Pertanyaan Salma “anak tetanggaku yang polos dan cerdas”

Ceritanya, aku punya tetangga yang punya anak kecil perempuan bernama Salma, umurnya kurang lebih 3 tahunan. Dia senang sekali main di halaman dekat rumah dan kalau dengar suaraku, dua akan langsung minta diantar main ke rumahku…lucunya🙂

Suatu ketika, Salma diceritakan oleh ibunya, kalau aku (Salma memanggilku “tante”) nanti akan punya dede “baby”. Terus sekarang ini setiap Salma main sama aku, dia selalu memperhatikan bagian perutku yang mungkin kelihatan beda sama punya ibunya. Pernah baby dalam perutku bergerak-gerak, dan aku tarik tangan Salma yang mungil untuk merasakan gerakan di perutku. Mau tau apa responnya?? Salma kecil langsung mengetok-ngetok perutnya dengan lembut sambil bertanya “kapan kelualna sih dedena?” hehehe….Aku bingung mau jawab apa, karena kalau aku bilang “prediksi bidan sih tgl 23 juli” kan ga lucu ngasi jawaban ke anak kecil kayak gitu, kesannya seriusss sekali…hahaha… trus akhirnya aku jawab aja “tante juga ga tau Alma (aku memanggilnya Alma), nanti kalau uda keluar tante kasitau ya”.

Beberapa hari kemudian, pagi jam 6an, aku lewat depan rumahnya, karena gerbang belakang rumah kami menyatu, jadi otomatis aku akan selalu lewat situ kalau akan pergi dan kembali ke rumah. Sambil olahraga naik-turun tangga dan nyari sarapan (akhirnya aku makan lontong n roti di warung ibu jogja yang serba murmer alias murah meriah dan enak), Aku menyapa ibunya Alma, dan Alma pun langsung menyahut dari atas (rumah Alma lantai dua), “itu tante dame ya”, ibunya bilang “iya, ini ada tante dame”. Alma langsung bergegas turun ke bawah menemuiku. Mungkin karena kegirangan, dia langsung duduk di pangkuanku (polos, karena belum paham kalau perutku yang membesar ini agak sulit menopangnya) akhirnya ibunya bilang “turun nak, jangan dipangku kan di perut tante dame lagi ada dedenya”. hehehe….emang anak kecil yang polos…

Lalu, dia menceritakan tentang ayam baru yang dibeli ibunya di pasar, ada 3 ekor (1 jantan dan 2 betina). Aku mendengarkan saja celotehannya dengan bahasa yang terkadang aku masih sulit mengartikannya. Terus, aku menyapu halaman dan dia bilang ” Alma juga pintar nyapu”, akhirnya dia menyapu halaman di depan rumah dan bersih”….ga lama kemudian, dia bertanya lagi “dedena,keluarna darimana sih?” hahahaha….. jelas membuatku bingung menjawabnya. Kupikir, ga mungkin kan memberikan jawaban yang ilmiah untuk anak sekecil itu….akhirnya aku bilang saja, “tante nanti akan dibantu ama dokter” (karena dia kenalnya dokter, kalau aku bilang bidan, ntar dia tanya lagi bidan itu apa dan siapa, panjang deh ngejelasin perbedaan dokter dan bidan..hahahaha). Aku rasa dia masih belum puas dengan jawabanku itu, karena dia terus bertanya “darimana keluarna?”. Akhirnya kualihkan saja pembicaraan tentang kucing, ayam baru-nya dan kita nyanyi-nyanyi bersama “lihat kebunku….dst…”

Hal menyenangkan sekaligus jadi pelajaran buatku, ternyata menjelaskan dan menjawab pertanyaan sederhana itu saja aku kesulitan…hahahaha….

2 thoughts on “Pertanyaan Salma “anak tetanggaku yang polos dan cerdas”

Leave a Reply

