisi, masih bingung >,<

    • aku juga makasih, mbak sudah berkenan untuk blognya kureview, maaf ya baru belajar ngereview semoga jika ada kata-kata yg kurang berkenan dimaafkan…hihihi *hugs*

    • mbak, kalo luang…kutunggu review baliknya ya…hehehe..blogku kan masih “anak bawang” hihihi…jadi maluu, mau direview-in ama blogger handal..🙂

Leave a Reply

