KB seumur hidup????

Yakin???

Sebelum menceritakan tentang KB steril ini, aku berikan statement dulu tentang “are you sure?”. Kemarin aku dapat berita dari bibi-ku di Muntilan, yang ternyata dia sedang dalam masa pemulihan alias istirahat dikarenakan baru saja dioperasi sesar (hah?? sesar???saya koq dapat berita tentang kehamilan bibi ya, sambil bertanya terus dalam hati??). Kita terus sms-an sambil dia menanyakan tentang kandunganku. “Assalamualiakum, Bagaimana kabarnya, kandungannya?kapan lahirannya?” begitu pertanyaan pembukanya. Tentu aku balas “alhamdulillah sehat, kandunganku juga sehat, insyaallah akan lahiran bulan ini (juli 2012), mohon doanya”.

Berikutnya, disms lagi, ditanya lagi “mau lahiran normal atau sesar?”. Wah aku sih ga pernah berniat untuk sesar, karena itu aku langsung balas “normal”. Terus dibalas lagi “kalau normal itu pemulihannya cepat, kalau sesar seperti bibi lama pemulihannya dan sakitnya lebih daripada normal”. Oh gitu ya….(dalam hati memohon pada Allah SWT, supaya diizinkan lahiran normal, aamiiin).

Tapi sudah sejauh itu sms-an, aku masih bingung, koq bibi uda lahiran, aku ga dikabarin ya???. Akhirnya aku tanyakan padanya “bibi, hamil terus uda ngelahirin koq aku ga dikabarin ya?”. Dijawab oleh bibi “Bibi tidak hamil, operasi sesar karena kandungannya SAKIT”. Nah lho, sakit apa ya??. Bibi bilang “tahun 2009 kemarin ikut program KB steril” (aku kan ga ngerti dan baru tau tuh, jadi masih belum nyambung, kenapa-kenapanya). “Kandungan bibi SAKIT, dan kata dokter harus dioperasi, tgl 06 Juni 2012 kemarin sudah dioperasi, karena itu sampai sekarang masih istirahat/pemulihan”, begitu jelasnya. Aku syok….apa penyebabnya si KB steril itu?????

Akhirnya kucari tahu melalui internet, tentang KB steril yang membuat bibiku SAKIT dan harus dioperasi sesar segala… (jadi gemes, sama program KB yang dijalankan pemerintah ini, bukan membuat jadi baik malah membuat keSAKITan yang menyusahkan bibi).

Ternyata KB steril itu berarti KB seumur hidup, alias “bertekad bulat tidak akan punya anak lagi”. Mengapa orang melakukan ini? mengapa memilih ini? alasannya apa??? (banyak pertanyaan di benakku, yang aku sendiri merasa belum terima dengan akibat KB steril ini).

Melihat keadaan dan kondisi bibiku, maka aku benar-benar setuju dengan alasan yang dikemukan melalui sumber di atas. Terbukti bibiku malah harus dioperasi setelah kurang lebih 3 tahun melakukan KB steril. Benar-benar “MENYAKITKAN“. Siapa juga yang akan bertanggungjawab dengan program KB ini??? semuanya akan pada kabur dan mencari beribu alasan untuk tidak dipersalahkan. Kalau alasannya adalah kesehatan istri atau si ibu, aku masih bisa terima… ya mungkin tidak semua yang melakukan KB steril mengalami hal yang dialami bibiku, aku hanya ingin mencoba merenungkan, bahwa semua yang terjadi dalam hidup kita ini adalah “takdir Allah SWT, termasuk jodoh, maut dan rezeki”. Allah SWT Maha Tahu yang terbaik untuk masing-masing kita, termasuk masalah anak.

Oh iya, dan perlu dibedakan ya… niat masing-masing yang melakukan KB itu apa dulu?

MEMBATASI KETURUNAN? atau MENCEGAH KEHAMILAN? atau MENGATUR KEHAMILAN? Ketiganya jelas berbeda lho!! (renungkan kembali sebelum memilih dan melakukan KB)

by the way, aku bahkan dapat informasi dari penelusuran internet, bahkan program KB steril untuk perempuan alias “tubektomi” ini diANJURkan oleh pemerintah dan diGRATIS-in. WHATTTT???????

Sudah cukup bibiku yang jadi korban, bagi kaum ibu sebaiknya renungkan kembali pemaparan di atas, ini hanya bentuk share/berbagi kisah nyata dan perih di balik KB steril program pemerintah ini. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat ya…

12 thoughts on “KB seumur hidup????

    • katanya sih, cuma diikat mak nanti bisa dilepas lagi ikatannya kalau mau punya anak…tapi malah ada efeknya kan kalau diikat…ibarat kata..yang natural distop secara paksa…akhirnya jadi penyakit mak…

  1. ibuku setelah anak ke4 lahir, akhirnya pake spiral, mak. katanya biar ga nambah anak, hehe. abis adekku yang terakhir itu lahir juga beda tahunnya jauh banget. aku udah SMA kelas 2, dia baru lahir. jadi daripada berisiko lagi pas nanti tau2 hamil lagi, mending diantisipasi:mrgreen:

    • oh gitu ya..ya tiap orang 2 beda2 sih niatan ikut KB-nya, balik lagi ke masing2 pribadinya, yg jelas kejadian pada tanteku itu bikin aku meringis ngerii

Leave a Reply

