Cara mengatasi Demam Karena Tumbuh Gigi

gambar diambil dari sini

Anakku tanggal 14 Februari 2013 kemarin tepat sudah tujuh bulan usianya.

Sebenarnya aku ga pernah menduga anakku akan kehadiran tamu baru di mulutnya “gigi”.

Awalnya badannya hangat, aku memang feeling akan tumbuh gigi karena pantauan beberapa minggu terakhir ini ada beberapa gusinya terlihat memerah dan membengkak. Tapi belum yakin apa secepat ini atau mungkin dia sedang tidak enak badan.

Selama tiga hari sampai menyambut tgl 14 kemarin, badannya masih hangat. Dari hasil baca buku katanya dan internet katanya kalau suhu tubuh masih mencapai 38 derajat C itu masih normal. Emmm, oke karena ga punya termometer kita pake “ala rasa” dan ilmu “kayaknya” aja. Hahahaha…

Berbaik sangka dan berharap demam ini memang karena akan tumbuh gigi, sambil terus memantau suhu tubuh, feces dan ekspresi wajahnya. Dia mulai menangis, ekspresinya seperti ingin bilang kalau terasa nyeri di badannya entah bagian mana akupun tidak bisa memahaminya.

Lalu dia buang air dan fecesnya terlihat encer, kupikir ini biasa kan terjadi pada bayi. Tapi karena intensitasnya yang agak sering aku kuatir juga, coba cari informasi di buku dan internet. Memang membingungkannya kadang-kadang baca tapi kalau tidak dapat informasi yang akurat dan bukan ahli malah bikin panik.

Masih berbaik sangka semoga memang karena tumbuh gigi. Kemudian dia semakin terlihat kesakitan. Aku benar-benar ga paham harus berbuat apa, berdoa dan memohon pada Allah SWT semoga anakku diberi kekuatan dan kesabaran menghadapi rasa sakitnya.

Kata orang-orang, demam pada bayi itu biasa, asalkan tidak disertai feces yang berwarna merah atau hitam atau tidak muntah-muntah atau di badannya tidak ada bercak kemerahan. Memang aku dan suami mengamati selama tiga hari itu, tidak ada tanda seperti itu, tapi memang dia muntah dua kali di pagi dan sore hari. Karena kuatir masuk angin akhirnya, mengikuti kata orangtua dibalurkan dengan minyak bawang ke seluruh tubuhnya.

cara membuat minyak bawang:

1. siapkan bahan yaitu: minyak goreng yang baru dua sendok aja dulu, nanti kalau kurang bisa ditambahkan, trus bawang merah diinjak atau digeprek diremas-remas, lalu terakhir tambahkan minyak telon bayi. ukurannya secukupnya saja. boleh juga ditambah bawang putih, kemarin karena kehabisan bawang merah aku pakai bawang putih. khasiat bawang putih sebenarnya juga untuk menyembuhkan masuk angin.

2. campurkan semua bahan, sambil diremas-remas dan diaduk pakai tangan.

3. olesi ke seluruh tubuh mulai dari badan, punggung, tangan, kaki, telapak kaki, pantat, kepala sedangkan untuk bagian perut harus hati-hati. jangan memijat terlalu kencang atau bertenaga. pijat yang lembut saja.

alhamdulillah, dia langsung eek eek…keluar angin, ternyata dia masuk angin juga, jadi demam mau numbuh gigi iya masuk angin iya. Wah perjuangannya melawan rasa sakit benar-benar membuatku merasa bersalah karena merasa kurang memperhatikannya sehingga dia bisa masuk angin. *hati-hati pake kipas angin dan AC kalau kegerahan, kadang menurut kita aman-aman saja tapi ternyata bisa berdampak ga baik buat si kecil.

Semoga bermanfaat, mungkin kalau ada yang punya cara lainnya mengatasi demam karena numbuh gigi atau masuk angin pada bayi boleh dishare.

Selamat datang gigi kecilku *belum ada fotonya, karena giginya masih malu-malu kucing jadi baru keliatan segaris horizontal belum nongol penuh

 

17 thoughts on “Cara mengatasi Demam Karena Tumbuh Gigi

  1. Bawang merah dan minyak emang ampuh banget untuk bayi ya mbak. Dulu Little Bee pernah nangis gak berhenti, terus dibalurin itu baru nyenyak tidurnya. Sejak itu selalu sedia minyak kayu putih. Mdh2an giginya numbuh gak pake demam lagi ya, nak!

