Secercah Harapan untuk Masa Depan: Air Minum Sehat Dimanakah Kau Berada?

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

Sudah tidak asing bagi kita, kalau air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat air bagi tubuh tidak hanya pelepas dahaga, yang terpenting adalah posisi vitalnya sebagai zat terpenting kedua setelah oksigen di dalam tubuh. Percaya atau tidak, 70 % dari tubuh kita terdiri dari air, dimana 90 % berada pada otak; 90 % pada darah; 86 % pada hati; 85 % pada paru-paru; 75 % pada jantung; dan 75 % pada otot. Artinya, seluruh organ penting dalam tubuh dipengaruhi oleh air yaitu air yang kita minum setiap saat “air sehat”.

Bagi manusia, air merupakan kebutuhan yang tidak dapat disintesis sendiri oleh tubuh, harus berasal dari luar tubuh kita. Orang dewasa setidaknya memerlukan asupan air sehat setiap harinya tidak kurang dari 2 liter atau setara dengan 8-10 gelas sehari.

Mengapa air sehat?

Karena posisi air di dalam tubuh sangat vital, maka air sehat tidak dapat ditawar-tawar lagi artinya air yang kita konsumsi setiap hari harus dipastikan adalah air sehat . Jika tidak, maka bukan kesehatan yang kita peroleh justru ancaman berbagai penyakit yang akan datang menggerogoti tubuh kita.

Darimana kita memperoleh air sehat?

Air sehat tentu diperoleh dari sumber air minum yang bersih. Masalahnya sekarang adalah sangat sulit mendapatkan sumber air minum bersih. Indonesia memang Negara maritim kaya akan air tapi masih miskin dengan air bersih. Menurut National Geographic, diprediksi pada tahun 2030 hampir setengah populasi manusia yang ada di dunia ini akan kekurangan air. Jika saja dari sekarang sumber air minum bersih tidak dijaga maka prediksi tersebut mungkin saja hal tersebut tidak akan terjadi. Tentu saja kita tidak ingin kekurangan air terjadi pada anak-cucu kita kan?

Berdasarkan data dari WHO terdapat 10 fakta penyebab terjadinya kelangkaan air:

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 1: Kelangkaan air terjadi meski di daerah yang cukup curah hujannya. Bagaimana air dilindungi, dimanfaatkan dan didistribusikan oleh masyarakat dan kualitas air yang tersedia ditentukan oleh jumlah  rumahtangga, pertanian, industri dan lingkungan.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 2: Kelangkaan air berdampak pada 1 dari 3 orang di setiap benua di dunia. Hal ini semakin buruk diakibatkan karena semakin tingginya permintaan air akibat meningkatnya populasi penduduk dunia, rumahtangga, urbanisasi dan industri.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 3: Hampir seperlima dari penduduk dunia (sekitar 1,2 miliar orang) tinggal di daerah dimana air secara fisik langka. Seperempat dari populasi dunia juga tinggal di negara-negara berkembang yang menghadapi kekurangan air karena kurangnya infrastruktur untuk mengambil air dari sungai dan akuifer.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 4: Kelangkaan air memaksa orang untuk mengandalkan sumber air minum yang tidak aman dan tidak bersih. Hal ini berarti mereka tidak dapat mandi atau membersihkan pakaian mereka atau rumah dengan baik dan bersih.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 5: Kualitas air yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit diare seperti kolera, demam tifoid dan disentri, dan air-borne infeksi. Kelangkaan air dapat menyebabkan penyakit seperti trachoma (infeksi mata yang dapat menyebabkan kebutaan), wabah dan tifus.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 6: Kelangkaan air mendorong orang untuk menyimpan air di rumah mereka. Hal ini dapat meningkatkan risiko kontaminasi air dalam rumah tangga dan menyediakan tempat berkembang biak bagi nyamuk – yang merupakan pembawa demam berdarah, malaria dan penyakit lainnya.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 7: Kelangkaan air menggarisbawahi perlunya pengelolaan air yang lebih baik. Pengelolaan air yang baik juga mengurangi tempat berkembangbiaknya serangga seperti nyamuk yang dapat menularkan diseasees dan mencegah penyebaran infeksi yang terbawa air seperti schistosomiasis, penyakit yang parah.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 8: Kurangnya air telah mendorong kenaikan penggunaan air limbah untuk produksi pertanian di masyarakat miskin perkotaan dan pedesaan. Lebih dari 10% orang di seluruh dunia mengkonsumsi makanan irigasi oleh air limbah yang dapat mengandung bahan kimia atau organisme penyebab penyakit.

Fakta 9FAKTA 9: Millennium Development Goal  7, pada target ke-10 bertujuan untuk mengurangi separuh, pada tahun 2015, proporsi penduduk tanpa akses terhadap air minum yang aman dan sanitasi dasar. Kelangkaan air bisa mengancam kemajuan untuk mencapai target ini.

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

FAKTA 10: Air merupakan sumber daya penting untuk mempertahankan hidup. Sebagai pemerintah dan organisasi masyarakat membuatnya menjadi prioritas untuk memberikan kecukupan pasokan kualitas air kepada orang-orang, individu dapat membantu dengan belajar bagaimana untuk melestarikan dan melindungi sumber daya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Di lingkungan tempat tinggal saya sendiri, terdapat sumber mata air minum yang dijaga dan dilestarikan oleh warga sekitar. Meskipun saya dan keluarga belum pernah menggunakan air dari sumber mata air minum tersebut, namun berdasarkan pengamatan saya, warga merasa terbantu dengan keberadaan sumber mata air minum tersebut, letaknya yang berada di tengah-tengah perkampungan warga benar-benar memudahkan mereka dalam memperoleh air bersih. Warga secara swadaya dan bergantian membersihkan dan merawat area sumber mata air minum agar dapat terus digunakan secara turun-temurun. Area sekitar mata air dibersihkan dari sampah-sampah dan kotoran yang mungkin akan mencemari air tersebut. Dengan demikian diharapkan warga akan terus memperoleh air bersih dan sehat dari sumber mata air minum yang aman.

Kelangkaan sumber air minum yang aman dan bersih telah menginspirasi banyak perusahaan termasuk Unilever untuk ikut melestarikan sumber air bersih dan membantu tersedianya air minum yang sehat bagi seluruh manusia. Terobosan itu ada pada “Pure it” dimana water purifier bekerja dengan teknologi canggih 4-tahap pemurnian air “Teknologi Germkill” untuk menghasilkan air yang benar-benar aman terlindungi sepenuhnya dari bakteri dan virus.

Sumber: http://www.pureitwater.com/ID/

Gambar diambil dari sini

Mari kita bersama-sama melestarikan sumber air minum di sekitar kita untuk menjaga anak-cucu kita agar dapat terus hidup sehat dan cerdas.

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog #airpureit

4 thoughts on “Secercah Harapan untuk Masa Depan: Air Minum Sehat Dimanakah Kau Berada?

  1. setuju, kita harus melestarikan sumber air bersih, ga kebayang kalau setiap hari harus beli air bersih seperti di kota besar, biaya bakalan semakin bertambah. kuncinya harus dilakukan bersama-sama satu tujuan, karena kalau dilakukan sendiri pemakaian air jadi ga efektif dan efisien. mudah-mudahan air bersih terus ada untuk generasi masa mendatang, kasihan kalau sampai ga’ ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s