Periksa Hamil di Bidan Aisyah-5

Serasa baru pindah ke kontrakan ini, koq uda bulan Mei aja ya…

Serasa baru nikah kemarin, koq uda hamil 25-26 minggu aja ya…

Menuju periksa ke-5 di bidan aisyah, rasanya semakin tak percaya kalau usia kehamilan semakin bertambah, plus gerakan-gerakan baby-ku semakin aktif (sambil bertanya dalam hati “nak, sedang apa? jadi anak yang sholeh ya?”). Ngobrol-ngobrol sendiri sambil mengelus perut dan senyum-senyum. Bunda perlu tahu, kalau ternyata di usia kehamilan 6 bulan itu baby di dalam perut kita sudah dapat mendengar suara terutama detak jantung ibu dan suara ibunya, dan katanya juga kebiasaan mengajak ngobrol baby di dalam perut akan menambah eratnya ikatan batin antara anak dan ibu kelak. So, gpp deh, dianggap aneh karena ngobrol sendiri….yang penting kan manfaatnya baik buat aku dan baby-ku.

Mula-mula sih, suamiku kaget…bingung…koq ada suara orang ngobrol padahal aku kan sendirian hehehe….terus aku cerita deh menurut informasi yang kubaca di internet, kalau baby sebaiknya sering diajak komunikasi bahkan ayah/papanya juga boleh lho ikutan ngobrol, kan seruuu ya…sekalian ntar baby-nya jadi kenal suara ayah/papanya juga setelah lahir. Awalnya suamiku malu dan bingung, gimana cara ngobrolnya. Setiap kuajak ngobrol yuk ama baby kita, dia jawab “aku tiap hari ngobrol koq ama baby kita tapi hanya kami berdua yang tau, di dalam hati aja” gitu kata suamiku..hehehe..padahal maksudku, sebaiknya dia mendengar suara suamiku bukan di dalam hati, hehehe…tapi gpplah, nanti lama-lama juga ketagihan dan akan ikut ngobrol (sembari aku tiap hari ngobrol terus ama baby-ku, suamiku kan selalu dengar, semoga akan timbul rasa ingin ngobrol juga).

Makan dan kesehatanku semakin membaik, alhamdulillah…semoga selalu begini sampai saatnya lahiran nanti, aaamiiiiinnnn. Optimis BB naik lagi minimal1-2 Kg lah. Dan periksa ke-5 ini aku berhasil untuk mengajak suamiku ke bidan, sebenarnya sih aku sendirian juga gpp, tapi berhubung suami juga sedang ada waktu luang, ya kuajak aja…mana sore itu mendung dan hampir hujan lagi..tapi tetap nekad periksa setelah ashar.

Akhirnya, tanpa bawa payung, berangkat bersama suamiku ke bidan aisyah. Hari ini bidan ada, jadi yang periksa bidannya langsung cuma didampingi ama susternya. Pemeriksaan pun dimulai, suamiku duduk di dalam sambil memperhatikan dan malu-malu (maklum suamiku emang sedikit pemalu, tapi hatinya baik koq…hehehe).

Sambil mendengar rintik-rintik hujan yang turun dan semakin deras pula, aku terus diperiksa. Hasil pemeriksaannya:

Usia kehamilan 29-30 minggu, BB-ku 58 Kg (alhamdulillah naik lagi 2 Kg), tekanan darah 130/70 (kata bidan sih masih normal aja), detak jantung baby-ku kencang dan sehat, terus pas periksa perutku…ternyata kata bidan “kepalanya belum mutar teh, masih di atas, harus banyak2 sujud ya”, diajarin ama bidan cara sujud untuk ibu hamilnya karena agak berbeda dengan sujud saat sholat). Kaget juga waktu dibilang posisi kepalanya belum mutar. Tiba-tiba aja, aku mikirin dan kuatir. Tapi bidang bilang “jangan kuatir, nanti juga mutar koq, tiap ibu hamil kasusnya beda-beda, yang penting sujudnya dibanyakin ya selain yang di senam hamil di rumah juga harus banyak sujud”. Jadi, sedikit tenang, waktu bidan bilang insyaallah akan mutar, yang penting usahanya.

Treatment: Vitamin “Samcobion”, Kalk (untuk tulang), disuntik TT-2 (so, TT done!!!)

Pesan bidan: “jangan lupa rutinnnnn minum vitaminnya, sujudnya dibanyakin ya”

Periksa ke-5 ini bikin deg-degan karena, aku ingin sekali melahirkan normal alias “natural birth” (dalam hati berdoa: “Ya Allah, aku tak punya daya dan upaya, kumohon izinkanku melahirkan secara normal”)

 

10 thoughts on “Periksa Hamil di Bidan Aisyah-5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s