Periksa Hamil di Bidan Aisyah-1

Setelah beberapa bulan tinggal di kontrakan baru, aku memang tidak langsung periksa ke bidan. Masalahnya, aku ingin tunggu sampai telat 3 bulan aja baru periksa (sambil meyakinkan diri, insyaallah sehat). Akhirnya setelah mengalami hal-hal yang kata orang-orang “morning sickness” (aku sih bukan morning sickness ya, malah noon sickness, mualnya malah pas menjelang magrib). Ya mungkin tiap orang beda-beda ngalaminnya.

Tepatnya, tgl 10 Januari 2012, karena sudah pucat, tidak selera makan, timbangan badan turun, lemes, kumal dan kusam…ibu kontrakan menyarankan untuk periksa hari itu juga. Baiklah, aku pun menuruti kata beliau, dan aku diantarkan ke dalam ruang periksa dan ditemani sampai pemeriksaan pertamaku selesai.

Nama tempatnya bidan aisyah, kesan pertama ketemu ibu bidannya “kayaknya galak dan blak-blakan” ga ada kata-kata manis yang keluar dari bu bidan. Mungkin karena bawaan hormon hamil, aku jadi agak sensitif ya…tapi sudahlah…(dalam hati: sambil mikir nanti coba cari tempat periksa yang lain yang deket2 kontrakan).

Apa aja yang ditanyain waktu diperiksa pertama kali??

1. Untuk pendataan: nama teteh siapa?,umurnya teteh berapa?, nama suaminya?, tinggal dimana? RT n RW berapa?

(untuk pertama kalinya aku dipanggil teteh..hehehehe)

2. Tanggal haid hari pertama yang terakhirnya kapan ya teh?

3. Ini anak pertama?

4. Timbang badan dulu ya? periksa tekanan darah dulu ya (setelah itu, perutku diperiksa seperti diraba, mungkin untuk mengetahui apakah benar kehamilan hasil test pack-ku yang kemarin itu)?

Hasil pemeriksaan bu bidan:

Teteh sekarang kehamilannya memasuki minggu ke 12-13, berat badan teteh 53 Kg, tekanan darahnya normal 100/80, tgl perkiraan lahirannya (TTP) 23 Juli 2012.

Sembari ibu kontrakan ngobrol, memperkenalkan aku n suami sebagai pengontrak baru di rumah beliau, lalu bercerita pula bahwa bu bidan aslinya dari sumatera juga lho..dari Aceh… (ooo…pantesan orangnya blak-blakan dan kurang manis)🙂

Pesan terakhir dari bu bidan: “teteh, ini vitaminnya (kalo ga salah mereknya Samcobion bukan Sangobion, plus obat mual, obat pusing, pokoknya ada 4 macam) jangan lupa kalo vitaminnya harus diminum tiap hari satu kali sebelum tidur ya…trus….jangan lupa periksa lagi bulan depan tgl 10 Februari 2012, semoga sehat selalu”

Pemeriksaan kehamilan pertama di bidan aisyah akhirnya selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s