  2. nt di coba deh,,, baby ku dah 4 hr panasnya gak turun2 tp masih normal panasnya,,, kata ses, perutnya kembung, jd susah makannya,, kalo minum susu mau,, muntah sama mencret juga tp cm dua hari,,, Makasih Infonya,,, ^_^

    • iya moms, makasih uda mampir, silahkan dicoba yg alami saja dulu, sembari dipijat didoain ya moms, supaya lebh bermanfaat, semoga lekas sembuh babynya, aamiin

  3. Pingback: Cara Mengatasi Demam yang Ampuh | rodamemn
  4. Thx bu resepny.baru tak cbain k anak pg ini.dr smlm panas.ud d ksh paracetamol tp g trn2 panasny.td bangun jam 5 trus googling nemu nih resep.tp g pke minyak telon.cm bwg meah diparut +minyak goreng trus dibakar.tdny mo ditambahin minyak telon tp tkt kepanasan.hbs dibalurin,anak lgsg tdr lg.smoga bgn tdr ud baikan.amin.Ow ya.ini anak pertm jd sempet panik.ibunya jg lg g enak bdn.jd bokapny deh yg trn tgn.

    • oh gitu, jangan panik mas, coba aja ditambahkan perasan jeruk nipis, itu bisa menurunkan panas dengan cepat, jangan berhenti kompres terus pake air biasa aja bukan air es atau air panas. semoga anak dan istrinya segera sembuh ya…aamiin

  5. thank info moms.. siap di coba… anakq baru 1 hari panas mau numbuh gigi, sempat panik sih, maklum anak pertama.. he..eehee..

    • iya gpp bun, emang kalo baru pertama kali pasti panik, dulu juga saya begitu, pantau terus suhu badannya ya bun, jangan ampe lebih dari 38, siapin sanmol atau tempra (yang menagndung penurun panas) buat jaga2, sambil dibalurin minyak bwang +perasan jeruk nipis, ASI kasiin terus ya bun…smga segera sehat aamiin🙂 jangan stress n jgn panik bun..sambil banyak doa. Biasanya kalo lagi demam, anak ga mau ditinggal bundanya jdi temenin aja sebisa mungkin.

    • wah syukur kalo masih mau makan ya bagus bun, btw putrinya usia berapa bun? klo masuk angin campurkan minyak telon bayi juga ya bun…karena udara sedang dngin jgn lupa pakaikan kaos kaki bun…🙂

  6. Dari kemarin anak saya (mau 11bln) demam, semalam malah sampai 39′ lebih. Saya kasih penurun panas, ternyata ga mempan. Pagi tadi lbh tinggi demamnya, makan sedikit. Dan kemarin waktu disuapin agak2 mau muntah gitu ekspresinya, beberapa kali dilepeh makanannya. Siangnya pas saya mau ambil serpihan kertas (yang sepertinya berhasil dia makan) di lidahnya, dia malah nangis. Kira2 apa anak saya mau tumbuh gigi juga ya? Mohon pencerahan, terimakasih🙂

    • bunda, sebelumnya mau tanya, apakah anaknya memang belum ada gigi sama sekali, karena anak sy dulu numbuh gigi pertama kali usia 7-8 bulanan, jika memang belum numbuh gigi sama sekali, tidak nafsu makan, demam, bisa jadi akan kedatangan tamu di giginya, tapi harus diberi ASI terus dan air putih yang banyak supaya tidak dehidrasi. Pantau terus suhu badannya, jangan sampai lebih dari 39, kalo memang sudah lebih sebaiknya ke dokter segera artinya perlu tindakan cepat dari dokter. jika baru 37 lebih dibaluri dengan minyak bawang yang ditambahkan perasan jeruk nipis sebanyak-banyaknya jangan lelah dan jangan berhenti seluruh badannya ya. Jika masih panas tinggi, muntah, badan ada bercak merah, jangan dibiarkan langsung bawa ke dokter atau bidan yang terpercaya/direkomendasikan. Semoga anak bunda segera sembuh dan bunda diberi kesabaran dan kesehatan aamiin🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s