Periksa Hamil di Bidan Aisyah-2

Masa-masa itupun datang juga….berulang kali makan berulang kali pula muntah-muntah….pengen nangis rasanya…pengen sekali makan yang banyak, biar BB naik, baby-ku sehat… tapi apa daya, beginilah keadaannya. Suamiku sampai bingung, bagaimana caranya supaya aku bisa makan dan tidak bersedih hati. Hamil harus senang dan no stress!!!

Day by day, masih terus mual dan muntah (dalam hatiku: aku minta ampun pada Allah). Apakah ini yang dulu dirasakan mama saat mengandungku, mencium aroma nasi saja rasanya pengen muntah, mencium semuanya terutama masakan rasanya mual sekaliii. Kuputuskan untuk mencari susu yang ada pengurang rasa mualnya. Akhirnya aku menemukannya di Giant “prenagen untuk trisemester pertama plus pengurang rasa mual”. Senang sekali rasanya, timbul harapan kalau aku bakal bisa makan lagi dan tidak separah yang kemarin-kemarin.

Hari pertama minum susu, petunjuknya sih minum di pagi hari setelah minum segelas air hangat dan sebelum beraktivitas. Jadi, bangun pagi->minum segelas air hangat->beberapa jam kemudian minum susu. Hasilnya lumayan, setelah rutin dilakukan agak mengurangi mual dan muntah, meskipun beberapa kali masih terjadi. Tapi aku tetap semangat minum susu dan makan (dalam hati: “harus sehat, harus makan, supaya baby-ku sehat”).

Hari periksa bulan Februari ke bidan aisyah pun datang, kali ini aku pergi sendirian saja tidak ditemani ibu kontrakan lagi, sebenarnya beliau menawarkan untuk menemaniku tapi tidak enak juga jadi merepotkan. Akhirnya aku berangkat ke bidan dan pemeriksaan dimulai. Ternyata bidannya sedang tidak ada, jadi yang memeriksa asistennya alias suster. Bulan ini ada tambahan pemeriksaan yaitu: detak jantung baby-ku.

Hasil pemeriksaan suster:

Usia kehamilannya 16-17 minggu, BB 53 Kg (belum naik juga, maklum masih mual dan muntah2), tekanan darah normal 100/70, detak jantung baby-ku bagus (untuk pertama kalinya aku mendengar dengan jelas sambil haru dan mengucap syukur alhamdulillah, detak jantung baby-ku kenceng sekali).

Treatment-nya: Vitamin “Samcobion”

Pesan suster: “banyak makan ya, BB-nya harus naik, semoga sehat selalu” (sedih memikirkan BB yang belum naik juga..fighting!!!!!!)

Leave a Reply

